Comscore Tracker

5 Makanan dari Tahu Ini Jadi Kuliner Khas Daerah, Legendaris Banget!

#ANGPOIN Kaya akan rasa lokal khas Indonesia

Di Indonesia, tahu sangat mudah dijumpai di pasar tradisional maupun supermarket. Harganya yang murah dan cara masaknya praktis, tahu sering dijadikan makanan pendamping nasi.

Selain jadi lauk pauk, tahu juga jadi ikon kuliner dari berbagai daerah lho. Dengan olahan yang berbeda-beda dan khas, menyantap tahu jadi lebih kaya akan rasa. Simak yuk, lima kuliner berbahan dasar tahu ini.

1. Tahu sumedang

5 Makanan dari Tahu Ini Jadi Kuliner Khas Daerah, Legendaris Banget!Instagram.com/jendelasumedang

Kuliner yang jadi ikon khas Kota Sumedang ini sangat melegenda. Proses pembuatannya sederhana dan tradisional, dimulai dari merendam kacang kedelai kemudian digiling, direbus, dan disaring untuk mengendapkan patinya yang akan jadi tahu. 

Tahu sumedang di gandrungi pembeli untuk oleh-oleh, biasa dijual dengan bungkusan anyaan bambu atau bongsang dengan memuat 10-25 tahu.

2. Tahu gimbal

5 Makanan dari Tahu Ini Jadi Kuliner Khas Daerah, Legendaris Banget!instagram.com/dad_dish

Tahu gimbal merupakan kuliner khas Kota Semarang. Santapan ini terdiri dari tahu goreng, potongan lontong, telur dan udang yang di goreng dengan tepung atau disebut gimbal. Ditambah pelengkapnya rajangan kol mentah dan tauge dan saus bumbu kacang. 

Gak sulit buat menemukan kuliner ini. Tahu gimbal bisa di temui di street food yang ada di Kota Semarang. Kamu bisa kenyang hanya dengan harga Rp13.000/porsi.

Baca Juga: 5 Alasan Wajib Cobain Tahu Gimbal Pak Edi, Sajian Khas Kota Semarang 

3. Tahu gejrot

5 Makanan dari Tahu Ini Jadi Kuliner Khas Daerah, Legendaris Banget!https://instagram.com/cirebonpunya

Tahu gejrot berasal dari Cirebon. Disajikan dalam cobek kecil, tahu di goreng dan di potong asal beberapa bagian kemudian diguyur kuah dari campuran bawang putih, bawang merah, gula merah, dan juga cabai yang diulek kasar. Rasa pedas, manis, dan asin jadi satu dalam cobek akan terasa nikmat.

Tahu gejrot biasa di jual di gerobak kecil penjual keliling dan di banderol dengan harga Rp5.000 sampai Rp10.000 saja.

4. Tahu jeletot

5 Makanan dari Tahu Ini Jadi Kuliner Khas Daerah, Legendaris Banget!instagram.com/dishby_ifah

Tahu jeletot adalah jajanan khas Bandung yang hits baru-baru dan digemari semua kalangan. Sesuai namanya, tahu jeletot khas dengan rasa pedasnya. Pedas yang berasal dari potongan cabai rawit merah yang banyak. Di tambah potongan tauge dan di goreng dengan dicampur tepung, membuat tahu jeletot ini jadi krispi dan renyah.

5. Tahu tek

5 Makanan dari Tahu Ini Jadi Kuliner Khas Daerah, Legendaris Banget!instagram.com/belanga.id

Siapa yang gak kenal kuliner khas Surabaya satu ini? Tahu tek, makanan yang berisi tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil. Diberi pelengkap seperti, kentang goreng, sedikit tauge, dan irisan timun membuat rasa tahu menjadi khas. Dari semua bahan itu terakhir, disiraman bumbu khas. 

Salah satu kedai tahu tek paling terkenal dan legendaris di Surabaya adalah tahu tek Pak Ali yang harganya dibanderol Rp12.000/porsi.

Itulah 5 olahan tahu yang rasanya Indonesia banget, kalau di daerahmu ada olahan khas tahu juga gak?

Baca Juga: Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon yang Pedasnya Nyegerin

Nazhifatun Nurul Latifah Photo Community Writer Nazhifatun Nurul Latifah

Happy reading:) Semoga tulisan ini bisa menghibur, memotivasi, dan mengedukasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You