Comscore Tracker

5 Fakta Nasi Ayam Hainan Singapura, Ternyata Resepnya Disesuaikan

Resep dari Wenchang di Hainan, China, yang dibawa imigran ke Singapura

Jalan-jalan ke Singapura gak lengkap kalau belum mencicipi nasi ayam hainan. Salah satu menu wajib untuk wisatawan yang berkunjung ke Singapura, makanan ini mudah untuk ditemukan di Singapura.

Selain itu, harganya juga bervariasi, tergantung lokasi tempat makan, misalnya, seperti warung makan (hawker) atau restoran. Kalau di warung makan, harga nasi ayam hainan pasti jauh lebih murah.

Nasi gurih dan wangi tersebut disantap dengan potongan daging ayam yang dicelupkan ke saus sehingga membuat orang menjadi lahap saat memakannya. Disebut sebagai comfort food warga Singapura, berikut fakta nasi ayam hainan yang wajib diketahui.

1. Berasal dari Wenchang di Hainan, China

5 Fakta Nasi Ayam Hainan Singapura, Ternyata Resepnya DisesuaikanGuanyin of Nanshan, destinasi wisata terkenal di Hainan, Cina (pexels.com/zhengkui li)

Nasi ayam hainan yang kita temukan di Singapura sebenarnya berasal dari Wenchang, kota yang terletak di sebelah timur utara Provinsi Hainan, China. Dilansir Taste Atlas, resep nasi ayam hainan dibawa oleh imigran dari Hainan ke Singapura sekitar abad ke-19.

Nasi ayam Hainan pertama kali dijual di Singapura pada 1940-an. Mengutip Singapore Infopedia, resep nasi ayam hainan diadaptasi oleh Wong Yi Guan yang kemudian oleh muridnya, Mok Fu Swee, dibuat menjadi terkenal.

Mok Fu Swee membuka kedai makan bernama Swee Kee Chicken Rice di Jalan 51-53 Middle Road. Namun, kedai makan ini kini sudah tutup. Dua kedai makan lain yang juga menjual nasi ayam hainan saat itu adalah Yet Con Hainanese Chicken Rice dan Chin Chin Eating House.

2. Dua jenis nasi ayam hainan, yakni hainanese dan cantonese

5 Fakta Nasi Ayam Hainan Singapura, Ternyata Resepnya Disesuaikantrasi daging ayam mentah (pixabay.com/lebensmittelfotos)

Ada 2 jenis nasi ayam hainan, hainanese style dan cantonese style. Kedua jenis ini dapat dijumpai di berbagai tempat makan di Singapura.

Mengutip Roots National Heritage Board Singapore, nasi ayam Hainan yang disiapkan secara cantonese menggunakan kecap asin. Kemudian, daging ayam dimasak dengan saus berwarna gelap yang terbuat dari rempah, seperti kayu manis dan cengkih. Rasa manis saus berasal dari gula batu. Daging ayam lalu direndam di air es setelah matang.

Merujuk sumber yang sama, cara memasak ayam dari Hainan menggunakan metode poaching atau teknik memasak panas basah. Maksudnya, daging ayam direndam di air mendidih dengan volume air yang tidak banyak hingga matang. Setelah itu, daging direndam di dalam air dengan suhu ruangan selama kurang lebih 30 menit.

Daging ayam kemudian diambil dan dibiarkan menetes hingga kering. Setelah itu, ayam ditutup handuk agar tetap lembap dan rasa daging tidak hilang. Resep asli nasi ayam hainan yang berasal dari Wenchang, Hainan, menggunakan ayam degan banyak tulang dan berotot. Sedangkan resep style cantonese menggunakan ayam muda lembut.

3. Resep nasi ayam hainan mengalami penyesuaian

5 Fakta Nasi Ayam Hainan Singapura, Ternyata Resepnya Disesuaikanilustrasi ayam Hainan (pixabay.com/Jason Goh)

Dilansir Singapore Infopedia, kaldu yang digunakan untuk merebus daging ayam di menu nasi ayam hainan Singapura berbeda dari resep asli di Wenchang. Juru masak di Wenchang, Hainan, akan menggunakan kombinasi kuah kaldu dari tulang ayam dengan kuah kaldu dari tulang babi. Sedangkan di Singapura, daging ayam direbus dengan kuah kaldu tulang ayam saja.

Setelah itu, daging ayam yang digunakan untuk memasak nasi ayam hainan di Singapura menggunakan ayam muda yang dagingnya lebih lembut. Juru masak di Singapura juga menggunakan daun pandan saat memasak nasi untuk menambah keharuman nasi.

Baca Juga: Resep Nasi Ayam Hainan, Kuliner Lezat Khas Restoran Negeri Singa

4. Tekstur dan aroma nasi menjadi kunci utama di hidangan nasi ayam hainan

5 Fakta Nasi Ayam Hainan Singapura, Ternyata Resepnya Disesuaikanilustrasi kuah kaldu pendamping nasi ayam Hainan (pexels.com/jenvit keiwalinsarid)

Hal terpenting saat mempersiapkan nasi ayam hainan adalah memasak nasi agar mendapatkan tekstur yang pas, yaitu tidak terlalu keras, lembap (moist), dan mempunyai rasa yang pas di lidah.

Pertama, beras digoreng bersama lemak dari ayam dan bawang putih. Kemudian, beras dimasak menggunakan kuah kaldu yang tadi dipakai untuk merebus ayam. Taburkan tirisan jahe ke dalam kaldu dan terakhir diberi daun pandan.

Selain memperhatikan tekstur dan rasa pada nasi, proses penyiapan saus yang dihidangkan bersamaan dengan nasi ayam hainan juga perlu diperhatikan. Saus sambal idealnya memadukan rasa pedas dan asam. Saus sambal untuk menu nasi ayam hainan terbuat dari cabai, kaldu ayam, bawang putih, dan jahe.

5. Termasuk salah satu Intangible Cultural Heritage untuk kategori makanan

5 Fakta Nasi Ayam Hainan Singapura, Ternyata Resepnya DisesuaikanMaskapai penerbangan Singapore Airlines (pexels.com/Jeffry Surianto)

Nasi ayam hainan merupakan salah satu menu yang termasuk di dalam daftar Food Heritage-Intagible Cultural Heritage oleh National Heritage Board di Singapura. Intangible Cultural Heritage terdiri dari tradisi, ritual, ekspresi, kerajinan, pengetahuan, dan keahlian yang diwariskan turun temurun dan masih diterapkan hingga sekarang. Menu nasi ayam hainan memenuhi kriteria yang disebutkan di atas.

Reputasi nasi ayam hainan di luar Singapura sangat baik. Dilansir Roots National Heritage Board, restoran yang berasal dari Singapura,Wee Nam Kee Chicken Rice, dengan spesialisasi menu nasi ayam hainan berhasil memperluas area layanan hingga ke luar negeri.

Selain itu, penumpang maskapai penerbangan Singapore Airlines juga dapat menikmati nasi ayam hainan sebagai salah satu in-flight menu di pesawat. Spesial banget, kan?

 

Itulah fakta unik tentang nasi ayam Hainan yang merupakan salah satu makanan favorit warga Singapura. Dapat disimpulkan dari informasi di atas bahwa ketenaran nasi ayam Hainan berkat resep asli yang dibawa oleh imigran dari Hainan ke Singapura dan kemudian diadaptasi dan diwariskan secara turun temurun. Jangan lupa untuk mencoba nasi ayam Hainan saat berkunjung ke Singapura, ya!

Baca Juga: 5 Tips Memasak Nasi Hainan yang Gurih dan Nikmat, Begini Caranya!

Maria  Sutrisno Photo Verified Writer Maria Sutrisno

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya