Comscore Tracker

6 Kandungan Gizi dalam Bulu Babi, Khasiatnya Gak Banyak yang Tahu

Mampu meningkatkan libido yang rendah

Karena tubuhnya yang dipenuhi duri, hewan satu ini juga dikenal sebagai landak laut. Meski duri dan racun yang dibawanya kerap menjadi ancaman para penyelam bawah laut, ternyata bulu babi menyimpan kandungan gizi yang tinggi untuk dikonsumsi. Karena khasiat sehat itulah banyak masyarakat yang belajar mengolah dan membuang racunnya.

Bagi penggemar seafood, biasanya hidangan bulu babi disantap mentah, dipadukan dengan sushi lain atau bisa juga dimakan dengan saus vinaigrette yang lezat. Tapi buat kamu yang gak suka bau amis, bulu babi juga bisa dimasak atau dijadikan sup seafood.

Penasaran apa saja kandungan nutrisi yang luar biasa dari makanan laut lezat satu ini? 

1. Kaya omega-3 yang mampu kurangi risiko serangan jantung

6 Kandungan Gizi dalam Bulu Babi, Khasiatnya Gak Banyak yang Tahufoodrepublic.com

Menurut catatan American Heart Association, bulu babi mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko detak jantung yang tidak normal. Dalan 100 gram bulu babi yang setara dengan sekitar 3,5 ons, terkandung 119 kalori dan lemak tak jenuh.

Mengonsumsi lemak tak jenuh sebagai pengganti lemak jenuh, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. 

2. Kaya zinc yang penting untuk penyembuhan luka

6 Kandungan Gizi dalam Bulu Babi, Khasiatnya Gak Banyak yang Tahuwikihow.com

Zinc atau seng adalah mineral yang berperan penting dalam penyembuhan luka. Mineral ini mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan reproduksi normal. Zinc juga mendukung kesehatan penglihatan, indera penciuman dan indra perasa yang sehat. Satu porsi landak laut memasok seng dalam jumlah banyak tapi tetap rendah kalori dan rendah lemak.

3. Kaya protein yang membantu memperbaiki jaringan otot

6 Kandungan Gizi dalam Bulu Babi, Khasiatnya Gak Banyak yang Tahuunsplash.com/jorge rosal

Protein sangat diperlukan untuk memproduksi energi, membantu memperbaiki jaringan otot dan memungkinkan seluruh tubuh bekerja dengan baik. Kamu bakal memperoleh sekitar 13,3 gram protein dalam porsi sebesar 100 gram bulu babi.

Menurut tunjangan makanan yang direkomendasikan Institute of Medicine, hal itu berarti telah memenuhi 29 persen dari 46 gram protein yang dibutuhkan wanita setiap hari dan 24 persen dari 56 gram yang dibutuhkan pria setiap hari.  

Baca Juga: Unik Banget, 5 Hidangan dari Bulu Babi Ini Ternyata Lezat! 

4. Sumber kalori yang jadi bahan bakar energi untuk aktif bergerak

6 Kandungan Gizi dalam Bulu Babi, Khasiatnya Gak Banyak yang Tahupixabay.com/StockSnap

Saat kamu melakukan aktifitas harian, tubuh pasti membutuhkan energi. Tapi energi bisa saja melemah seperti mobil yang kehabisan bensin, nah bensin inilah yang disebut sebagai kalori. Fungsi lain dari kalori adalah untuk membantu sirkulasi darah lebih baik.

Manfaat inilah yang terdapat dalam bulu babi yang kaya akan kalori. Karena bulu babi rendah lemak, kamu juga gak perlu khawatir dengan berat badan jika ingin mengonsumsinya lebih banyak.

5. Vitamin C untuk kekebalan tubuh

6 Kandungan Gizi dalam Bulu Babi, Khasiatnya Gak Banyak yang Tahupexels.com/ Leandro Vendramini

Ternyata vitamin C gak hanya terkandung dalam jeruk, mangga atau sayuran lho, sebab hewan laut satu ini juga kaya vitamin C yang penting untuk tubuh kita. Asupan vitamin C yang cukup bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merangsang produksi kolagen.

Vitamin C juga mampu merangsang otak, karena itu buat kamu yang sedang dalam proses belajar, mengonsumsi banyak vitamin C sangat dianjurkan, salah satunya ada dalam bulu babi.

6. Kandungan afrodisiak mampu meningkatkan libido dan kejantanan

6 Kandungan Gizi dalam Bulu Babi, Khasiatnya Gak Banyak yang Tahufoodrepublic.com

Dikutip dari quora.com, kandungan bulu babi dapat membantu meningkatkan kejantanan karena berperan sebagai afrodisiak alami. Kehidupan seksual dalam rumah tangga memang bisa saja mengalami masalah seperti menurunnya libido. Tentu rendahnya libido dapat mempengaruhi keharmonisan dengan pasangan.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk meningkatkan libido. Selain meminum obat penunjang, kamu juga bisa mengembalikan tingkat libido dengan asupan alami seperti mengonsumsi bulu babi. Kandungannya akan membantu sirkulasi darah termasuk dalam organ reproduksi. 

Ternyata luar biasa ya kandungan gizi hewan laut mungil berduri ini!

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Bulu Babi yang Benar dan Sesuai, Jangan Salah!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya