Comscore Tracker

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabaya

Ada rujak cingur yang legendaris banget!

Mampir ke Surabaya tak lengkap jika tak mencoba makanan tradisionalnya. Namun, beberapa makanan tradisional memiliki lokasi yang tersembunyi sehingga sering dijuluki sebagai hidden gems. Salah satu tempat yang memiliki banyak hidden gems adalah Jalan Achmad Jais, Surabaya.

Sebetulnya, daerah ini masih termasuk dalam wilayah Surabaya Pusat. Namun, belum banyak orang yang mengetahui kuliner legendaris di jalan ini. Kamu adalah orang yang beruntung bisa mengetahuinya. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Coto Makassar Daeng Kulle

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/horizonhoman

Jika kamu orang Makassar dan rindu masakan khas daerahmu, bisa langsung berkunjung ke coto makassar Daeng Kulle. Lokasinya ada di Jalan Achmad Jais No. 4 Surabaya.

Sesuai dengan namanya, masakan favorit di sini, yaitu coto makassar. Kuahnya kental dan dipadu dengan rasa kacang tanah yang gurih. Di dalamnya, ada potongan daging, babat, paru, dan otak yang melimpah. Wajib dimakan bersamaan dengan buras, ya!

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/harbeth779

Kalau lidahmu belum familier dengan masakan khas Makassar, kamu bisa mencoba nasi campur. Seporsi nasi campur terdiri dari telur bali, daging rawon dan kuahnya, daging krengsengan, mi, serundeng, acar timun, serta sambal. It's delicious and satisfying!

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/caroline5611

Jangan lupa, segarkan dahaga dengan seporsi es pisang ijo yang menyegarkan. Harganya terjangkau, yakni Rp12 ribu saja. Jangan lupa mencoba jalangkote, semacam pastel goreng khas Makassar. Coto makassar Daeng Kulle buka setiap Selasa hingga Minggu pada pukul 09.30-17.00.

2. Depot Soto Banjar Achmad Jais

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/mimo90s

Selanjutnya, kamu bisa bergeser ke depot soto Banjar Achmad Jais. Lokasinya berada pas di sebelah coto makassar Daeng Kulle. Alamatnya berada di Jalan Achmad Jais No. 6 Surabaya. Soto Banjar ini memiliki kuah yang light, bening, dan segar. Suwiran daging ayam, irisan telur rebus, dan taburan bawang gorengnya cukup melimpah.

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/meefangtee

Jangan melewatkan nasi kuning dan ikan patin bakarnya. Sebab, ini adalah menu favorit pengunjung, selain soto Banjar. Nasinya pulen dan terasa gurih khas santan. Sementara, bumbu ikan patin bakarnya sangat meresap. Kamu juga harus mencoba sate Banjar yang memiliki potongan cukup besar dan bumbu yang istimewa.

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/yongyen88

Tidak sah rasanya jika kamu tidak mencoba lontong sayur. Kuahnya yang gurih dengan sayur labu siam merupakan favorit banyak pelanggan. Satu orang yang ingin makan di sini cukup mengeluarkan uang Rp50 ribu untuk seporsi makanan dan minuman. Depot soto Banjar Achmad Jais buka setiap hari pada pukul 06.30-21.00. Tertarik untuk mampir?

Baca Juga: 14 Potret Surga Kuliner Surabaya di Harris Gubeng, Menggiurkan Banget

3. Rujak Cingur Achmad Jais

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/kentaschecter

Mungkin, rujak cingur Achmad Jais merupakan kuliner paling mahal di Surabaya. Tak tanggung-tanggung, seporsi rujak cingur dibanderol dengan harga Rp75 ribu per porsi! Konon, yang membuat beda dari rujak cingur lain, yaitu bumbu petisnya yang kental, pekat, dan melimpah. Selain itu, isian rujaknya juga banyak, lho!

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/cureniawan

Seporsi rujak terdiri dari tahu goreng, mentimun, kecambah, kangkung rebus, mi, nanas, bengkuang, mangga, tempe, dan cingur alias hidung sapi. Bahan-bahannya selalu segar, sementara cingurnya fresh, kenyal, tidak keras, tidak amis, dan tidak berbau. Tak heran jika tetap laris manis, walau dibanderol dengan harga yang mahal, ya?

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/danny7dante

Tertarik untuk mencicipi rujak cingur ini? Datanglah ke Jalan Achmad Jais No. 40 Surabaya pada pukul 12.00-17.00. Namun, tempat ini tutup setiap Jumat, ya! Oh, ya, siapkan waktu lebih karena pasti kamu akan mengantre. Demi seporsi rujak cingur legendaris, apa pun akan dilakukan, deh!

4. Lontong Mi Peneleh

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/astie.alfiani

Bergeser sedikit ke Jalan Peneleh, ada lontong mi yang bisa kamu coba, yaitu lontong mi Peneleh. Alamatnya di Jalan Peneleh No. 76 Surabaya. Lontong mi ini ada secara turun-temurun dan cita rasanya tak berubah seiring bergantinya tahun. Pelanggan setia selalu berdatangan sehingga kamu perlu siap-siap antre! 

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/eatwithnicks

Apa saja yang ada di dalam lontong mi ini? Isinya, antara lain lontong, irisan tahu, kecambah segar, mi, dan udang goreng kering kecil. Atasnya ditaburi bawang goreng dan daun seledri. Harganya sangat murah. Seporsi lontong mi ini dibanderol dengan harga Rp10 ribu saja. Wow!

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/iseefood.ieatit

Menu lainnya yang bisa dicoba, yaitu nasi bakmoy ayam, nasi campur, lontong cap gomeh, bakso, dan ayam goreng. Semuanya dibanderol dengan harga Rp15 ribu saja! Untuk minuman, tersedia es kacang hijau, es sirup, hingga es jus sirsak. Lontong mi Peneleh buka setiap hari mulai pukul 06.30-17.00. Do you wanna try?

5. Kue Bikang Peneleh

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/herminanovida

Kamu ingin sesuatu yang manis untuk dimakan? Atau ingin memberi oleh-oleh pada keluarga, sanak saudara, atau teman-temanmu? Jajanan pasar dari Toko Kue Bikang Peneleh adalah jawabannya!

Lokasinya berada di Jalan Peneleh No. 32-34 Surabaya. Seperti namanya, menu favoritnya, yaitu bikang, kue yang terbuat dari adonan tepung beras, santan, gula, dan vanili.

Wajib Cicipi! 5 Rekomendasi Kuliner di Jalan Achmad Jais, Surabayainstagram.com/bikangpeneleh_bali

Eits...Tidak hanya bikang, ada pula jajanan pasar yang lain, seperti ote-ote, pastel, risoles, kue lumpur, nagasari, tahu isi, dan kroket. Harganya mungkin sedikit lebih mahal dari jajanan pasar yang biasa kita beli, but it's totally worth it! Toko kue Bikang Peneleh buka setiap hari Senin-Sabtu pada pukul 07.00-18.00.

Nah, itulah lima rekomendasi kuliner di Jalan Achmad Jais dan sekitarnya. Setelah menengok daftarnya, mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: Keren, 600 Rekomendasi Kuliner Surabaya Bisa Kamu Temukan di Buku Ini!

Nena Zakiah Photo Community Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Just For You