Comscore Tracker

5 Olahan Kacang Hijau yang Bergizi Tinggi

Dari yang renyah sampai menyegarkan pun ada loh~

Tumbuhan yang termasuk dalam kategori polong-polongan ini memang diketahui memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. 

Kacang hijau memiliki kandungan protein nabati yang tinggi dan menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Karena banyak manfaat yang didapatkan bila mengkonsumsi kacang hijau, maka banyak sekali olahan makanan yang menggunakan kacang hijau sebagai bahan utamanya. Berikut adalah beberapa olahan makanan berbahan dasar kacang hijau yang patut banget untuk dicoba. 

1. Bubur Kacang Hijau

5 Olahan Kacang Hijau yang Bergizi Tinggiinstagram.com/irmadesmayanti

Yang pertama yaitu ada bubur kacang hijau. Olahan makanan yang satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, dan juga tentunya sudah banyak sekali memiliki penikmat setia. 

Pembuatan bubur kacang hijau yang tergolong mudah dan juga rasanya yang sangat pas dengan lidah masyarakat Indonesia membuat hidangan ini sukses menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

Nutrisi yang terkandung dalam bubur kacang hijau juga sangat banyak, seperti vitamin B1, protein, magnesium, serat, dan masih banyak lagi yang pastinya sehat untuk tubuh.

2. Gandasturi

5 Olahan Kacang Hijau yang Bergizi Tinggiinstagram.com/rinihasrita

Makanan selanjutnya yaitu ada gandasturi yang merupakan salah satu makanan nusantara yang melegenda. Gandasturi memiliki citarasa manis khas kacang hijau yang dijamin akan membuat lidah nagih.

Untuk pembuatan gandasturi ini juga cukup simpel. Cukup campurkan kacang hijau halus dan adonan tepung terigu dengan campuran santan yang kemudian digoreng hingga matang. Karena keberadaannya yang semakin sulit ditemukan saat ini, maka perlu sekali untuk ada pemberdayaan bagi cemilan yang satu ini.

3. Rempeyek

5 Olahan Kacang Hijau yang Bergizi Tinggiinstagram.com/kaklongteh_

Selanjutnya yaitu ada cemilan renyah rempeyek yang juga sudah sangat populer di Indonesia. Selain bisa dibuat dari kacang tanah, rempeyek juga ternyata dapat dibuat dengan kacang hijau sebagai salah satu bahan utamanya. 

Cukup campurkan kacang hijau dengan adonan tepung yang telah diberi beberapa bumbu rempah dan kemudian digoreng tipis-tipis hingga matang. Cemilan ini cocok sekali untuk teman lauk makan loh.

Baca Juga: 8 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

4. Sari Kacang Hijau

5 Olahan Kacang Hijau yang Bergizi Tinggiphoenixnewtimes.com

Jika beberapa olahan kacang hijau di atas rata-rata adalah makanan, maka kali ini kacang hijau juga dapat diolah menjadi minuman segar yang tentunya sehat dan bergizi tinggi. Sari kacang hijau ini juga dapat dinikmati hangat ataupun dingin, dan bahkan juga dapat dikreasikan dengan dicampur bahan-bahan seperti susu, madu, dan lainnya. 

Untuk membuat sari kacang hijau ini, cukup sediakan kacang hijau yang telah direndam hingga pecah dan masukkan rendaman kacang hijau ini ke dalam air mendidih lalu tambahkan gula merah, dan sari kacang hijau pun siap disajikan.

5. Bakpia Kacang Hijau

5 Olahan Kacang Hijau yang Bergizi Tinggiinstagram.com/bakpiaku

Olahan kacang hijau yang terakhir yaitu ada bakpia kacang hijau yang juga merupakan salah satu makanan nusantara yang sangat melegenda. Bakpia dikenal memiliki citarasa yang unik dengan rasa manis yang begitu mendominasi. Cocok sekali untuk teman minum teh ataupun kopi. 

Pembuatan bakpia kacang hijau inipun tergolong tidak terlalu sulit. Cukup siapkan kacang hijau yang telah digiling halus, gula, dan juga tepung yang akan digunakan untuk menyelimuti gilingan kacang hijau tersebut. Jika sudah, tepung berisi kacang hijau tersebut akan dipanggang hingga matang, dan kemudian bakpia pun siap dinikmati.

Olahan-olahan makanan berbahan kacang hijau di atas pastinya sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Tapi buat yang belum pernah mencicipi makanan maupun minuman di atas, bisa banget dijadikan rekomendasi menu makanan yang wajib dicoba.

Baca Juga: Manis & Legit, Ini Resep Mudah Bikin Bubur Kacang Hijau di Rumah!

Niswa Aulia Photo Verified Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya