Comscore Tracker

8 Tempat di Jakarta untuk Beli Kue Bulan, Klasik Hingga Modern!

Simpan rekomendasinya jika kamu ingin beli kue bulan

Masyarakat di negara Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Singapura, dan termasuk etnis Tionghoa di Indonesia akan merayakan festival pertengahan musim gugur yang tahun ini jatuh pada tanggal 1 Oktober 2020. Festival ini juga dikenal dengan nama Lunar Festival atau Moon Cake festival.

Menjelang perayaan ini, kamu tentu melihat beberapa toko kue menjual kue berbentuk bulat berwarna cokelat setinggi 4-5 cm dengan diameter berkisar antara 8-10 cm. Kue ini disebut kue bulan atau etnis Tionghoa di Indonesia umumnya menyebut Tong Jiu Pia atau Tong Ciu Pia.

Menikmati kue bulan di festival ini sangat spesial karena kue ini hanya dibuat setahun sekali dan proses pembuatannya yang tidak mudah.

Di Indonesia, ada dua jenis kue bulan, yang pertama disebut pia di mana bentuknya pipih lebar berwarna putih. Tekstur sedikit keras di luar dan di bagian filling teksturnya padat. Yang kedua bentuknya lingkaran atau kotak dengan tinggi 4-5 cm berwarna cokelat dan di permukaan kue ada simbol karakter huruf Tionghoa. Kue bulan jenis ini kulitnya lembut dan lunak, untuk bagian filling teksturnya padat.

Beberapa ada pula yang isinya diberi kuning telur di bagian tengah. Konon, kue bulan yang diberi kuning telur disebut Kue Bulan ala Cantonese.

Rata-rata harga satu buah kue bulan sedikit lebih mahal dibandingkan harga kue-kue lain yang dijual di bakery.  Di Jakarta terdapat toko-toko kue yang terkenal akan kelezatan kue bulannya. Bahkan beberapa dari toko ini cukup legendaris karena sudah membuat kue bulan bertahun-tahun lamanya. Tidak heran rasa dan bentuknya terlihat klasik.

Berikut daftarnya.

 

1. Toko Fay Kie di Petak Sembilan

8 Tempat di Jakarta untuk Beli Kue Bulan, Klasik Hingga Modern!bukalapak.com

Toko Fay Kie berada di kawasan Pecinan, Jakarta Barat, tepatnya di jalan Petak Sembilan no. 32. Toko ini sudah lama memproduksi kue bulan dan sangat terkenal di kalangan penduduk lokal Jakarta. 

Mereka menjual dua jenis kue bulan yaitu berupa pia yang bentuknya pipih, diameter sekitar 10 cm dan tinggi 2 cm, serta kue bulan yang kulitnya berwarna cokelat diameter 7-8 cm dengan ketinggian 5 cm. Pengunjung dapat memilih rasa sesuai selera. 

 

2. Toko Sin Hap Hoat di Pancoran, Glodok

8 Tempat di Jakarta untuk Beli Kue Bulan, Klasik Hingga Modern!minumkopi.com

Toko Sin Hap Hoat juga berada di kawasan Pecinan, Jakarta. Toko ini menjual kue bulan yang jenis pia. Ada berbagai pilihan rasa seperti keju, cokelat, susu, dan cempedak. 

3. Toko Kue Damai (Ho Pheng) di Mangga Besar

8 Tempat di Jakarta untuk Beli Kue Bulan, Klasik Hingga Modern!facebook.com/Toko Kue Damai

Toko Kue Damai atau sering disebut Ho Pheng berada di jalan Mangga Besar Raya di Jakarta. Selain menjual kue bulan menjelang mid-autumn festival, mereka juga menjual makanan khas Medan. Toko ini menawarkan variasi rasa seperti lotus telur, green tea, kacang hitam, dan kacang hijau.  

