Comscore Tracker

5 Makanan Korea yang Mudah Dimasak dengan Panci Presto 

Sama lezatnya dengan yang dimasak secara tradisional

Di Korea Selatan ada banyak masakan yang dimasak dengan mudah menggunakan panci presto. Biasanya, panci presti disebut dengan instant pot dan pressure cooker. Tentu saja, waktu memasaknya singkat dan kamu tidak perlu mengaduk secara berkala.

Kalau ingin memasak makanan Korea dengan mudah, cobalah menggunakan panci presto. Kamu bisa memasak lima makanan Korea berikut ini dengan panci presto, lho. Ide masak hari ini, nih!

1. Galbitang

5 Makanan Korea yang Mudah Dimasak dengan Panci Presto ilustrasi galbitang (pixabay.com/stafichukanatoly)

Galbitang atau sup iga sapi adalah sup bening yang dibuat dengan merebus iga sapi bersamaan bersama sayuran aromatik. Hidangan ini sangat lezat disajikan hangat dan sangat bergizi.

Untuk membuatnya, kamu harus terlebih dahulu merendam iga dalam air dingin untuk mengeluarkan darahnya. Kemudian, rebus dalam air mendidih untuk menghilangkan sisa darah dan kotoran. Bilas sampai bersih sebelum benar-benar membuat sup.

Terakhir, rebus iga bersama lobak, bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga empuk. Bumbui dengan kecap ikan, kecap asin, dan sedikit garam untuk hasil yang autentik.

2. Baeksuk

5 Makanan Korea yang Mudah Dimasak dengan Panci Presto ilustrasi baeksuk (pixabay.com/cegoh)

Dengan panci presto, kamu tidak perlu susah-susah membuat ayam jadi empuk. Bagi pencinta daging ayam, kamu pasti menyukai hidangan Korea Selatan satu ini.

Baeksuk adalah sup ayam ala Korea yang dimasak dalam panci bertekanan tinggi. Kamu juga dapat memasukkan nasi ke dalam baeksuk, tekstur nasi akan halus seperti bubur. Hidangan ini disebut dengan nurungji baeksuk.

3. Dakbokkemtang

5 Makanan Korea yang Mudah Dimasak dengan Panci Presto ilustrasi dakbokkemtang (pixabay.com/sharonang)

Dengan menggunakan panci presto, kamu bisa memasak makanan Korea ini dalam waktu singkat. Dakbokkemtang dibuat dari potongan ayam bertulang, sehingga sausnya dapat meresap dengan baik. Rasanya pedas, gurih, dan sedikit manis.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu memasukkan seperempat panci air kaldu beserta bahan-bahan. Bahan lainnya seperti ayam dan potongan kentang, bawang bombay, wortel, dan daun bawang.

Baca Juga: 5 Fakta Gungjung Tteokbokki, Makanan Bangsawan Korea Zaman Dulu

4. Kkorijim 

5 Makanan Korea yang Mudah Dimasak dengan Panci Presto ilustrasi kkorijjim (pexels.com/makafood)

Kkorijjim atau ggorijjim merupakan buntut sapi yang direbus. Dengan panci presto, potongan buntut yang keras akan lembut dalam waktu lebih singkat daripada metode tradisional.

Hidangan ini menyajikan buntut sapi dan sayuran, seperti bawang bombay, wortel, dan jamur shiitake. Kkorijjim dibumbui kecap asin, jus apel, bawang putih cincang, parutan pir, parutan jahe, gula, madu, ekstrak prem, dan merica.

5. Galbijjim

5 Makanan Korea yang Mudah Dimasak dengan Panci Presto ilustrasi galbijjim (pixabay.com/Jung Hyeyoung)

Kamu bisa membuat galbijjim atau iga sapi korea menggunakan panci presto. Rasanya dijamin sama enaknya dengan cara tradisional. Tekstur iganya dijamin lembut, juicy, dan harum.

Pastikan iga direndam dalam air terlebih dahulu untuk menghilangkan darah dan lemak. Bilas hingga bersih, lalu rebus bersama bahan dan bumbu aromatik, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan parutan buah pir. Bumbui dengan kecap, gula, madu, dan minyak wijen.

Kelima hidangan Korea di atas dapat dengan mudah dibuat menggunakan panci presto atau pressure cooker. Cara membuatnya akan lebih mudah dan sama lezatnya dengan cara tradisional. Jadi, makanan Korea mana yang akan kamu buat duluan?

Baca Juga: 5 Makanan ala Korea Selatan dari Bayam, Biar Semangat Konsumsi Sayur

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya