Comscore Tracker

5 Soto Kuah Kaldu Khas Indonesia yang Gurih dan Kaya Rempah

Cocok disantap dengan nasi hangat

Bicara soal soto, kurang lengkap jika tak membahas berbagai jenis dan variasinya. Sebab, tiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya tersendiri. Kompleksitas dalam semangkuk soto dianggap sebagai perpaduan budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Selain soto berkuah santan, ada juga soto yang dihidangkan dengan kuah kaldu, baik dari hasil rebusan daging ayam, daging sapi, ataupun tulang sapi. Berkat kaldunya, rasa kuah yang disajikan menjadi lebih gurih dan kaya rasa. Berikut deretan soto berkuah kaldu untuk inspirasi makan lezatmu.

1. Soto madura

5 Soto Kuah Kaldu Khas Indonesia yang Gurih dan Kaya Rempahilustrasi soto Madura (instagram.com/sbykulinerinfo)

Madura tak hanya terkenal akan hidangan sate dan nasi bebek pedasnya yang fenomenal. Soto madura juga banyak diminati masyarakat Indonesia. Menggunakan kaldu sapi yang berpadu dengan rempah pilihan, soto ini menawarkan rasa yang ringan dan segar.

Bahan pelengkap seperti telur rebus, kentang, dan taoge tak lupa memuaskan perut para penikmatnya. Jika ingin menambah cita rasa, kamu bisa menaburkan koya dan cabai rawit. Dijamin mampu menghangatkan badan, khususnya saat musim hujan!

2. Soto mi bogor

5 Soto Kuah Kaldu Khas Indonesia yang Gurih dan Kaya Rempahilustrasi soto mie Bogor (instagram.com/fotooyummy)

Bila pelesiran ke Bogor, jangan lupa mencicipi soto minya yang tersohor. Sesuai namanya, soto ini berbahan utama mi kuning yang berpadu dengan potongan risol renyah, daging sapi lembut, bihun, tomat, dan suwiran kol. Satu porsinya dijamin sangat mengenyangkan.

Berbeda dengan soto lainnya, soto mi bogor menawarkan kuah bening berwarna cokelat. Kuah kaldunya sendiri berasal dari rebusan daging sapi yang ditambahkan serai, pala, merica, daun jeruk, daun salam, bawang-bawangan, dan kemiri. Untuk cita rasa kaldunya sendiri sangat ringan dan segar. 

3. Soto lamongan

5 Soto Kuah Kaldu Khas Indonesia yang Gurih dan Kaya Rempahilustrasi soto Lamongan (instagram.com/bangunmoto)

Siapa yang gak pernah mendengar soto lamongan? Soto berkuah kuning menyegarkan ini sudah tersebar ke daerah di luar Jawa Timur. Jadi, kamu gak perlu jauh-jauh melancong ke Lamongan untuk mencicipi cita rasa gurihnya.

Jika dua soto sebelumnya menggunakan daging sapi untuk menghasilkan kaldu, soto lamongan justru memanfaatkan daging ayam kampung yang gak kalah gurih. Warna kuning pada kuahnya sendiri hadir berkat kunyit yang dibakar dan dihaluskan bersama bumbu lainnya.

Baca Juga: 5 Perbedaan Soto Seger dan Soto Kudus dari Jawa Tengah, Maknyus!

4. Soto kikil surabaya

5 Soto Kuah Kaldu Khas Indonesia yang Gurih dan Kaya Rempahilustrasi soto kikil Surabaya (instagram.com/kuca.kitchen)

Di urutan selanjutnya ada soto kikil khas Kota Pahlawan, nih. Pas banget disantap para pencinta soto berkuah kental dan kaya rempah. Soto berbahan utama kikil ini menggunakan banyak rempah untuk menambah cita rasanya, mulai dari kunyit, jahe, serai, daun salam, dan daun jeruk.

Uniknya, soto kikil tidak menggunakan bahan utama lain selain kikil. Dengan begitu, soto ini lebih lezat disantap dengan nasi hangat. Jangan lupa juga campurkan perasan jeruk nipis dan sambal agar semakin maknyus.

5. Soto jepara

5 Soto Kuah Kaldu Khas Indonesia yang Gurih dan Kaya Rempahilustrasi soto Jepara (instagram.com/sotondeso.mbahdjitoe)

Selain dikenal sebagai tempat kelahiran R.A. Kartini, pahlawan di balik emansipasi wanita, Jepara juga punya kekayaan kuliner yang menggoda. Salah satunya sajian sotonya yang khas. Meski mirip dengan soto biasa, tapi soto ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Sama seperti soto lamongan, soto ini menggunakan ayam kampung untuk menghasilkan kuah kaldu gurih. Untuk menambah rasa, kuah dipadukan dengan rempah istimewa.

Uniknya, soto jepara dihidangkan bersama beberapa sayuran, seperti taoge dan kucai. Selain lezat, santapan ini juga sangat sehat, lho.

Deretan soto berkuah kaldu dari berbagai daerah di Indonesia di atas sangat menggoda, kan? Jangan lupa masukkan ke dalam agenda kulineran kamu saat akhir pekan nanti, ya. Selamat menikmati!

Baca Juga: 5 Fakta Sroto Sokaraja, Soto Khas Banyumas yang Sedapnya Nagih

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya