Comscore Tracker

Bikin Penasaran, Ini 5 Makanan yang Sering Muncul di Film Bollywood

Mana yang paling sering muncul di film India favoritmu?

Pecinta film Bollywood pasti sudah tidak asing lagi dengan adegan yang melibatkan makanan di dalamnya. Ya, selain musik dan tarian khas yang disuguhkan dalam film-film India, beberapa jenis makanan pun kerap terlihat meramaikannya.

Namun kamu sendiri sudah tahu belum makanan apa saja itu? Nah, buat kamu yang sering bertanya-tanya alias penasaran berikut adalah 5 makanan yang sering muncul di film India. Yuk, simak!

1. Biryani

Bikin Penasaran, Ini 5 Makanan yang Sering Muncul di Film BollywoodPixabay/Wikimedialmages

Kerap nongol dalam adegan makan malam keluarga di film India, nasi biryani ini biasa disajikan dalam piring yang terbuat dari stainless steel. Nasi biryani khas akan warnanya yang kuning dan berbahan dasar beras basmati. Beras tersebut memiliki bulir yang ukurannya lebih panjang dari jenis lain.

Tak hanya itu, bumbu yang didominasi oleh rempah-rempah ini juga merupakan salah satu keistimewaan nasi biryani. Hidangan ini paling cocok dihidangkan dengan kari.

2. Dosa

Bikin Penasaran, Ini 5 Makanan yang Sering Muncul di Film Bollywoodnytimes.com

Sekilas bentuknya terlihat mirip dengan crepes atau pun kebab. Hidangan ini merupakan hasil olahan adonan dari fermentasi tepung beras dan lentil hitam. Adonan tersebut kemudian dimasak dalam wajan anti lengket sembari ditambahkan racikan bumbu rempah. Dosa umumnya dinikmati dengan secawan kari atau saus kacang.

Dilansir dari Vegrecipeofindia, setidaknya ada 38 variasi dosa yang ada di India. Namun, yang terpopuler diantaranya adalah masala dosa, rava dosa, neer dosa, dan set dosa. Wah banyak banget, ya!

Baca Juga: 9 Kuliner Khas India Selain Kari, Enaknya Kebangetan dan Bikin Nagih

3. Laddu

Bikin Penasaran, Ini 5 Makanan yang Sering Muncul di Film Bollywoodaashirvaadsvasti.in

Selain hidangan savory, India juga populer akan aneka makanan manis atau biasa disebut manisan. Laddu tak lain ialah salah satu manisan yang sering kali muncul dalam film India. Kue berbentuk bulat ini merupakan sejenis kue kering yang terbuat dari tepung gram, kacang almond, mentega, dan air gula.

Laddu biasa disajikan untuk perayaan keagamaan, pesta pernikahan dan upacara adat lainnya. Nah, gak heran nih, kalau kamu sering banget melihat laddu di adegan pernikahan dalam film India favoritmu. Suka ngiler gak pas melihatnya?

4. Samosa

Bikin Penasaran, Ini 5 Makanan yang Sering Muncul di Film Bollywoodlittleindia.ca

Kudapan dengan rasa gurih ini bernama samosa. Dalam beberapa film India tentu kamu pernah menjumpainya kan? Fyi, sajian ini merupakan salah satu kudapan khas Timur Tengah yang sekarang ini mudah dijumpai di Indonesia.

Kudapan ini sendiri terdiri dari dua komponen yakni kulit dan isinya. Kulitnya terbuat dari tepung terigu, minyak samin dan garam. Untuk isiannya beragam, ada yang diisi dengan tumisan kacang kapri, kentang, labu atau kacang polong. Tekstur kulitnya cenderung renyah, sama seperti ketika kamu sedang mencicipi pastel.

5. Gulab jamun

Bikin Penasaran, Ini 5 Makanan yang Sering Muncul di Film Bollywoodcrumbsandtales.com

Gak cuma laddu, makanan manis yang eksis di film Bollywood lainnya adalah gulab jamun. Biasanya makanan ini disajikan saat hari raya dan perayaan pernikahan. Berbahan dasar susu, tepung terigu dan mentega, sajian ini memiliki rasa manis yang kebangetan.

Hal ini dikarenakan adanya proses perendaman yang dilakukan sebelum penyajian. Yap! Gulab jamun yang sudah matang akan direndam dulu ke dalam campuran air gula, kapulaga, dan sirup mawar sekitar 1-2 jam. Setelah itu, baru deh bisa dicicipi.

Gimana, sudah tahu 'kan nama makanan yang sering muncul di film Bollywood favoritmu? Atau mungkin kamu sudah pernah menyantap salah satu menu makanan di atas? Semoga dengan membaca artikel ini rasa penasaranmu bisa terjawab, ya.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Dipengaruhi Budaya India Lho!

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya