Comscore Tracker

5 Menu Takjil Ini Paling Disukai Orang, Rasanya Menggoyang Lidah

Dijamin segar, kenyang, dan bikin ketagihan

Berbuka puasa tidak lengkap rasanya jika tanpa ditemani dengan aneka menu takjil. Menu takjil itu bermacam-macam lho, bisa minuman maupun makanan ringan yang memiliki citarasa juara.

Takjil ini sepertinya sudah menjadi salah satu menu wajib yang menjadi favorit kebanyakan masyarakat Indonesia saat Ramadan. Berikut beberapa jajanan takjil yang digemari sebagai menu pelengkap berbuka puasamu.

1. Aneka es

5 Menu Takjil Ini Paling Disukai Orang, Rasanya Menggoyang Lidahinstagram.com/1001videoresep

Setelah seharian penuh menahan dahaga, pasti yang langsung ingin dirasakan saat berbuka tiba yaitu sesuatu yang dapat menyegarkan tenggorokan. Nah, es memang menjadi salah satu takjil yang hampir setiap tahunnya tidak pernah sepi peminat. 

Berbagai menu kreasi es pun terus bertambah, seperti ada es buah, es sirup, es campur, es blewah, es kelapa, dan masih banyak lagi minuman es yang dijamin dapat menyegarkan tenggorokan. 

2. Kolak

5 Menu Takjil Ini Paling Disukai Orang, Rasanya Menggoyang Lidahinstagram.com/emakuindonesia

Nah kalau takjil yang satu ini pasti menjadi sajian takjil paling ikonik kalau Ramadan tiba. Hampir di seluruh tempat penjualan takjil, menu kolak pasti akan tersedia dalam jumlah banyak karena memang selalu laris pembeli.

Selain rasa yang manis, kolak juga memiliki banyak sekali gizi yang baik untuk tubuh dan dapat mengenyangkan perut tanpa harus memakannya dalam jumlah banyak. Kolak sendiri biasanya dibuat dalam dua varian yang sangat terkenal, yaitu ada kolak pisang maupun kolak labu.

3. Gorengan

5 Menu Takjil Ini Paling Disukai Orang, Rasanya Menggoyang Lidahinstagram.com/enak.beud

Jajanan asli Indonesia ini juga menjadi takjil favorit di berbagai tempat penjualan takjil. Selain karena rasanya yang memang nagih, gorengan juga memiliki beragam varian rasa, dari mulai asin hingga manis.

Mulai dari gorengan pisang, nangka, tempe, tahu, dan masih banyak lagi. Gorengan juga memiliki harga yang terjangkau oleh kantong. Gorengan biasanya dijajakan dengan harga Rp 500 hingga Rp 1000 saja per biji. 

Baca Juga: 5 Jajanan Kekinian yang Bisa Dibuat di Rumah untuk Menu Berbuka Puasa

4. Kue basah

5 Menu Takjil Ini Paling Disukai Orang, Rasanya Menggoyang Lidahinstagram.com/ulfakuemdn

Satu lagi makanan ringan yang kerap sekali ditemui sebagai jajanan takjil yaitu aneka kue basah, seperti lumpia, klepon, bika ambon, dan masih banyak lagi.

Kue basah yang biasanya terdiri dari berbagai aneka makanan tradisional ini memang menjadi salah satu favorit masyarakat saat Ramadan. Jajanan takjil yang satu ini juga mudah banget ditemui karena banyak sekali penjual yang menjajakannya di hampir seluruh wilayah Indonesia. 

5. Jajanan ringan

5 Menu Takjil Ini Paling Disukai Orang, Rasanya Menggoyang Lidahinstagram.com/telurgulung_queen

Telur gulung menjadi salah satu jajanan yang memang menjadi favorit berbagai kalangan. Namun selain telur gulung, ada juga berbagai jajanan lainnya yang kerap dicari untuk menjadi salah satu menu berbuka puasa, seperti sosis goreng, cilok, batagor, dan masih banyak lagi. 

Jajanan-jajanan yang kerap ditemui saat hari-hari biasa ini biasanya akan menjadi semakin digemari saat Ramadan. Untuk mendapatkan jajanan-jajanan ini juga gak sulit lho. Biasanya banyak penjual yang menjajakannya jika sudah menjelang waktu berbuka.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Niswa Aulia Photo Community Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You