Comscore Tracker

Cara Membuat dan Menyimpan Daging Giling yang Benar, Kamu Sudah Tahu?

Kalau beli, perhatikan kualitas dagingnya ya

Daging giling menjadi salah satu bahan andalan ibu rumah tangga ketika memasak. Biasanya berasal dari daging sapi atau ayam. Daging giling dibuat dengan alat penggiling untuk mendapatkan olahan daging yang halus.

Daging serbaguna ini bisa didapatkan dengan mudah. Membeli daging giling memang lebih praktis dan efektif, tapi kualitasnya dipertanyakan.

Daripada merasa was-was, membuat daging giling sendiri sangat mudah, lho. Bahkan, cara menyimpannya pun juga gampang. Simak selengkapnya berikut ini ya!

1. Cara membuat daging giling

Cara Membuat dan Menyimpan Daging Giling yang Benar, Kamu Sudah Tahu?foodbusinessnews.net

Pilih daging yang akan digunakan, bisa dari sapi atau ayam. Pastikan daging yang dipakai dalam keadaan segar dan tidak mengandung banyak lemak. Kemudian, pisahkan antara lemak dengan dagingnya.

Potong daging dengan bentuk melintang, pisahkan dengan lemak yang keras. Lemak akan digunakan pada proses selanjutnya. Kalau sudah, simpan daging yang sudah dipotong ke dalam freezer selama satu hingga dua jam atau sampai setengah beku.

Cara Membuat dan Menyimpan Daging Giling yang Benar, Kamu Sudah Tahu?schweidandsons.com

Di tahap akhir, masukkan daging bersama lemak ke dalam alat penggiling. Kalau sudah, tambahkan bumbu sesuai kebutuhan, seperti bawang putih, merica, garam, dan pala.

Masukkan bumbu pada gilingan terakhir, lalu aduk hingga rata. Daging giling sudah bisa dibentuk.

Untuk proses mencincang, kamu bisa melakukan dengan cara manual atau alat penggiling. Kalau dengan cara manual, gunakan pisau daging yang tajam dan talenan. Tapi, untuk mendapatkan tekstur yang halus dan lembut, sebaiknya gunakan alat penggiling.

2. Cara menyimpan daging giling

Cara Membuat dan Menyimpan Daging Giling yang Benar, Kamu Sudah Tahu?mynbc5.com

Sisa daging giling bisa kamu simpan untuk dijadikan olahan lain. Cara menyimpan daging giling sangat praktis. Berikut cara yang direkomendasikan:

  1. Menyimpan daging giling mentah: bentuk daging giling menjadi bola-bola kecil. Kemudian, susun di dalam wadah kedap udara dan jangan terlalu sesak. Hal ini membuat bulatan daging menempel dan susah saat akan dikeluarkan. Simpan di dalam freezer. Kalau akan digunakan lagi, tunggu suhunya sama dengan suhu udara ya.
  2. Menyimpan daging giling yang matang: masak daging terlebih dahulu, taburi dengan sedikit garam. Masak daging berlemak tanpa menggunakan minyak. Untuk yang tanpa lemak, bisa pakai sedikit minyak. Kalau sudah, simpan di dalam wadah tertutup dan letakkan dalam lemari es, jangan di dalam freezer.

Baca Juga: Tips Memilih dan Memotong Alpukat yang Matang, Kamu Sudah Tahu?

3. Tips mengetahui kualitas daging giling

Cara Membuat dan Menyimpan Daging Giling yang Benar, Kamu Sudah Tahu?supermarketnews.com

Kalau terpaksa harus membeli, ada beberapa tips untuk mengetahui kualitas daging giling. Hal ini terkadang disepelekan oleh sebagian orang, karena dirasa kurang penting. Bahkan, ada yang tidak bisa membedakan mana daging giling kualitas baik dan kurang baik.

Cara mengetahuinya cukup gampang, tapi butuh kejelian yang tinggi. Berikut beberapa cara yang bisa dipraktikkan:

  1. Baui aroma daging giling. Cara satu ini sangat mudah. Gunakan indera penciumanmu untuk mengetahui kualitas daging giling. Daging yang masih segar tidak mengeluarkan bau aneh atau menyengat.
  2. Sentuh daging giling. Daging giling yang segar punya tekstur lembut dan halus. Kalau sudah berair dan lengket, jangan kamu beli ya.
  3. Perhatikan warna dagingnya. Daging giling yang bagus punya warna merah segar dan mencolok. Jika menemukan yang berwarna cokelat, sebenarnya aman dikonsumsi, karena sudah terlalu lama tidak dimasak.

Itu dia cara membuat dan menyimpan daging giling yang super mudah. Daripada beli di luar, lebih baik buat sendiri, kan? Kalau memang harus beli, pastikan kamu mengingat tips yang diberikan ya. 

Baca Juga: Tips Memilih dan Memotong Nanas yang Benar, Yakin Kamu Sudah Tahu?

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya