Comscore Tracker

Masuk Daftar Kuliner Lezat Dunia, Ini 6 Jenis Sate Khas Nusantara

Wajib coba semua!

Sate menjadi salah satu kuliner favorit di Indonesia. Bahkan bersamaan dengan bakso, soto, dan kuliner khas Indonesia lainnya, sate begitu dikenal dan menjadi salah satu list kuliner yang pasti dicoba oleh turis mancanegara yang sedang berkunjung ke Indonesia. 

Bukan hanya itu saja, sate pun berhasil masuk sebagai salah satu hidangan terlezat di dunia dalam  World's 50 most delicious foods. Karena keistimewaan dan kelezatan dari hidangan sate inilah, banyak sekali kreasi sate dari berbagai daerah di Indonesia. Ada apa sih, yuk simak keanekaragaman sate khas Nusantara di bawah ini!

1. Sate Madura

Masuk Daftar Kuliner Lezat Dunia, Ini 6 Jenis Sate Khas Nusantarainstagram.com/rubrik_jajan

Jenis sate yang pertama yaitu ada sate madura. Seperti namanya, sate ini berasal dari daerah Madura, Jawa Timur. Sate madura menjadi salah satu jenis sate yang paling dikenal dan tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Sate madura bisa berupa sate ayam ataupun kambing. Dan yang menjadi ciri khas citarasa dari sate madura ini yaitu taburan bumbu kacang yang kemudian ditambahkan kecap, bawang goreng, dan juga potongan cabai pada sate dan lontongnya yang memang buat nagih.

2. Sate Padang

Masuk Daftar Kuliner Lezat Dunia, Ini 6 Jenis Sate Khas Nusantarainstagram.com/middleapp

Sate khas nusantara selanjutnya yaitu ada sate padang. Bagi masyarakat daerah Sumatera, khususnya Padang pasti sangatlah tidak asing dengan hidangan sate yang satu ini. Yup! seperti namanya, sate ini berasal dari Padang, Sumatera Barat.

Sate padang biasanya menggunakan daging sapi, lidah, hingga jeroan sapi untuk bahan utamanya. Namun yang membuat sate padang istimewa dan bercitarasa khas yaitu terdapat pada bumbunya yang tidak menggunakan bumbu kacang seperti sate madura.

Rasa rempah sangat terasa pada bumbu kuning kental yang menjadi bumbu taburan pada sate padang. Tambahan bawang goreng juga semakin membuat rasa sate padang ini nagih banget! 

3. Sate Lilit

Masuk Daftar Kuliner Lezat Dunia, Ini 6 Jenis Sate Khas Nusantarainstagram.com/sasmitaedo

Selanjutnya yaitu ada sate lilit khas Bali yang juga sangat terkenal di jejeran kuliner nusantara. Sate lilit biasanya menggunakan daging babi, ayam, kambing, atau ikan sebagai bahan utamanya.

Yang membedakan sate lilit dengan sate-sate lainnya yaitu terletak pada cara pengolahan dagingnya yang dicincang halus terlebih dahulu. Daging cincang pada sate lilit ini kemudian akan dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, dan bumbu lainnya dan di lilitkan pada batang sereh.

Sate lilit ini juga bisa dibakar atau digoreng sesuai selera, dan biasanya dimakan dengan cocolan sambal matah khas Bali serta sepiring nasi panas.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Bumbu Sate Padang, Bikin Makan Makin Nikmat

4. Sate Loso

Masuk Daftar Kuliner Lezat Dunia, Ini 6 Jenis Sate Khas Nusantarainstagram.com/zhee_fanya

Di deretan list nomor empat yaitu ada sate loso khas Pemalang, Jawa Tengah. Sama-sama menggunakan bumbu kacang sebagai bumbu utamanya, sate loso memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari sate madura. 

Sate loso biasanya dibuat dengan menggunakan daging sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya. Sate loso juga biasanya diolah bacem terlebih dahulu sebelum akhirnya dibakar.

Selain itu yang membuat istimewa sate loso ini yaitu terdapat pada cara penyajiannya yang biasanya dibarengi dengan semangkuk sup tulang muda dan tauge. 

5. Sate Taichan

Masuk Daftar Kuliner Lezat Dunia, Ini 6 Jenis Sate Khas Nusantarainstagram.com/foodyid

Meski namanya terdengar tak seperti makanan Indonesia, namun sate taichan ini asli Indonesia loh. Sate yang satu ini juga cukup istimewa. 

Sate taichan disajikan hanya tanpa campuran bumbu kacang layaknya sate madura, atau bumbu kuning layaknya sate padang, melainkan hanya diberi taburan sambal, garam, dan perasan jeruk nipis.

Namun meski terlihat sederhana, rasa dari sate taichan ini juga gak kalah lezatnya dari sate-sate khas nusantara lainnya. Daging yang digunakan untuk pembuatan sate taichan ini biasanya menggunakan daging ayam yang kemudian dibakar.

6. Sate Kerang

Masuk Daftar Kuliner Lezat Dunia, Ini 6 Jenis Sate Khas Nusantarainstagram.com/waroengpakbuk

List terakhir yang juga merupakan sate favorit masyarakat Indonesia yaitu ada sate kerang khas Medan, dan juga beberapa daerah wilayah Jawa Tengah dan Timur. Seperti namanya, sate ini menggunakan daging kerang sebagai bahan utamanya.  

Sate kerang merupakan salah satu jenis sate yang tidak dibakar dalam proses pembuatannya. Cukup direbus dan dilumuri bumbu rempah lalu disajikan beserta dengan lontong kupang atau lontong balap, kecap dan sambal.

Nah itulah beberapa jenis sate yang tersebar di Indonesia dari sekian banyaknya jenis sate di Indonesia. Gimana nih, bikin ngiler kan. Mana dong sate favoritmu?

Baca Juga: 5 Sate Ayam Paling Recommended di Surabaya, Sudah Pernah Coba?

Niswa Aulia Photo Community Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You