Comscore Tracker

6 Street Food Favorit di Phuket Thailand, Cocok dengan Lidah Indonesia

Masakannya cenderung bercita rasa asam dan pedas

Bisa dibilang, Phuket termasuk wilayah yang istimewa di Thailand. Di sini, kamu bisa menjumpai pantai berpasir putih dengan laut yang jernih, pasar malam yang berwarna-warni, seafood yang lezat serta patung Buddha berukuran raksasa. Menarik!

Berbicara soal makanan, tak usah meragukan Phuket. Sebab, street food di sini sangat menggugah selera! Intip rekomendasinya, yuk!

1. Kuey teow

6 Street Food Favorit di Phuket Thailand, Cocok dengan Lidah Indonesiainstagram.com/kebunserai_asma

Kamu pasti familiar dengan hidangan ini. Yep, kuey teow memang mirip dengan kwetiau yang kita kenal di Indonesia. Bedanya, di Phuket, kuey teow memiliki isian yang lebih bervariasi seperti daging babi, sapi, ayam dan udang, ujar laman Phuket 101.

Kalau kamu ingin mendapatkan daging babi, pilih kway teow moo. Sementara, jika ingin daging ayam, pilih kway teow gai, saran laman Trip 101. Ada pula kway teow tom yam yang dibumbui dengan cairan jeruk nipis, bubuk cabai, saus ikan, gula, kacang yang dihancurkan serta pasta cabai manis.

2. Som tam

6 Street Food Favorit di Phuket Thailand, Cocok dengan Lidah Indonesiainstagram.com/thai_harsinai

Ingin yang asam dan segar? Makan som tam aja, yuk! Hidangan ini terbuat dari parutan pepaya hijau yang belum matang. Som tam menggabungkan lima rasa utama, yaitu asin, manis dari gula aren, gurih dari saus ikan, asam dari jeruk nipis dan pedas dari cabai, tutur laman Trip 101.

Lalu, semua bahan utama ditumbuk memakai mortar dan dituangkan di atas pepaya yang diiris tipis-tipis. Terkadang, ada bahan tambahan seperti tomat, terung, kacang asparagus, dan kacang panjang. Ada pula yang menambahkan udang rebus supaya makin sedap!

3. Moo ping

6 Street Food Favorit di Phuket Thailand, Cocok dengan Lidah Indonesiainstagram.com/foodstories

Bisa dibilang, moo ping merupakan street food yang paling mudah dijumpai di Phuket. Ini bukan sembarang sate babi, sebab memiliki rasa aromatik yang sulit dilupakan. Rahasianya ialah bawang putih tumbuk, paprika dan akar ketumbar, ucap laman Trip 101.

Selain itu, sebelum dibakar, daging babi akan direndam dalam santan supaya lebih empuk. Moo ping paling cocok dimakan bersama ketan dan nam chin chaeo alias saus beras ketan. Rata-rata harganya adalah 4-10 baht (Rp1.800 sampai Rp4.600 per tusuk), ungkap laman Travel Vui.

Baca Juga: 5 Hal Seru di Kota Tua Phuket, Thailand yang Bikin Betah Jalan-jalan

4. Pad thai

6 Street Food Favorit di Phuket Thailand, Cocok dengan Lidah Indonesiainstagram.com/tocravings

Tidak sah bertandang ke Phuket tanpa makan pad thai. Bahan utamanya adalah mie beras pipih dan kering, lalu dipadukan dengan telur dan tahu yang dipotong dadu. Pad thai dibumbui dengan saus ikan, asam, bawang merah cincang, gula aren, cabai merah dan bawang putih, tutur laman Trip 101.

Lalu, pad thai disajikan dengan kacang panggang, udang, daun bawang dan diberi perasan jeruk nipis. Terkadang, ditambahkan daging ayam, cumi-cumi dan kepiting.

Salah satu restoran pad thai terbaik adalah The Pad Thai Shop yang beralamatkan di Karon, Mueang Phuket District, Phuket 83100.

5. Gai yang

6 Street Food Favorit di Phuket Thailand, Cocok dengan Lidah Indonesiainstagram.com/eat_gai

Kalau kesulitan mencari makanan halal, lebih baik makan gai yang saja. Ini adalah ayam bakar yang mudah ditemui di jalanan Phuket. Sebelum dibakar, daging ayam direndam dengan banyak rempah-rempah misalnya, bawang putih, kunyit, saus ikan, lada putih, dan ketumbar.

Setelahnya, gai yang akan dibakar. Umumnya, orang Thailand akan makan gai yang ditemani dengan nasi ketan panas dan salad pepaya hijau, terang laman Trip 101. Bisa juga dicelupkan dalam saus pedas agar kian nikmat. Duh, terbayang lezatnya!

6. Khao kha moo

6 Street Food Favorit di Phuket Thailand, Cocok dengan Lidah Indonesiainstagram.com/nongskhaomangai

Penggemar babi mungkin akan puas dengan masakan bernama khao kha moo ini. Sederhananya, ini merupakan kaki babi yang disajikan di atas nasi. Babi ini direbus dalam berbagai bumbu, lalu dipotong tipis-tipis, dan ditaruh di atas nasi. Sebagai pelengkap, khao kha moo disajikan dengan acar selada, daun ketumbar dan paprika segar.

Kadang-kadang, khao kha moo dimakan bersama sup kaldu bening atau saus celup yang terbuat dari cabai kuning, bawang putih, garam pasir, jeruk nipis dan cuka, ungkap laman Trip 101. Kamu bisa menemukan khao kha moo sebagai street food atau di restoran mewah.

Nah, itulah 6 rekomendasi kuliner di Phuket, Thailand. Duh, bikin pengin segera ke sana ya!

Baca Juga: 5 Salad Aneka Sayuran Nikmat Khas Thailand, Cocok Buat Menu Diet

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya