Comscore Tracker

Mi Tebal yang Bikin Kenyang! Ini 5 Udon Terbaik di Tokyo, Jepang

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan udon?

Selain ramen, Jepang juga punya masakan berbahan mi lain, yaitu udon. Udon adalah mi dari tepung terigu yang disajikan dengan kakejiru, yakni kaldu ringan dari dashi, kecap, dan mirin. Biasanya, udon diberi topping berupa tempura, udang, kue ikan (fishcake), telur rebus, dan lainnya.

Dari sekian banyak kedai yang menyediakan udon di Tokyo, inilah lima yang terbaik. Jangan lupa kunjungi, ya!

1. Udon Maruka

Mi Tebal yang Bikin Kenyang! Ini 5 Udon Terbaik di Tokyo, Jepanginstagram.com/tokyo_foodguide

Jika kamu suka udon yang kenyal dan licin, cobalah Udon Maruka. Kedai udon ini punya peringkat Michelin Bib Gourmand sehingga kamu tak perlu meragukan rasanya. Di sini, kamu bisa memilih udon versi panas atau dingin.

Laman I Am a Food Blog merekomendasikan kake udon, yakni udon yang dimasak dalam dashi beraroma lezat. Pilihlah niku udon jika kamu menyukai udon berkuah panas dengan daging sapi.

Jika ingin yang lebih menantang, cobalah kamatama, udon panas dengan telur mentah, bawang merah, dan kedelai. Kamu juga bisa menambahkan topping lain, seperti tempura (chikuwa), tempura ayam (kashiwa-ten), udang (ebi), dan lainnya.

Udon Maruka terletak di 3 Chome-16-1 Kanda Ogawamachi, Chiyoda-ku, Tokyo atau sekitar 4 menit berjalan kaki dari Stasiun Jinbocho. Udon Maruka buka setiap Senin-Jumat pada pukul 11.00-19.30 dan Sabtu pada pukul 11.00-14.30 waktu setempat.

2. Kagawa Ichifuku

Mi Tebal yang Bikin Kenyang! Ini 5 Udon Terbaik di Tokyo, Jepanginstagram.com/hisatake0206

Apa yang istimewa dari Kagawa Ichifuku? Tentu saja kari udon yang tak boleh dilewatkan! Kedai ini tersertifikasi "Bib Gulman" oleh Michelin Guide pada 2017. Semangkuk udon di sini harganya ¥430 atau sekitar Rp59 ribu.

Kokinya dilatih khusus di Kagawa dan memiliki keterampilan dalam membuat sanuki udon. Kamu bisa menambahkan telur mentah seharga ¥110 (Rp15 ribu) atau mentai chikuwa seharga ¥250 (Rp34 ribu). Jangan lupa coba udon dengan kuah dashi dan kecap!

Untuk makan di Kagawa Ichifuku, kamu harus membeli tiket dulu. Bersiaplah mengantre, terutama jika kamu datang saat jam makan siang!

Kagawa Ichifuku terletak di 1 Chome-18-11 Uchikanda Chiyoda-ku, Tokyo atau 4 menit berjalan kaki dari Stasiun Kanda. Kedai ini buka dari Senin-Sabtu pada pukul 11.00-20.00 waktu setempat. Jangan sampai kehabisan!

Baca Juga: Hadirkan Kuliner Jepang, Hotel Ini Tawarkan Rasa yang Tak Biasa

3. Udon Shin

Mi Tebal yang Bikin Kenyang! Ini 5 Udon Terbaik di Tokyo, Jepanginstagram.com/jjoo___sun

Beranjak ke Udon Shin, kedai ini terletak di daerah yang tenang di Shinjuku. Walau kedainya kecil dengan 12 tempat duduk saja, pelanggan rela antre demi mendapatkan semangkuk udon lezat. Jangan lupa tambahkan topping tempura udang!

Salah satu menu yang direkomendasikan adalah udon carbonara. Sambil menunggu udon, kamu bisa melihat proses pembuatannya dari jendela. Udon buatannya terkenal kenyal, lembut, dan disajikan dalam porsi yang mengenyangkan.

Apabila tertarik, datanglah ke 2 Chome-20-16 Yoyogi, Shibuya-ku, Tokyo atau sekitar 7 menit berjalan kaki dari Stasiun Shinjuku. Khusus Jumat dan Sabtu, Udon Shin buka pada pukul 11.00-24.00 dan buka pukul 11.00-23.00 pada hari lain.

4. Kamaage Udon Hatsutomi

Mi Tebal yang Bikin Kenyang! Ini 5 Udon Terbaik di Tokyo, Jepanginstagram.com/yyagishi

Menu andalan di sini adalah kamaage udon, yakni mi udon tebal dan kenyal yang disajikan dalam mangkuk dengan air rebusan panas. Udon dari Kamaage Udon Hatsutomi lebih tipis dan teksturnya halus jika diseruput.

Udon ini disajikan dengan telur mentah, mentega leleh, saus mentai, daun bawang, dan rumput laut. Daya tarik restoran ini adalah kita bisa melihat proses pembuatan udon dari jendela. Seru, kan?

Berminat untuk mencoba? Mampirlah ke 1 Chome-48-5 Sekiguchi, Bunkyo-ku, Tokyo, yang lokasinya 3 menit berjalan kaki dari Stasiun Edogawabashi. Kamaage Udon Hatsutomi buka tiap Senin-Sabtu pada pukul 11.30-14.30 dan 17.00-23.00 waktu setempat.

5. Ginza Sato Yosuke

Mi Tebal yang Bikin Kenyang! Ini 5 Udon Terbaik di Tokyo, Jepanginstagram.com/butter_pilaf

The last one, kamu bisa menjajal Ginza Sato Yosuke. Di sini menawarkan inaniwa udon, sejenis udon dari Prefektur Akita. Udon kering yang diregangkan dengan tangan ini sedikit lebih tipis dari udon biasa, namun lebih tebal dari mi somen atau hiyamugi.

Udon buatan Ginza Sato Yosuke sangat lembut, kenyal, dan lezat. Kamu juga bisa mencoba omelette dengan dashi atau tambahkan topping tempura udang jika kamu suka.

Mulai kelaparan? Kunjungi lokasinya di 6 Chome-4-17 Ginza, Chūō-ku, Tokyo, yang jaraknya 3 menit dari Stasiun Ginza. Ginza Sato Yosuke buka pada Senin-Jumat pukul 11.30-17.00 dan 17.00-02.00 (keesokan harinya). Sementara, weekend buka pukul 11.30-22.00 waktu setempat.

Nah, itulah lima restoran atau kedai udon terbaik di Tokyo, Jepang. Cobalah jika kamu berlibur ke sana, ya!

Baca Juga: 8 Makanan Indonesia yang Mirip Kuliner Jepang, yang Mana Favoritmu?

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya