Comscore Tracker

6 Minuman Khas Korea Selatan yang Terbuat dari Beras

Enak gak ya?

Saat berkunjung di Korea Selatan banyak hal yang bisa dinikmati. Mulai dari pemandangan alam, kerjaan-kerajaan, makanan bahkan minuman. Tak hanya makanan yang beragam, minuman di Korea Selatan juga banyak pilihan. Seperti yang dapat dilihat di K-Drama, minuman-minuman itu sukses bikin ngiler. Selain tampilannya yang lucu-lucu, penampakannya juga terlihat enak.

Minuman kekinian seperti banana milk atau green tea tentu sudah biasa, tapi bagaimana kalau minuman dari beras? Sepertinya layak dicoba.

1. Sikhye

6 Minuman Khas Korea Selatan yang Terbuat dari Beraseverybunnyeats.com

Sikhye adalah minuman tradisional Korea Selatan yang terbuat dari air malt dan beras. Kini sikhye sudah terjual dalam bentuk kemasan kaleng yang tersedia di supermarket. Namun, bisa juga memesannya di restoran-restoran Korea. Saat yang cocok untuk minum sikhye adalah ketika selesai berendam, rasa sikhye dapat membuat mata melek setelah santai berendam air hangat.

2. Soju

6 Minuman Khas Korea Selatan yang Terbuat dari Beraskoreatimes.co.kr

Soju adalah minuman keras khas Korea Selatan yang sering bertengger di restoran Korea Selatan sebagai pelengkap saat makan. Soju memiliki rasa seperti vodka namun agak manis dan encer. Soju terbuat dari beras namun belakangan soju juga terbuat dari kentang, gandum, ubi jalar dan tapioka. Di Korea Selatan, minuman soju memiliki banyak merk seperti Chamisul, Chum Churum dan Andong Soju. 

3. Makgeolli

6 Minuman Khas Korea Selatan yang Terbuat dari Berasseongpodong.koreanconsulting.com

Makgeolli adalah minuman alkohol tertua di Korea Selatan. Sama seperti Soju, Makgeolli terbuat dari beras namun tidak disaring sehingga warnanya tidak sebening Soju. Warna Makgeolli seperti putih susu dan memiliki ampas di bawahnya. Rasanya manis dan halus dengan sensasi soda yang pas. Selain beras putih, Makgeolli juga ada yang terbuat dari beras merah dengan alkohol 15%.

Baca Juga: Gak Cuma Soju, Korea Selatan Juga Punya 11 Varian Teh Khasnya Sendiri

4. Cheongju

6 Minuman Khas Korea Selatan yang Terbuat dari Berasprzepodroze.pl

Satu lagi minuman keras yang terkenal di Korea Selatan yaitu Cheongju. Bedanya Cheongju dengan Soju terletak pada prosesnya. Cheongju memiliki proses lebih panjang dibanding Soju sehingga menghasilkan minuman keras yang lebih bening dengan rasa yang lebih enak. Harganya juga lebih mahal dibanding Soju tapi tetap setara dengan rasanya.

5. Baekseju

6 Minuman Khas Korea Selatan yang Terbuat dari Berasspiritedsingapore.com

Baekseju adalah minuman beralkohol yang terbuat dari beras ketan dengan tambahan bahan herbal seperti gingseng. Baekseju biasa diminum oleh ajushi-ajushi yang lebih tua. Baekseju memiliki nama lain "minuman keras 100 tahun" karena menurut legenda, dengan minum Baekseju dapat hidup selama 100 tahun. 

6. Sungnyung

6 Minuman Khas Korea Selatan yang Terbuat dari Berascookpad.com/Xian_cookingdiary

Sungnyung adalah minuman unik yang konon memiliki rasa roti bakar. Sungnyung terbuat dari nasi yang mengering di dasar kuali besi. Jadi saat menanak nasi dan mengambilnya sampai habis, di dasar kuali akan terdapat nasi kering. Nasi kering ini diambil dan diletakkan di wadah lalu diberi air hangat. Air inilah yang disebut dengan Sungnyung.

Keenam minuman tersebut mudah didapatkan di restoran dan supermarket di Korea Selatan. Tapi perlu diingat bahwa enam minuman yang terbuat dari beras ini ada yang mengandung alkohol. Karena orang Korea Selatan memiliki budaya minum minuman keras, jadi tidak heran jika minuman alkohol tersebut mudah didapatkan.

Baca Juga: 10 Jenis Bahan yang Bisa Mengganti Peran Alkohol dalam Masakan, Sedap!

miraliy Photo Verified Writer miraliy

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You