Comscore Tracker

5 Tempat Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi

Ada yang sudah pernah kamu kunjungi?

Berkunjung ke Jogjakarta, tidak afdol rasanya jika tidak menjajal berbagai macam kulinernya. Selain berbagai destinasi wisatanya yang mempesona, Jogjakarta memang dikenal memiliki banyak ragam kuliner yang dapat memanjakan lidah.

Beberapa di antaranya adalah kuliner legendaris yang telah sekian lam populer dan digemari dengan cita rasanya khasnya yang tidak pernah berubah walau saat ini tidak lagi dikelola di tangan generasi pertama pendirinya.

Berikut ini 5 kuliner legendaris di Jogjakarta yang wajib kamu coba. 
 

1. Gudeg Pawon

5 Tempat Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/ewalduz

Salah satu warung gudeg di Jogja yang telah lama populer adalah Gudeg Pawon. Dibuka sejak tahun 1958, warung ini selalu ramai dikunjungi pengunjung mulai dari mahasiswa, pejabat hingga artis. Menu gudeg yang disajikan di warung ini adalah gudeg basah lengkap dengan sambal krecek yang pedas dan ayam kampung. 

Agar dapat menikmati menu gudegnya, pengunjung harus rela mengantri di dapur. Hal ini tidak menjadi masalah bagi pengunjung yang ingin menyantap gudeg dengan cita rasa yang lezat. Warung ini berlokasi di Jalan Lanturan, Warung Boto dan buka mulai pukul 22.30 hingga 1.00 WIB

 

2. Sate Klathak

5 Tempat Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/ismedsafriady

Berlokasi di Jalan Imogiri, Bantul, warung ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat Jogja tetapi juga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner terfavorit khususnya bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul. Di warung ini, sate kambing disajikan dengan cara yang unik. Jika biasanya daging sate disajikan dengan tusuk dari lidi atau bambu, di warung ini digunakan jeruji sepeda sebagai pengganti lidi atau bambu. 

Sate di warung ini tidak disajikan dengan bumbu kacang atau sambal kecap tetapi hanya menggunakan bumbu gulai dengan merica dan garam sebagai bahan utamanya. Keunikan-keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga membuat banyak pengunjung datang ke warung ini. 

 

3. Bakmi Jawa Mbah Mo

5 Tempat Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/ratna799

Berlokasi di desa Code, Bantul, warung ini berada di tengah perkampungan sehingga agak sulit ditemukan. Meskipun demikian, warung ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Bakmi Jawa dengan cita rasa dan aroma khas yang sulit ditemui di warung bakmi lain menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke warung ini. Pesanan bakmi yang dimasak satu per satu dengan menggunakan kompor tradisional anglo turut menambah cita rasa istimewa dari bakmi jawa di warung ini. 

 

4. Angkringan Lik Man

5 Tempat Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/aries22ta

Berdiri sejak tahun 1960-an, Angkringan Lik Man merupakan salah satu pelopor angkringan di Yogyakarta. Menu andalan dari angkringan ini adalah Kopi Joss yang menjadi salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta. Kopi Joss adalah kopi yang disajikan dengan menambahkan arang yang masih membara ke dalamnya.

Sensasi minum kopi yang tak biasa saat meminum Kopi Joss menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung angkringan ini. Tak heran jika angkringan ini begitu populer. Tidak hanya masyarakat Jogja bahkan turis asing pun banyak yang berkunjung ke angkringan ini. Angkringan ini berada di sebelah utara Stasiun Tugu, Yogyakarta

5. Mangut Lele Mbah Marto

5 Tempat Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/bomaariyoga

Buka sejak tahun 1989, Mangut Lele Mbah Marto menjadi salah satu warung mangut lele legendaris di Yogyakarta. Meskipun berada tersembunyi di tengah kampung, warung mangut lele ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Mangut Lele Mbah Marto memiliki cita rasa khas karena sebelum dimasak, daging lelenya diasap di atas tungku yang menggunakan kayu bakar. Warung ini dapat dijumpai di Dusun Ngireng-ireng, Desa Panggungharjo, Bantul.

Itulah 5 kuliner legendaris di Jogja yang cita rasa khasnya selalu terjaga. Sudah coba yang mana? 

Muhammad Hasrul Sultan Photo Community Writer Muhammad Hasrul Sultan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You