Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Duri Ikan Bandeng, Makan Jadi Makin Nikmat

Teliti dan sabar jadi kunci sukses durinya lenyap

Ikan bandeng menjadi salah satu jenis ikan yang paling sering dimasak. Selain gizinya tinggi, daging ikan bandeng terkenal lembut dan gurih jika dimasak dengan benar. Gak heran kalau banyak orang yang menggilai ikan satu ini.

Sayangnya, di balik kelezatan ikan bandeng, terdapat hal yang membuat penikmatnya kesal. Duri ikan bandeng nyatanya sangat banyak, sehingga cukup mengganggu saat menikmatinya. Setidaknya terdapat 70 duri besar dan halus di dalam ikan bandeng.

Tenang dulu, karena kamu bisa menghilangkan duri ikan bandeng dalam sekejap. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan duri ikan bandeng.

1. Hilangkan sisiknya hingga bersih

5 Cara Menghilangkan Duri Ikan Bandeng, Makan Jadi Makin Nikmatshopee.co.id/sun77

Membersihkan sisik ikan bandeng harus dilakukan sebelum duri dicabut. Sebab, kalau dilakukan sesudahnya, maka sisik bakal lebih sulit dicabut. Bahkan, daging ikan bandeng bisa hancur nantinya.

Gunakan pisau cukup tajam untuk membersihkan sisik bandeng. Gosok dari bagian kepala hingga ekor dengan gerakan satu arah saja. Lakukan sampai berulang kali, pastikan tak ada sisik yang tertinggal, lalu bilas dengan air.

2. Belah ikan bandeng secara melebar

5 Cara Menghilangkan Duri Ikan Bandeng, Makan Jadi Makin Nikmatlengke.ph

Setelah sisik ikan bandeng terlepas semua hingga bersih, belah ikan secara melebar, tapi tidak sampai terputus. Eits, membelahnya pun gak bolah sembarangan, harus dimulai dari pangkal ekor dan dilanjutkan sampai ke bagian punggungnya.

Perlu diingat, jangan menyayat bagian punggung ikan bandeng terlalu dalam. Sebab, kamu bisa memotong tulang ikannya. Sayat secara tipis saja dengan bagian mata pisau, tapi tetap rapi dan gak bergerigi.

3. Buang dan bersihkan isi perutnya

5 Cara Menghilangkan Duri Ikan Bandeng, Makan Jadi Makin Nikmatlatimes.com

Duri ikan bandeng bakal lebih mudah terlihat dalam keadaan bersih. Oleh karena itu, setelah selesai dibelah, segera buang isi perut ikan bandeng dan buang. Pastikan tak ada yang tersisa, begitu pula dengan kotoran dan insangnya.

Setelah itu, cuci ikan bandeng sampai bersih di bawah air mengalir. Hilangkan pula bercak darah dan lendir yang masih tersisa di dagingnya. Keringkan ikan bandeng dengan sendirinya.

Baca Juga: Cara dan Tips Membersihkan Babat Sapi, Bebas Bau Amis

4. Tarik tulang belakangan ikan bandeng

5 Cara Menghilangkan Duri Ikan Bandeng, Makan Jadi Makin Nikmatpisces-ind.com

Proses menghilangkan duri di ikan bandeng berawal dari tulang belakangnya. Di tulang punggung ini menempel sekitar 42 duri yang cukup besar. Cara mematahkannya pun gak bolah asal, lho.

Pertama, patahkan ujung tulang belakang yang terletak di bagian ekor. Kemudian, tarik hingga ke arak kepala ikan.

Saat ditarik, tekan daging ikan perlahan agar gak ikut terlepas. Teknik ini perlu dilakukan dengan sabar, kalau tidak, daging ikan bandeng bakal hancur.

5. Cabut sisa duri dengan pinset

5 Cara Menghilangkan Duri Ikan Bandeng, Makan Jadi Makin Nikmataliexpress.com

Nah, setelah semua duri yang besar tercabut, saatnya untuk menghilangkan duri halusnya. Duri halus pada ikan bandeng ini yang paling sering tersangkut di tenggorokan dan menyebabkan luka. Jumlahnya pun tak sedikit, ada sekitar 40 duri halus, lho.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu perlu pinset untuk mencabuti duri halusnya. Tekan daging perlahan hingga duri halusnya mencuat, lalu segera ambil dan buang.

Lakukan sampai bersih. Jika sudah selesai, tetap raba kembali untuk memastikan.

Itulah cara mudah menghilangkan duri pada ikan bandeng yang sangat banyak. Kamu jadi bisa makan ikan bandeng dengan aman dan tenang, nih. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Membersihkan dan Mengolah Paru Sapi Tanpa Bau Amis ala Yummy App 

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya