Comscore Tracker

5 Hidangan Penutup Khas Turki yang Harus Dicoba, Manis dan Menggoda

Dijamin mood langsung membaik kembali!

Turki adalah negara impian banyak orang untuk liburan. Selain memiliki keindahan alam dan bangunan yang mengagumkan, Turki juga dikenal berkat kulinernya yang luar biasa. Lokasinya yang strategis di antara Asia dan Eropa menciptakan perpaduan yang indah pada masakan Turki.

Selain makanan berat, dessert khas Turki tak kalah menggoda, lho. Jika suatu saat pergi ke sana, jangan lupa untuk mencicipinya!

1. Künefe

5 Hidangan Penutup Khas Turki yang Harus Dicoba, Manis dan Menggodainstagram.com/zeynepustaadana

Kamu pasti bertanya-tanya apa itu künefe. Ini adalah hidangan penutup dari wilayah Antakya, Turki. Dessert ini mempunyai dua lapisan, yakni lapisan crad kadayıf (abon pastry) serta lapisan keju leleh dengan sirup gula, ungkap laman Culture Trip.

Perpaduan manis dan gurih akan membuatmu terkesima. Terkadang, bagian atasnya bisa diberi parutan kacang pistachio. Künefe cocok disajikan dalam kondisi hangat, saat kejunya masih lumer. Yummy!

2. Revani

5 Hidangan Penutup Khas Turki yang Harus Dicoba, Manis dan Menggodainstagram.com/sevda_kitchen

Revani dikenal dengan nama lain basbousa di Mesir dan shamali dalam bahasa Armenia. Basic-nya adalah kue bolu semolina kuning lembut yang direndam dalam sirup. Konon, revani merupakan hidangan penutup klasik sejak zaman Ottoman, tutur laman The Spruce Eats.

Kuenya dibuat dari tepung, telur, semolina mentah, gula, minyak sayur, baking powder, soda kue, vanilla, yogurt, serta hazelnut yang ditumbuk halus. Sementara, sirupnya terbuat dari gula, perasan lemon, dan air. Ketika sudah matang, bagian atasnya ditaburi dengan serpihan kelapa dan kacang tanah.

Baca Juga: 7 Jenis Roti khas Turki yang Paling Disukai, Sudah Tahu Belum?

3. Tulumba tatlısı

5 Hidangan Penutup Khas Turki yang Harus Dicoba, Manis dan Menggodainstagram.com/tarifsaati

Sepintas, tulumba tatlısı terlihat seperti churros dalam potongan kecil. Dessert ini dibuat dengan menggoreng adonan tanpa ragi. Setelah matang dan masih dalam keadaan panas, tulumba tatlısı akan direndam dalam sirup, ujar laman Culture Trip.

Seperti yang bisa ditebak, hidangan penutup ini renyah dan kering di luar, tetapi lembut dan manis di dalam. FYI, bahan utama untuk membuat tulumba tatlısı adalah tepung, mentega, telur, garam, dan air.

4. Muhallebi

5 Hidangan Penutup Khas Turki yang Harus Dicoba, Manis dan Menggodainstagram.com/lifeofhazal

Suka puding? Maka, kamu perlu mencoba muhallebi, puding khas Turki. Konon, puding susu ini berasal dari Sassanid Persia, kekaisaran Iran di tahun 224-651 Masehi. Bahan dasar untuk membuat muhallebi ialah beras, tepung beras, susu, dan gula.

Agar semakin kaya rasa, bisa ditambahkan es krim atau kacang pistachio parut, jelas laman Culture Trip. Menariknya, muhallebi sering disajikan di pernikahan untuk melambangkan kehidupan manis di masa depan.

5. Tavuk Göğsü

5 Hidangan Penutup Khas Turki yang Harus Dicoba, Manis dan Menggodayemek.com

Percaya tidak kalau tavuk göğsü adalah puding susu yang dibuat dengan dada ayam suwir? Yang dipilih adalah daging dada ayam yang direbus, lalu disuwir menjadi serat yang sangat halus.

Lalu, daging ini dicampur dengan susu, gula, kayu manis, dan bahan untuk mengentalkan. Hasilnya, terbentuklah puding yang tebal! Biar makin lezat, bagian atasnya diberi kacang pistachio, bubuk kakao, atau serpihan kacang tanah.

Nah, itulah lima hidangan penutup khas Turki yang tidak boleh dilewatkan. Semoga kalian punya kesempatan untuk mencobanya!

Download aplikasi ide resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Resep Hidangan Rumput Laut Khas Korea Selatan, Gak Cuma Kimbap Lho

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya