Comscore Tracker

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandoori

Tak hanya nasi, orang India juga suka makan roti

Sama seperti masyarakat Timur Tengah, orang India juga suka mengonsumsi roti. Bahkan, sepintas roti ini mirip satu sama lain. Roti ini bisa dimakan dengan kari, yogurt, atau ayam tandoori.

India punya lebih dari 30 jenis roti, tapi ada 10 roti yang paling banyak dikonsumsi. Daripada penasaran, geser layarmu ke bawah, yuk!

1. Chapati

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandooritasteofhome.com

Pertama, ada chapati, roti pipih yang bisa dimakan dengan hampir semua hidangan India. Menurut laman Taste of Home, bahan untuk membuat chapati adalah tepung serbaguna, tepung gandum utuh, garam, bawang putih, air panas, dan minyak zaitun.

Lalu, roti yang tidak memakai ragi ini dimasak di atas wajan datar. Agar chapati lunak, kamu harus menguleni adonan dengan durasi agak lama. Kamu juga bisa menambahkan susu, yogurt, dan gee (mentega khas India) ke dalam adonan, saran laman Tiranga Authentic Indian Cuisine.

2. Dosa

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandoorisukhis.com

Selanjutnya, ada dosa, sejenis pancake yang renyah dan tipis, mirip crepe. Roti yang berasal dari India Selatan ini umum dimakan untuk sarapan atau sebagai camilan. Setidaknya, ada lima jenis dosa, yakni masala dosa, neer dosa, rava dosa, benne dosa, dan cheese dosa.

Menurut laman Sukhi's Irresistible Indian Cuisine, dosa terbuat dari beras, gram hitam atau vigna mungo (sejenis kacang) dan ditumbuk dengan garam. Yang paling terkenal adalah masala dosa, yang diolesi dengan tomat dan kelapa merah gurih, lalu diisi dengan kentang dan paneer.

3. Parotta

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandooriwhiskaffair.com

Tampilan parotta mirip sekali dengan roti maryam atau roti canai, ya? Roti pipih yang berlapis-lapis ini berasal dari Kerala, Tamil Nadu, dan Sri Lanka. Secara tradisional, parotta disajikan dengan dal (kari lentil) sebagai sarapan atau makan siang, tutur laman Michelin Guide.

Tapi, versi modern parotta bisa dimakan dengan bawang, sarden, dan irisan keju. Bahkan, dimakan dengan sesuatu yang manis seperti susu kental manis, pisang, dan Nutella. FYI, parotta terbuat dari tepung serbaguna, telur, gula, garam, minyak, susu, dan baking powder, ujar laman Whisk Affair.

4. Naan

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandooritheidearoom.net

Walau mungkin belum pernah mencicipinya, kamu pasti pernah mendengar nama roti ini. Roti naan dibuat secara tradisional di tandoor, tapi bisa memakai oven. Rasanya lezat bila dipadukan dengan ayam tandoori, kari ayam, kebab, dan sayuran, jelas laman Tiranga Authentic Indian Cuisine.

Menurut laman The Idea Room, naan terbuat dari tepung terigu serbaguna, ragi, susu, garam, gula pasir, bawang putih cincang, dan air hangat. Lalu, naan akan dipanggang di oven tandoor dengan suhu 900°F (482°C). Akan semakin lezat jika ditaburi biji wijen dan diolesi mentega.

5. Poori

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandooriarchanaskitchen.com

Selanjutnya ada poori, roti goreng berlemak yang terbuat dari tepung gandum tanpa ragi. Biasanya, poori dimakan untuk sarapan atau camilan. Tampilan poori terlihat mirip dengan crispy puff, ya?

Kamu bisa mengonsumsinya bersama kari gurih atau bhaji (snack pedas India), tetapi bisa pula dimakan dengan sesuatu yang manis. Sementara, laman Tiranga Authentic Indian Cuisine menyarankan untuk memakan poori dengan chana masala (kari buncis tebal) atau korma (daging dan sayuran yang direbus).

Baca Juga: 7 Jenis Roti khas Turki yang Paling Disukai, Sudah Tahu Belum?

6. Bhakri

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandooriarchanaskitchen.com

Menurut laman Michelin Guide, ada dua jenis bhakri, yaitu dimasak seperti panekuk di atas wajan panas dan disajikan dengan ghee (mentega India). Roti bundar ini umum dikonsumsi di negara bagian Maharashtra, Gujarat, Karnataka, dan Goa.

Bhakri dibuat dari berbagai macam biji-bijian yang dijadikan tepung, seperti jowar, bajra, dan nachni. Lalu, tepung ini dicampur dengan sedikit garam, diaduk menjadi adonan kaku dengan air panas. Adonan dibentuk menjadi bola-bola kecil, diratakan dan dilebarkan, lalu dipanggang di atas wajan.

7. Idli

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandoorithestatesman.com

Sepintas, tampilan idli berbeda dengan roti khas India yang lain. Idli adalah kue beras gurih yang berasal dari India Selatan dan umum dikonsumsi untuk sarapan. Kue ini dibuat dengan mengukus adonan dari lentil hitam fermentasi dan nasi.

Menurut laman Tiranga Authentic Indian Cuisine, idli cocok disajikan dengan sambar (sup sayuran) dan chutney (bumbu pedas-gurih dari India). Idli aman dikonsumsi oleh semua kalangan, bahkan anak-anak, lansia, atau orang yang sedang diet.

8. Pav

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandooriparenting.firstcry.com

Bentuk pav mirip dengan roti sobek, ya? Pav umum dikonsumsi sebagai sarapan dan makan siang di India. Roti ini paling nikmat dimakan dengan mentega, lalu diisi rebusan sayuran pedas, jelas laman Tiranga Authentic Indian Cuisine.

Menurut sejarah, pav adalah roti yang diperkenalkan oleh orang Portugis. Pav bisa dibuat dari tepung terigu dan tepung gandum utuh dengan perbandingan 50:50. Tentu, roti ini memerlukan ragi, kamu bisa memberi ragi segar atau kering. Teksturnya padat dan sedikit kenyal, ujar laman Veg Recipes of India.

9. Appam

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandooriparenting.firstcry.com

Tampilan appam sepintas mirip dengan serabi yang dibentuk tipis, ya? Appam berasal dari India Selatan dan cocok dikonsumsi untuk sarapan atau makan malam. Orang India suka memakan appam dengan semur dan kari, ujar laman Tiranga Authentic Indian Cuisine.

Appam terbuat dari tepung beras, santan, dan ragi. Seperti yang bisa ditebak, rasanya ringan dan renyah di pinggir, sementara bagian tengahnya lembut seperti spons. Akan lebih nikmat jika appam dimakan bersama santan kelapa yang manis dan gurih.

10. Vada

10 Roti Khas India, Nikmat Disantap dengan Kari dan Ayam Tandoorithekitchenstories.com

Vada adalah donat gurih yang renyah di luar dan lembut di dalam. Adonan vada terbuat dari urad daal (lentil hitam), lalu dibumbui dengan rempah-rempah seperti jintan, jahe, cabai hijau dan cabai merah, ungkap laman Tiranga Authentic Indian Cuisine.

Sama seperti donat pada umumnya, vada harus digoreng dengan metode deep frying dalam minyak panas, jelas laman The Kitchen Stories. Kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi vada? Orang India suka makan vada untuk sarapan, lalu disajikan dengan sambar dan chutney.

Nah, itulah 10 jenis roti khas India yang paling terkenal dan banyak dikonsumsi. Duh, terlihat lezat semua, ya?

Download aplikasi ide resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Roti Pita, Cocok untuk Menu Santai di Rumah

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya