Comscore Tracker

5 Makanan yang Sebaiknya Ditaruh di Kulkas agar Tahan Lama

Umur penyimpanannya jadi lebih panjang

Seperti yang kita ketahui, kulkas bisa memperpanjang umur simpan makanan. Kita bisa memasukkan sayuran, buah, ikan, daging, tahu, tempe, hingga saus dan bumbu. Berkat kulkas, kita tidak perlu berbelanja bahan makanan segar setiap hari.

Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang lebih baik dimasukkan kulkas agar awet dan tahan lama. Geser layarmu ke bawah untuk mengetahui jawabannya!

1. Jagung

5 Makanan yang Sebaiknya Ditaruh di Kulkas agar Tahan LamaUnsplash/Andre Ouellet

Membiarkan jagung di suhu ruangan terlalu lama bisa menghilangkan kesegaran dan rasa manisnya yang khas. Masukkan ke kulkas untuk umur simpan yang lebih panjang. Melansir dari GreenMatters, jagung segar memiliki umur simpan hingga tiga hari di dalam kulkas. Selebihnya, kesegaran dan cita rasanya akan terus menurun.

Bagaimana cara mengetahui jagung yang segar dan tidak? Periksalah, apakah jagung berubah menjadi gelap dan lembap? Jika iya, bagian tersebut harus dipotong, dibuang, dan tidak ikut dimasak.

2. Alpukat

5 Makanan yang Sebaiknya Ditaruh di Kulkas agar Tahan LamaUnsplash/Charles Deluvio

Alpukat adalah buah favorit sejuta umat. Jika alpukat sudah matang hari ini, namun kita tidak ingin memakannya hingga besok atau lusa, letakkan di lemari es saja, saran laman Eat by Date. Hal itu dilakukan untuk memperlambat proses pematangan dan memperpanjang umur buah dari 3-4 hari menjadi 7-10 hari. Lumayan, bisa lebih awet, kan?

Jika alpukat sudah diolah menjadi guacamole, maka hanya bisa bertahan selama 1-2 hari. Sedangkan jus alpukat segar memiliki umur simpan yang lebih pendek, yakni hanya beberapa jam.

3. Kacang-kacangan

5 Makanan yang Sebaiknya Ditaruh di Kulkas agar Tahan LamaUnsplash/Avinash Kumar

Siapa yang terbiasa menyimpan kacang-kacangan di toples kaca? Ternyata, agar kacang tetap segar dan renyah, harus disimpan di kulkas!

Mengutip dari Insider, menyimpan kacang-kacangan di suhu kamar bisa mendorong pertumbuhan serangga dan membuatnya jadi lebih cepat tengik atau melempem. Walau tidak berbahaya, tapi kurang sedap di lidah.

Menurut The Regents of University of California's Agricultural and Natural Resources, kacang yang disimpan di lemari es bisa bertahan selama satu tahun atau lebih! Fantastis, kan?

Baca Juga: Meme Beda Ekspresi Saat Santap Makanan Indonesia Vs Jepang 

4. Sirup cokelat

5 Makanan yang Sebaiknya Ditaruh di Kulkas agar Tahan LamaUnsplash/Pavel Subbotin

Sirup cokelat sering digunakan untuk mempermanis pancake, waffle, brownies, hingga toast. Untuk mencegah kontaminasi bakteri dan pertumbuhan jamur, selalu simpan sirup cokelat di kulkas.

Jika belum dibuka dan masih tersegel, sirup cokelat bisa bertahan 1-2 tahun dari tanggal produksi. Apabila sudah dibuka, hanya bertahan selama enam bulan jika ditutup rapat dan disimpan di lemari es.

Kebanyakan orang kesulitan melihat tanda-tanda kerusakan karena wadah sirup cokelat yang tidak transparan. Jika sirup cokelat sudah mengeras, mengental, dan berjamur, maka sudah tidak layak dan harus dibuang.

5. Buah kering

5 Makanan yang Sebaiknya Ditaruh di Kulkas agar Tahan LamaPexels/Breakingpic

Sejatinya, buah-buahan yang dikeringkan tidak perlu dimasukkan ke kulkas. Akibat proses pengeringan, mereka bisa tahan selama enam bulan hingga 1-2 tahun.

Namun, Eat By Date mengatakan bahwa umur simpan buah kering bisa di-extend jika diletakkan di lemari pendingin. Jelas, semakin lama bertahan, semakin menguntungkan bagi kita, kan?

FYI, buah-buahan yang biasanya dikeringkan adalah kismis, apricot, kurma, plum, cranberry, hingga nanas. Favoritmu yang mana nih? Nah, itulah makanan yang bisa bertahan lebih lama jika dimasukkan ke kulkas. Sediakan space kosong untuk mereka, ya!

Baca Juga: 5 Makanan Khas Bali yang Cocok untuk Vegetarian, Enak dan Menyehatkan!

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya