Comscore Tracker

5 Kesalahan Sepele dalam Membuat Kulit Soes

Kadang masih suka terlupakan

Kue soes merupakan salah satu jenis cemilan yang terjangkau, enak dan bikin nagih. Kulit soes dipadukan dengan isian vla yang harum dan lumer membuat kita tidak cukup menyantapnya jika hanya satu buah saja.

Namun, membuat kulit soes itu susah-susah gampang lho! Banyak yang gagal dalam membuatnya karena soes sulit mengembang, tidak kopong dan tidak kokoh sempurna.

Perlu tips dan trik khusus agar menjadi kue soes yang sempurna. Apa saja sih tips penyebab gagalnya dan bagaimana tips membuatnya? Yuk selengkapnya lihat penjelasan di bawah ini ya.

1. Telur yang digunakan tidak fresh lagi

5 Kesalahan Sepele dalam Membuat Kulit Soespixabay.com/stevepb

Tidak hanya soes saja, untuk membuat kue apapun tentunya harus menggunakan bahan-bahan yang fresh agar menghasilkan kue yang berkualitas dan mengembang sempurna.

Terutama pada penggunaan telur, pastikan telur yang digunakan masih fresh ya. Kamu bisa mencari tahu di internet bagaimana perbedaan telur yang masih bagus dengan telur yang sudah lama. Karena jika memakai telur yang umurnya terlampau lama, tentunya akan sangat mempengaruhi hasil akhir kulit soes yang susah mengembang.

2. Adonan kulit soes terlalu lembek ataupun terlalu berat

5 Kesalahan Sepele dalam Membuat Kulit Soesbakeclub.com.au

Membuat soes dengan melihat video resep memang terlihat mudah, namun belum tentu akan langsung sama ketika kamu mencoba mempraktikkannya di rumah.

Bisa jadi adonanmu menjadi terlalu lembek atau terlalu berat tergantung besar telur yang dipakai, ataupun juga karena ada kesalahan dalam pembuatan, sehingga kamu berinisiatif menambahkan bahan lagi yang bisa saja membuat adonan gagal ketika dipanggang. Jadi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus coba terus sampai soes yang dibuat berhasil ya!

3. Terlalu sering membuka tutup oven

5 Kesalahan Sepele dalam Membuat Kulit Soesfleetappliance.com

Banyak yang sering membuka tutup oven ketika masih dalam proses memanggang soes terutama yang ovennya tidak mempunyai fitur lampu di dalamnya. Baik untuk mengecek perubahan bentuk maupun warna kulit soes yang dipanggang.

Sebaiknya gunakan senter smartphone kamu saja untuk memastikan matang dan mengembangnya adonan kulit soes agar mengurangi resiko soes tidak kopong dan tidak mengembang sempurna.

Baca Juga: Resep Strawberry Soes, Cemilan Lezat yang Menggugah Selera!

4. Terlalu terburu-buru menganggap kulit soes sudah kering dan kokoh

5 Kesalahan Sepele dalam Membuat Kulit Soespixabay.com/melvinchia

Hal ini sering terjadi, di mana soes nampak kokoh ketika baru dikeluarkan dari oven, namun lama kelamaan soes tersebut menciut. Sebaiknya tunggu dulu sampai tidak ada lagi buih-buih pada kulit soes ketika proses pemanggangan selesai, sehingga tidak akan menciut ketika sudah dalam keadaan dingin.

5. Suhu oven yang kurang tinggi

5 Kesalahan Sepele dalam Membuat Kulit Soesbeyondpasta.com

Biasanya pada penggunaan oven tangkring, soes lebih baik diletakkan di bagian rak tengah agar bagian bawah soes tidak cepat gosong dan cetak langsung adonan soes pada loyang tanpa menggunakan cetakan pie agar panas dalam oven bisa lebih maksimal.

Pada penggunaan listrik dan oven gas, gunakan suhu tinggi kurang lebih 190-200 derajat celcius untuk mengangkat adonan soes mengembang ke atas sekitar 15-20 menit. Lalu turunkan suhu menjadi 180 derajat celcius sampai warna kulit soes menjadi kecokelatan dan tidak ada lagi buih-buih yang terlihat.

Itulah 5 kesalahan yang dilakukan sehingga kulit soes yang kamu buat masih belum sempurna bahkan bisa-bisa gagal total! Untuk mendapatkan soes yang terbaik, kamu harus coba terus, mengenali oven yang kamu gunakan dan lakukan juga tips-tipsnya. Semoga nanti berhasil ya!

Baca Juga: Resep Strawberry Soes, Cemilan Lezat yang Menggugah Selera!

Nana Kurnia Photo Verified Writer Nana Kurnia

hai, saya Nana!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya