Comscore Tracker

5 Makanan Thailand dengan Anggur, Rasanya Unik dan Lezat

Anggur sering dimasukkan dalam hidangan gurih, lho!

Anggur umumnya diolah menjadi hidangan manis sebagai makanan penutup setelah menyantap makanan. Rasanya yang segar tentu sangat cocok dipadukan dengan komponen manis lainnya.

Namun, ternyata anggur sering digunakan sebagai bahan makanan yang biasa ditambahkan pada hidangan gurih di Thailand, lho. Hal ini tentu bisa dijadikan ide masakan hari ini. Yuk, simak deretan makanan Thailand dengan tambahan buah anggur berikut ini.

1. Salad anggur udang mete

5 Makanan Thailand dengan Anggur, Rasanya Unik dan Lezatilustrasi salad anggur udang mete (pexels.com/Krisztina Papp)

Makanan khas Thailand sering disajikan dengan rasa asam yang segar. Rasa asam dalam hidangan tersebut ada yang mengandalkan buah anggur.

Dalam hidangan ini, anggur yang digunakan bisa berupa anggur merah dan anggur hijau. Selain itu, kacang mete panggang juga ditambahkan untuk menghadirkan rasa asin yang seimbang dan sempurna. Bisa juga menggunakan kacang jenis lain sebagai alternatif.

2. Salad daging sapi panggang

5 Makanan Thailand dengan Anggur, Rasanya Unik dan Lezatilustrasi salad daging sapi panggang (pexels.com/Ronmar Lacamiento)

Makanan ini menyajikan salad yang penuh dengan irisan daging sapi. Daging sapi harus dipanggang terlebih dahulu hingga tingkat kematangan medium rare. Sausnya dibuat dengan cara menghaluskan cabai, bawang putih, jahe, daun mint, dan ketumbar.

Setelah itu, hidangan ini juga ditambah dengan kecap ikan, air jeruk nipis, dan gula pasir hingga semua tercampur rata. Penambahan anggur dilakukan untuk menambahkan rasa asam yang segar sekaligus menambah tekstur.

3. Kari merah anggur

5 Makanan Thailand dengan Anggur, Rasanya Unik dan Lezatilustrasi kari merah anggur (livelovenourish.com.au)

Thailand terkenal dengan karinya yang berempah dan creamy. Namun, ternyata hidangan kari tersebut cocok juga disajikan dengan anggur, lho.

Penambahan anggur merah yang tercampur dalam kuah akan menambah semburan rasa manis alami, sehingga menciptakan rasa yang lebih spesial. Hidangan seperti ini bukan termasuk hidangan yang aneh di Thailand.

Baca Juga: 5 Kreasi Masakan Thailand dengan Alpukat, Enak Parah! 

4. Kari bebek panggang 

5 Makanan Thailand dengan Anggur, Rasanya Unik dan Lezatilustrasi kari anggur merah (sasthaicafe.com)

Hidangan khas Thailand satu ini menyajikan kari dengan isian daging bebek yang kenyal dan juicy. Penambahan anggur dalam hidangan ini juga sangat cocok dengan kuah karinya.

Selain buah anggur, nanas juga sering dimasukkan sebagai tambahan isian. Penambahan buah-buahan ini juga membuat aroma masakan menjadi lebih harum.

5. Mi kari dengan paneer dan anggur merah

5 Makanan Thailand dengan Anggur, Rasanya Unik dan Lezatilustrasi mi kari anggur merah (unsplash.com/Taylor Kiser)

Paneer merupakan jenis keju yang dapat disajikan dalam potongan dadu pada hidangan ini. Keju paneer dihidangkan dengan mi kuah kari merah khas Thailand beserta potongan anggur sebagai isian.

Perpaduan keju paneer dan anggur dalam hidangan mi kari khas Thailand ini dijamin dapat meningkatkan selera makanmu. Rasanya gurih, creamy, dan asam dalam satu suapan.

Sederet hidangan Thailand di atas menggunakan buah anggur sebagai salah satu bahannya. Setelah melihat poin-poin di atas, makanan Thailand dengan anggur mana yang menarik perhatianmu?

Baca Juga: 5 Ide Hidangan dari Almond ala Thailand, Semuanya Unik Banget 

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya