5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Nusantara, Menggugah Selera!

Semuanya jadi favorit

Masakan berbahan daging sapi di Indonesia dari Sabang sampai Merauke banyak ragamnya. Dari olahan menjadi pindang, gulai, sate, atau sop. Olahan sapi yang mudah sehingga bisa dibuat di dapur rumah.

Selain lezat dan kandungan gizinya yang tinggi pada membuat daging sapi menjadi salah satu makanan primadona di negeri kita. Simak 5 ragam olahan sapi ini dari berbagai daerah.

1. Pindang tulang iga sapi

5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Nusantara, Menggugah Selera!instagram.com/susie.agung

Pindang tulang iga khas Palembang memiliki cita rasa yang begitu kompleks dan rasa kuah yang asam segar akan membuat siapa pun jatuh hati pada masakan ini. Cukup sediakan beberapa potong tulang iga dan bumbu rempah-rempah dan seporsi besar tulang iga sapi, menu ini cocok untuk makam malam.

2. Gulai thi boh panah

5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Nusantara, Menggugah Selera!cookpad.com/Evitfatmawati

Dari namanya sudah bisa menebak makanan ini berasal dari daerah mana? Yup, Nanggroe Aceh Darussalam. Gulai ini campuran daging sapi, daging kambing, dan nangka muda memiliki cita rasa yang kuat dan gurih.

Ciri khas rasa gulai thi boh panah yaitu menggunakan kelapa sangrai sebagai pengganti santan yang digunakan di gulai biasa. Kuliner satu ini kamu bisa langsung mencicipnya di Rumah Makan Khas Aceh Rayeuk.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Daging yang Bikin Ketagihan, Caranya Gampang Banget

3. Gepuk sapi

5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Nusantara, Menggugah Selera!instagram.com/dellasuzura

Kalau yang satu ini sudah tidak asing ya? Kuliner asal Jawa Barat berbahan daging yang empuk dicampur dengan bumbu halus dan santan yang kemudian di goreng menghasilkan rasa yang manis dan gurih menjadi ciri khas gepuk itu sendiri. Kini gepuk sudah menusantara dan bisa dinikmati di restoran-restoran besar hampir seluruh Indonesia.

4. Pallubasa

5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Nusantara, Menggugah Selera!instagram.com/nganre_rong?

Selain Coto, Makassar memiliki kuliner khas yang berbahan dasar daging yaitu Pallubasa. Meski tidak seterkenal Coto, Pallubasa memiliki keunikan sendiri dengan kuahnya yang pekat dan nikmat. Jika Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat atau burasa, Pallubasa sendiri lebih cocok disandingkan dengan nasi.

5. Be sapi manise

5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Nusantara, Menggugah Selera!https://sajiansedap.grid.id

Salah satu kuliner khas Bali yang cukup diminati adalah olahan daging Be Sapi, selain olahan daging yang empuk ada rasa manis dan pedas khas Bali, yang membuat para wisatawan asing maupun lokal jatuh hati pada Be Sapi. Wisatawan bisa menemukan kuliner yang satu ini di restoran-restoran besar di Bali.

Nah, itu 5 aneka olahan sapi khas dari berbagai daerah. Kalau daerahmu apa?

Baca Juga: Resep Simpel Bulgogi, Olahan Daging Asal Korea yang Nikmat Abis!

Nazhifatun Nurul L Photo Community Writer Nazhifatun Nurul L

-just write to express anything- find me on Instagram : @nazhifatunnurul ;)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You