4. Nam Hin di Krendang Raya

8 Tempat di Jakarta untuk Beli Kue Bulan, Klasik Hingga Modern!Instagram.com/namhin.cake

Nam Hin atau Toko Ahin di jalan Krendang Raya no. 12, Tambora, Jakarta Barat selain menjual berbagai kue tradisional, juga menjual kue bulan sewaktu menjelang festival pertengahan musim gugur. 

Nam Hin menjual kue bulan bentuk pia dan kue bulan ala Cantonese, dengan variasi rasa seperti kacang hijau, gojin ham, lotus, dan durian telur. Variasi rasa untuk pia adalah cempedak, keju, keju cokelat, dan durian. 

 

Baca Juga: Resep Membuat Kue Pancong, Jajanan Tradisional yang Mulai Langka 

5. JIA, Shangri-La Hotel

8 Tempat di Jakarta untuk Beli Kue Bulan, Klasik Hingga Modern!whatsnewindonesia.com/

JIA adalah restoran di dalam Hotel Shangri-la Jakarta yang menjual kue bulan setiap tahunnya. 

Sedikit berbeda dengan kue bulan yang dijual di toko-toko di kawasan Pecinan, kue bulan JIA menyajikan desain dan rasa kontemporer. Contohnya di tahun 2019 kemarin, mereka menyajikan kue bulan dengan rasa red velvet dengan tiramisu. Mereka juga memiliki packaging cantik sehingga dapat digunakan sebagai kado. 

6. Table 8, Mulia Hotel

8 Tempat di Jakarta untuk Beli Kue Bulan, Klasik Hingga Modern!themulia.com

Table 8 di Hotel Mulia, Jakarta menawarkan berbagai pilihan kue bulan yang dapat dibeli satuan maupun dalam bentuk box. Satu box dapat diisi 4-6 buah. Kamu yang berminat perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu. Pilihan rasa antara lain lotus putih, red bean, black sesame, dan pandan.

Mereka juga menjual kue bulan dalam ukuran kecil. Mayoritas kue bulan di Table 8 menggunakan isian telur, tetapi ada beberapa yang tanpa telur. 

 

7. Pearl Chinese Restaurant di JW Marriott

8 Tempat di Jakarta untuk Beli Kue Bulan, Klasik Hingga Modern!sugarandcream.co

Restoran Pearl Chinese di Hotel JW Marriott menawarkan kue bulan yang dapat dibeli dalam bentuk box dengan isi 4 buah dan 6 buah tetapi kue bulan berukuran kecil. Pemesanan dapat dilakukan melalui aplikasi Grab food. Variasi rasa terdiri dari white lotus, red bean, dan pandan. Tahun ini mereka mengeluarkan kue bulan dengan jenis snow skin tanpa dipanggang dan isinya durian. 

 

8. Mandarin Cake Shop di Mandarin Oriental

8 Tempat di Jakarta untuk Beli Kue Bulan, Klasik Hingga Modern!harpersbazaar.co.id

Mandarin Cake Shop di hotel Mandarin Oriental juga menjual kue bulan. Variasi rasa yang dapat dipilih antara lain: pandan, white lotus with salted egg yolk, charcoal black sesame, red bean, durian, dan tiramisu oreo. 

Tahun ini kamu dapat membeli kue bulan secara daring lewat laman Mandarin Oriental Jakarta dan langsung dikirim ke rumah. Kue bulan dapat dibeli satuan atau dalam box yang isinya 2 atau 4 buah. 

Itulah daftar toko di Jakarta yang terkenal akan kue bulannya. Beberapa dari daftar toko ini sudah membuat dan menjual kue bulan secara turun temurun.

Perlu kamu ingat bahwa kue bulan ada yang di bagian isinya diberi telur dan ada pula yang diisi kacang-kacangan. Sehingga apabila kamu yang memiliki alergi makanan dapat memeriksanya terlebih dahulu. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kuliner Babi Paling Enak di Jakarta, Dijamin Ketagihan

MW S Photo Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @1001diarycollections.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya