Comscore Tracker

Gak Cuma Satu, Inilah 5 Aneka Ragam Lumpia Khas Nusantara!

Aneka ragam banget deh bentuk, cara penyajian, dan rasanya!

Kuliner yang satu ini memang menjadi salah satu kudapan favorit masyarakat Indonesia. Dikenal sebagai makanan khas Semarang, lumpia ternyata juga tersedia beberapa versi khas daerah nusantara lainnya. 

Ada yang memiliki isian berbeda antar daerah, hingga cara penyajiannya yang juga tiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Bahkan ada daerah yang juga memiliki ukuran lumpia yang berbeda dari lumpia-lumpia daerah lainnya.  

Lalu apa sajakah macam-macam lumpia yang ada di Indonesia ini dan apa sih keistimewaan lumpia daerah satu dengan yang lainnya? Berikut adalah informasi seputar beberapa aneka ragam lumpia khas nusantara. Wajib coba deh!

1. Lumpia Semarang

Gak Cuma Satu, Inilah 5 Aneka Ragam Lumpia Khas Nusantara!instagram.com/ms_stevy

Semarang menjadi salah satu kota yang dianggap sebagai penggagas utama makanan gurih ini. Yup! Lumpia Semarang memang menjadi salah satu lumpia paling dikenal hampir oleh semua orang Indonesia. Bahkan lumpia menjadi salah satu kuliner ikonik di Semarang yang kerap dijadikan oleh-oleh saat berlibur ke Semarang. 

Lumpia Semarang biasanya dibuat dengan ukuran yang begitu besar dengan isian seperti rebung atau disebut juga dengan bambu muda, telur, dan udang.

Dalam proses penyajiannya, lumpia Semarang dibuat bercita rasa gabungan manis, asin, dan gurih. Namun ada juga lumpia yang diolah dengan cara dikukus sehingga memiliki tekstur yang lembut. 

2. Lumpia Bogor

Gak Cuma Satu, Inilah 5 Aneka Ragam Lumpia Khas Nusantara!instagram.com/bogoreatery

Lumpia Bogor menjadi salah satu lumpia basah paling dikenal. Memiliki cita rasa yang lembut dan tergolong memiliki ukuran besar, lumpia Bogor rasanya cukup untuk mengenyangkan perut, alih-alih hanya menjadi kudapan saja. Lumpia Bogor memiliki perbedaan dari lumpia Semarang pada bagian isinya.

Lumpia basah khas Bogor juga lebih dikenal dibandingkan dengan lumpia gorengnya. Isian lumpia khas Bogor biasanya menggunakan buah bengkuang sebagai pengganti rebung yang biasanya menjadi isian di lumpia Semarang.

Selain itu, lumpia Bogor juga akan ditambahkan tahu dan ebi untuk semakin memperkaya citarasa pada lumpia.

Baca Juga: Uenak Tenan! 5 Rekomendasi Lumpia Legendaris di Kota Semarang

3. Lumpia Jakarta

Gak Cuma Satu, Inilah 5 Aneka Ragam Lumpia Khas Nusantara!instagram.com/bundogafi

Ibukota Jakarta ternyata juga memiliki olahan lumpia khasnya sendiri. Lumpia khas Jakarta memiliki perbedaan dari lumpia Semarang pada bagian isinya. Jika di Semarang menggunakan isian rebung sebagai salah satu bahan utamanya, di Jakarta lumpia dibuat dengan menggunakan isian buah bengkuang. Namun tidak seperti lumpia Bogor, lumpia Jakarta biasanya tidak ditambahkan tahu maupun ebi. 

Perbedaan isi lumpia ini ternyata juga membawa cita rasa yang berbeda dari lumpia Jakarta ini dibandingkan dengan lumpia Semarang dan juga Bogor. Lumpia Jakarta juga biasanya dinikmati dengan cara dicocol ke sambal atau diberi siraman kuah bumbu kacang. 

4. Lumpia Klaten

Gak Cuma Satu, Inilah 5 Aneka Ragam Lumpia Khas Nusantara!instagram.com/mubengjajan

Nah kalau lumpia yang satu ini memiliki perbedaan dari segi ukurannya. Sering juga disebut dengan nama sosis kecut, lumpia duleg, hingga lumpia Delanggu yang menjadi daerah asal lumpia Klaten ini. Ukuran lumpia yang satu ini memang tergolong mini, yaitu hanya seukuran jari telunjuk dan hanya diberi isian tauge saja. 

Menggunakan bahan kulit yang dibuat dari tepung pati, lumpia Klaten ini memiliki citarasa yang sedikit asam dan sangat renyah karena digoreng kering. Harga lumpia ini pun sangat murah dibandingkan dengan lumpia-lumpia daerah lainnya. Satu buah lumpia Klaten hanya dihargai 500 sampai 1000 rupiah saja. 

5. Lumpia Yogyakarta

Gak Cuma Satu, Inilah 5 Aneka Ragam Lumpia Khas Nusantara!instagram.com/jogjaculinary

Lumpia yang terakhir yaitu ada lumpia khas Yogyakarta. Meski masih menjadi daerah yang dekat dengan Semarang dan juga Klaten, Yogyakarta ternyata memiliki ciri khas lumpianya sendiri. Salah satu penjual lumpia Yogyakarta yang paling populer yaitu ada lumpia samijaya.

Lumpia ini memiliki cita rasa khas yang dibuat dengan menggunakan resep leluhur. Yang membuat lumpia samijaya Yogyakarta ini menjadi begitu istimewa yaitu terletak pada bagian isi yang ditambahkan telur puyuh rebus dan juga siraman saus putih beraroma bawang, acar, dan cabai rawit yang sangat khas.

Lumpia samijaya ini bahkan menjadi salah satu kuliner wajib jika berlibur ke Yogyakarta. 

Nah itulah beberapa aneka ragam lumpia dari beberapa daerah di Indonesia. Diantara kelima lumpia lezat ini, mana nih yang udah pernah teman-teman coba atau yang paling membuat penasaran untuk dicoba?

Baca Juga: Resep Lumpia Goreng Udang, Camilan Sore yang Nikmatnya Bikin Nagih

Niswa Aulia Photo Verified Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya