3 Tips Merebus Buntut Sapi biar Lebih Empuk dan Enak, Coba Yuk!

Ternyata caranya gak susah-susah banget, kok

Meski sudah lewat, vibes Hari Raya Iduladha masih terasa. Beberapa orang juga masih menyembelih hewan kurban. Alhasil, stok daging juga masih melimpah.

Daging tersebut biasanya diolah jadi berbagai macam masakan. Misalnya sate, tongseng, hingga sop buntut. 

Namun, masih jarang orang mengolahnya jadi sop buntut karena menganggapnya sulit. Sebenarnya gak juga. Kamu  bisa menerapkan beberapa tips merebus buntut sapi berikut ini untuk mendapatkan kualitas rasa dan tekstur terbaik. 

1. Menghilangkan bagian lemak

3 Tips Merebus Buntut Sapi biar Lebih Empuk dan Enak, Coba Yuk!restaurant-in-pattaya.com

Supaya buntut sapi jadi empuk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya menghilangkan bagian lemak pada buntut sapi.

Buntut sapi perlu dibersihkan dulu, kemudian hilangkan lemaknya dengan menggosok-gosok di bawah air mengalir. Selanjutnya, bersihkan lemak yang masih tertinggal menggunakan pisau biar lebih mudah.

Setelah buntut sapi bersih dan bebas lemak, kamu baru bisa mengolahnya jadi sop buntut dengan kuah bening.

2. Cuci buntut sapi dengan air panas

3 Tips Merebus Buntut Sapi biar Lebih Empuk dan Enak, Coba Yuk!sciencelearn.org.nz

Setelah buntut sapi bersih dan lemaknya hilang, kamu bisa mencucinya dengan air panas sebagai proses pembilasan terakhir. Buntut sapi yang sudah benar-benar bersih setelah menggunakan air panas ini bisa langsung direbus.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Daging Kambing biar Empuk dan Gak Bau, Coba Deh!

3. Proses perebusan dua kali

3 Tips Merebus Buntut Sapi biar Lebih Empuk dan Enak, Coba Yuk!Pexels.com/ Timur Saglambilek

Untuk membuat buntut sapi empuk, dianjurkan untuk merebusnya sebanyak dua kali. Proses perebusan pertama fungsinya untuk menghilangkan bau prengus.

Dalam proses perebusan pertama ini, didihkan air yang sudah diisi daun salam, daun jeruk, dan jahe. Setelah direbus selama 15 menit, air rebusannya bisa dibuang.

Sedangkan perebusan kedua, didihkan air dan masukkan buntut sapi. Di tahap ini, kamu memasak sop buntut seperti biasanya.

Tips untuk membuat buntut sapi menjadi lebih empuk adalah direbus dengan api kecil selama delapan jam. Proses ini dilakukan jika kamu gak punya panci presto ya.

Gimana, siap membuat sop buntut yang lembut dan enak? Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Resep Membuat Sate Kambing yang Empuk dan Gak Bau

yummy-banner

Topic:

  • Naya Gayatri
  • Dewi Suci R.

Just For You