Comscore Tracker

5 Tips Bikin Pastel Tutup Daging Khas Inggris, Anti Gagal

Kunciannya ada pada pemberian tepung dan penggunaan kentang

Pastel tutup daging, atau biasa disebut shepherd’s pie, merupakan makanan khas Inggris berupa pai yang diisi daging cincang. Lapisan atas yang menutup daging cincang di bawahnya adalah kentang yang lembut dan dipanggang.

Biasanya, daging cincang dibumbui dengan tambahanan bawang merah dan bawang bombay, sehingga membuatnya mempunyai rasa gurih dan lezat.

Untuk membuatnya, kamu bisa simak dulu deretan tips di bawah ini agar pastel tutup daging buatanmu menjadi sangat lezat. Yuk, simak!

1. Gunakan api besar saat memasak daging 

5 Tips Bikin Pastel Tutup Daging Khas Inggris, Anti Gagalilustrasi api (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Gunakanlah api besar saat memasak daging, agar warnanya cokelat atau tidak pucat. Kamu bisa memasaknya dengan memanaskan sedikit minyak, lalu masukkan bawang bombay hingga wangi.

Setelah itu, masukkan bawang putih cincang dan daging giling, lalu aduk rata. Kamu juga bisa tambahkan wortel dan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil dan masukkan rempah serta penyedap seperti rosemary, seledri, paprika bubuk, arak masak, kecap inggris, saus tomat, merica, dan kaldu bubuk.

2. Tambahkan terigu agar lebih kental 

5 Tips Bikin Pastel Tutup Daging Khas Inggris, Anti Gagalilustrasi terigu (pixabay.com/Karolina Grabowska)

Kamu bisa tambahkan terigu agar saus daging sebagai isian pastel tutup lebih kental. Tak hanya membuat isian lebih berisi, terigu juga bantu membuat daging bertekstur lembut sehingga lebih lezat.

Kamu bisa langsung memasukkan terigu saat daging dimasak. Pastikan aduk hingga semuanya tercampur merata.

3. Haluskan kentang saat masih panas

5 Tips Bikin Pastel Tutup Daging Khas Inggris, Anti GagalProses menghaluskan kentang (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat tutupnya, potong kentang lalu rebus hingga matang. Hancurkan kentang dalam keadaan panas, agar kentang lebih mudah hancur. Jika ingin membuat tekstur yang lebih halus, kamu bisa menghancurkan kentang di atas saringan, lalu ditekan-tekan hingga membuatnya menjadi halus.

Baca Juga: Resep Pastel Renyah ala Rumahan yang Sederhana dan Pasti Enak

4. Beri goresan dengan garpu 

5 Tips Bikin Pastel Tutup Daging Khas Inggris, Anti GagalMembuat goresan untuk pastel tutup (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah menutup lapisan daging dengan kentang, kamu bisa beri goresan dengan garpu pada lapisan atasnya. Selain menambah estetik, hal tersebut juga dapat membuat kentang lebih garing dan bertekstur.

Berilah goresan secara lurus dari atas hingga bawah, setelah itu kamu bisa mengolesinya dengan campuran kuning telur dan susu. Pertegas kembali goresannya setelah diolesi.

5. Diamkan terlebih dahulu setelah dipanggang 

5 Tips Bikin Pastel Tutup Daging Khas Inggris, Anti GagalPastel tutup setelah dipanggang. (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah pastel tutup daging dipanggang, alangkah baiknya diamkan selama 30-60 menit terlebih dahulu sebelum dihidangkan. Hal tersebut untuk membuat teksturnya memadat hingga tidak lunak saat dipotong.

Nah, itu dia tips membuat pastel tutup daging khas Inggris atau biasa disebut juga dengan shepherd’s pie. Rasanya yang simpel namun mewah akan membuat harimu lebih berwarna jika menyantap hidangan ini.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Kulit Pastel yang Renyah dan Gak Mudah Robek 

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya