Comscore Tracker

8 Ragam Sate Khas Jawa Tengah yang Dijamin Menggugah Selera 

#ANGPOIN Ada sate kesukaan Presiden Jokowi

Selain enak dan populer, sate di Indonesia memiliki banyak ragam dengan ciri khasnya masing-masing, loh. Dari Sabang sampai Merauke terdapat puluhan bahkan ratusan ragam sate yang memiliki kekhasan tersendiri. Tidak terkecuali di Provinsi Jawa Tengah yang juga memiliki beragam kuliner sate dengan keunikan yang berbeda satu dengan lainnya.

Simak delapan ragam sate di Jawa Tengah ini yang dapat menambah pengalaman icip-icip sate kalian khususnya buat penggemar sate.

1. Sate Balibul – Tegal

8 Ragam Sate Khas Jawa Tengah yang Dijamin Menggugah Selera www.ditegal.com

Dinamakan Balibul karena sate ini menggunakan daging kambing muda yang baru berusia lima bulan sebagai ciri khasnya, yang kerap disebut dengan balibul alias baru lima bulan. Sate dengan potongan daging kambing muda yang bertekstur empuk ini memiliki ukuran potongan daging yang cukup besar dan saat dibakar tidak diberi bumbu sehingga warna yang dihasilkan dari sate ini cenderung pucat. Sate ini disajikan dengan sambal kecap yang telah dicampur dengan irisan bawang merah, tomat dan cabai rawit, sebagai pelengkapnya sate Balibul dapat dinikmati dengan gulai kambing bersantan, mantap!

2. Sate Loso – Pemalang

8 Ragam Sate Khas Jawa Tengah yang Dijamin Menggugah Selera inibaru.id

Sebutan Loso untuk sate khas Pemalang ini bermula dari Pak Loso yang memprakarsai sate khas Kota Ikhlas ini. Kemudian resepnya turun-temurun di kalangan masyarakat Pemalang sehingga banyak yang meniru membuat sate dengan bahan dasar daging kerbau ini hingga menjadi sate yang ikonik dari Pemalang. Daging kerbau atau yang sekarang banyak juga diganti dengan daging sapi yang telah dipotong dan ditusuk-tusuk menjadi sate ini dibacem dengan bumbu sebelum dibakar. Sate dengan bumbu kacang ini biasanya disajikan dengan sup tulang muda dan tauge.

3. Sate Bumbon – Kendal

8 Ragam Sate Khas Jawa Tengah yang Dijamin Menggugah Selera travelingyuk.com

Berbahan dasar daging sapi, sekilas sate ini terlihat mirip dengan sate berbumbu kacang pada umumnya ya. Perbedaan sate bumbon dengan sate lainnya adalah adanya penggunaan berbagai rempah seperti jahe, kemiri, hingga kapulaga yang digunakan sebagai bumbu pengganti ketika sate dibakar. Sebagai pemanis pengganti kecap digunakan pula gula jawa sebagai campuran ke dalam bumbunya. Dengan penggunaan rempah-rempah tersebut bisa terbayang gurih dan lezatnya sate ini.

4. Sate Serepeh – Rembang

8 Ragam Sate Khas Jawa Tengah yang Dijamin Menggugah Selera jatenglive.com

Sate Serepeh biasanya menggunakan daging ayam, berbeda dari sate Madura yang berbumbu kacang, sate ini menggunakan bumbu bersantan kental yang ditambah dengan gula jawa yang dihaluskan sehingga menghasilkan warna kemerah-merahan. Bumbu bersantan gula jawa inilah yang menjadi ciri khas sate serepeh yang gurih nan menggugah selera. Sate Serepeh makin nikmat bila dinikmati dengan nasi tahu.

Baca Juga: Resep Sate Usus Ayam Bumbu Kuning, Lezat dan Menggugah Selera Banget

5. Sate Buntel – Solo

8 Ragam Sate Khas Jawa Tengah yang Dijamin Menggugah Selera akurat.co

Sesuai dengan namanya, sate buntel merupakan sate berbahan dasar daging kambing yang dibungkus atau dalam Bahasa Jawa dibuntel dengan lemak kambing. Karena kelezatannya, kuliner khas Solo ini digemari oleh Presiden ke-7 Indonesia, Bapak Joko Widodo yang juga berasal dari Solo, loh.

6. Sate Kere – Solo

8 Ragam Sate Khas Jawa Tengah yang Dijamin Menggugah Selera travelingyuk.com

Disebut sate kere karena bermula pada zaman dahulu di mana tidak semua kalangan masyarakat dapat menikmati sate daging yang dikenal cukup mahal. Untuk menyiasatinya, terciptalah sate dengan bahan dasar tempe gambus sebagai pengganti daging. Sate kere biasanya disajikan dengan bumbu kacang. Kuliner ini viral karena menjadi menu sajian yang tak biasa saat dihidangkan untuk acara pernikahan Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi.

7. Sate Ambal – Kebumen

8 Ragam Sate Khas Jawa Tengah yang Dijamin Menggugah Selera chipsang-kebumen.com

Keunikan dari sate ambal ini terdapat pada bumbu tempe yang digunakan. Untuk membuat bumbu tempe ini, tempe harus ditumbuk dengan berbagai rempah sampai halus, tidak lupa ditambahkan cabai dan bawang goreng pada penyajiannya. Manis dan gurih yang dihasilkan dari daging ayam dan campuran rempah pada sate ambal ini dinilai mirip dengan cita rasa dendeng.

Penasaran ingin mencicipi sate satu ini? Mampir saja ke kawasan pesisir selatan Kabupaten Kebumen, tepatnya di Kecamatan Ambal yang menjadi dilalui jalan lintas Yogyakarta-Cilacap.

8. Sate Tambak – Banyumas

8 Ragam Sate Khas Jawa Tengah yang Dijamin Menggugah Selera purwokertokita.com

Jika kalian melewati jalur utama yang menghubungkan Purwokerto-Yogyakarta, dan menjumpai warung sate daging bebek yang banyak berjajar di pinggir-pinggir jalan menandakan kalian telah memasuki wilayah Kecamatan Tambak. Tambak yang merupakan daerah paling timur Kabupaten Banyumas yang berbatasan dengan Kabupaten Kebumen ini memang dikenal dengan sate bebeknya yang menggugah selera.

Gurihnya sate bebek tambak ini dapat dinikmati dengan dua macam bumbu, yakni bumbu kecap dengan irisan cabe rawit atau bumbu kacang yang kental, pilih saja bumbu sesuai selera.

Nah, itu dia delapan ragam kuliner sate yang terdapat di daerah Jawa Tengah. Jadi buat kalian food lovers dan ngakunya penggila sate wajib untuk mencicipinya.

Baca Juga: Resep Sate Jamur, Simpel Tapi Lezat dan Bergizi Tinggi

Niken Kusumaningtyas Photo Community Writer Niken Kusumaningtyas

Share everything from my introvert zone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You