Comscore Tracker

7 Minyak Goreng Sehat, Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Untuk diet juga oke lho

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab penyakit yang mengarah pada jantung. Salah satu cara mengendalikan agar tidak bertambah parah adalah mengontrol asupan yang masuk dalam tubuh salah satunya minyak goreng. Bahan yang banyak ditemukan dalam masakan.

Namun, tidak usah khawatir. Berikut adalah 7 macam minyak goreng yang memiliki lemak tak jenuh yang tinggi jadi sangat cocok untuk penderita hipertensi.

1. Minyak Mustard

7 Minyak Goreng Sehat, Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggitimesofindia.indiatimes.com

Minyak Mustard adalah minyak  yang berasal dari biji sawi dengan bau yang menyengat. Kandungan lemak tak jauh yang banyak sangat cocok untuk tekanan darah tinggi.

Komposisi yang terkandung dalam minyak ini terdiri dari 6 persen minyak jenuh, 73 persen tak jenuh tunggal dan 21 persen tak jenuh ganda. Selain untuk tekanan darah, minyak ini juga bermanfaat untuk mencegah kanker, obat flu dan batuk serta meredakan rasa sakit.

2. Minyak bunga matahari

7 Minyak Goreng Sehat, Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggiparenting.firstcry.com

Minyak bunga matahari adalah minyak yang berasal dari ekstrak biji bunga matahari yang banyak mengandung vitamin E. Vitamin E ini bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah tinggi. Selain itu, minyak bunga matahari juga bermanfaat untuk melembutkan rambut, mengurangi tanda penuaan dini dan pelembap kulit.

3. Minyak kedelai

7 Minyak Goreng Sehat, Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggigeneticliteracyproject.org

Minyak kedelai adalah minyak yang berasal dari kacang kedelai yang mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Kandungannya sampai 61 persen sehingga baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Selain itu, minyak kedelai juga bermanfaat melawan penyakit alzheimer, menjaga kesehatan tulang dan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Fakta Minyak Ikan, Asupan Penting nan Bermanfaat bagi Ibu Hamil

4. Minyak Zaitun

7 Minyak Goreng Sehat, Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggioliviaevoo.com

Minyak Zaitun adalah minyak yang terbuat dari buah zaitun. Minyak zaitun mengandung 74 persen lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk penderita tekanan darah tinggi. Minyak zaitun sangat cocok untuk dressing salad karena titik panasnya rendah. Selain itu, rasa gurih minyak zaitun bisa sebagai pengganti garam pada masakan.

5. Minyak Canola

7 Minyak Goreng Sehat, Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggiproducer.com

Minyak canola adalah minyak yang berasal dari tanaman yang masih keluarga dengan kubis yaitu canola. Kandungan lemak tak jenuh ganda pada minyak ini mencapai 35 persen, itu adalah angka yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk penderita tekanan darah tinggi.

6. Minyak Almond

7 Minyak Goreng Sehat, Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggiafrimash.com

Minyak Almond adalah minyak yang terbuat dari almond dengan cita rasa khas dan pedas. Minyak almond memiliki kadar lemak jenuh yang rendah dan lemak tak jenuh yang tinggi sehingga baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Selain itu, minyak almond juga memiliki manfaat seperti penangkal radikal bebas, mengendalikan gula darah dan bisa menurunkan berat badan lho.

7. Minyak Safflower

7 Minyak Goreng Sehat, Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggicoldpressedsaffloweroil.com

Safflower oil adalah minyak yang berasal dari bunga Safflower, yang mana bunga tersebut adalah bunga yang biasa tumbuh di Mesir. Minyak safflower memiliki komposisi 9 persen lemak jenuh, 78 persen tak jenuh ganda dan 13 persen tak jenuh tunggal.

Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak safflower dapat membantu mengencerkan darah dan mengurangi kelengketan trombosit jadi minyak ini cocok untuk penderita tekanan darah tinggi. Selain baik untuk penderita tekanan darah tinggi, minyak safflower juga bermanfaat untuk perawatan kulit agar tetap sehat dan lembab. 

Selain untuk penderita tekanan darah tinggi, ketujuh minyak ini juga bisa dikonsumsi untuk tekanan darah yang normal. Untuk yang sedang diet juga baik karena kandungan lemaknya yang rendah.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Ini Ternyata Bisa Dijadikan Minyak untuk Memasak

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya