Comscore Tracker

Alergi Kacang? Coba 4 Selai Alternatif Ini yang Gak Kalah Gurih

Kandungan lemaknya lebih rendah dari kacang tanah lho

Sesendok selai kacang dalam roti tawar memang nikmat dijadikan sarapan atau csmilan. Selai kacang adalah krim yang dibuat dengan cara menggiling kacang menjadi pasta. Minyak dan garam sering ditambahkan untuk membuat mentega selai lebih halus.

Tapi di antara kamu, mungkinkah ada yang alergi dengan makanan satu ini? Tenang guys, kamu tetap bisa menikmati selai bercitarasa gurih seperti kacang dengan membuat sendiri selai dari pilihan alternatif berikut.

1. Selai biji bunga matahari

Alergi Kacang? Coba 4 Selai Alternatif Ini yang Gak Kalah Gurihhealthline.com

Selai dari bahan satu ini adalah alternatif yang bagus untuk siapa pun yang alergi kacang. Kandungan biji bunga matahari juga kaya dengan asam lemak omega-6, magnesium, dan vitamin E.

Untuk membuat selai sendiri, kamu cukup panggang biji mentah, kemudian giling bijinya sampai tekstur berubah lembut. Biji bunga matahari punya kandungan minyak yang keluar sendiri, jadi kamu tidak perlu memberi minyak tambahan untuk menghasilkan krim yang lembut. Gampang kan?

2. Selai mete

Alergi Kacang? Coba 4 Selai Alternatif Ini yang Gak Kalah Gurihunplash.com/jenn kosar

Selai mete yang kaya rasa juga bisa jadi pilihan alternatif untuk mengganti selai kacang. Kacang mete sangat baik dikonsumsi penderita diabetes karena kemampuannya mengurangi kadar trigliserida.

Meski pun kandungan proteinnya lebih sedikit dari kacang tanah, tapi manfaat selai mete bagi kesehatan juga melimpah karena mengandung banyak mineral penting seperti zat besi, seng, tembaga, dan magnesium. 

Baca Juga: 8 Khasiat Ajaib Kacang Mete yang Belum Banyak Diketahui

3. Selai wijen

Alergi Kacang? Coba 4 Selai Alternatif Ini yang Gak Kalah Gurihziyad.com

Selai berbahan wijen juga recomended buat kamu yang alergi sama kacang tanah. Di India, Cina, Vietnam dan daerah Timur Tengah, olahan selai wijen dikenal dengan nama Tahini, yaitu pasta biji wijen yang ditumbuk dengan bawang putih dan campuran lemon.

Kamu juga bisa bikin versi selai yang lebih manis dengan sentuhan gula atau krim vanila pada bubuk wijen. Manfaat kesehatan biji wijen juga bagus karena kaya akan sumber asam lemak omega-6, zat besi, dan serat.

4. Selai almond

Alergi Kacang? Coba 4 Selai Alternatif Ini yang Gak Kalah Gurihsunset.com

Selai berbahan almond memang lebih mahal, tapi ini sangat cocok buat kamu yang alergi kacang dan ingin merasakan tekstur serta rasa yang paling mirip dengan kacang.

Dalam selai almond terdapat sumber vitamin dan mineral yang baik. Kandungan proteinnya juga hampir sama dengan selai kacang. Almond juga kaya akan sumber kalium, zat besi, vitamin E, dan kalsium yang sangat baik bagi tubuh.

Nah, itulah alternatif selai buat kamu yang alergi kacang. Sehat dan enak pastinya. Mau coba selai yang mana nih? 

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kulit Ayam Krispi, Gurihnya Bikin Nagih!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You