Comscore Tracker

Jadi Tren di 2019, 5 Rasa Makanan yang Unik Ini Tak Boleh Dilewatkan

Bukan sekadar rasa yang pernah ada, ehh~

Tak kalah dari bidang fashion ataupun gadget, dunia kuliner pun turut mengembangkan inovasi demi kepuasan para penikmatnya. Makanan sebagai kebutuhan pokok tentunya harus memiliki berbagai variasi.

Tak hanya itu, kini masyarakat semakin berani mencoba segala sesuatu hal baru, termasuk makanan-makanan yang unik. Hal tersebut bagi mereka, menjadi suatu new experience tersendiri.

Rasa menjadi salah satu parameter penting bagi masyarakat dalam memutuskan membeli suatu makanan. Oleh karena itu, rasa makanan atau istilah lainnya yaitu "flavor", di tahun 2019 ini telah dirilis apa saja yang akan menjadi tren lho.

Dilansir dari 2019 Taste Chart US from Kerry, berikut ini rasa atau flavor hits tersebut.

1. Peri-peri, Sang Penggugah nafsu makan

Jadi Tren di 2019, 5 Rasa Makanan yang Unik Ini Tak Boleh Dilewatkanportugueserecipes.ca

Apakah kamu pernah mendengar Peri-peri? Eits, Peri-peri yang dimaksud di sini bukanlah sosok yang biasa disebutkan di cerita negeri dongeng lho.

Peri-peri adalah salah satu jenis cabai yang berasal dari kawasan Afrika Selatan. Bagaimana rasanya? Bagi kamu pecinta pedas, wajib coba nih. Rasa pedasnya ekstra. Maka tak heran jika Peri-peri menjadi salah satu tren rasa makanan saat ini.

Namun, untuk kamu yang kurang suka pedas, jangan terlalu banyak makan si Peri-peri ya, karena bisa membuat perutmu perih saking pedasnya!

Banyak resep makanan yang dapat dipadukan dengan Peri-peri. Beberapa contohnya yaitu Ayam Peri-peri atau Pizza Peri-peri. Saat ini, mulai juga beredar Peri-peri berbentuk saus dalam botol.

Jadi, kamu yang ingin berkreasi memasak dengan Peri-peri, bisa langsung membeli sausnya dan mulailah mencoba membuat menu makanan dengan citarasa Peri-Peri di rumah.

2. Bawang hitam, bukan sembarang bawang

Jadi Tren di 2019, 5 Rasa Makanan yang Unik Ini Tak Boleh Dilewatkangoodfood.com.au

Kalau menurut cerita legenda sih, hanya ada si Bawang Merah dan si Bawang Putih. Tapi, di dunia kuliner dikenal juga lho si Bawang Hitam.

Bawang hitam berasal dari bawang putih yang telah mengalami serangkaian proses fermentasi dan pemanggangan. Rasa dari bawang hitam ini cukup unik. Bawang hitam memiliki rasa yang agak manis.Teksturnya pun lebih lembut.

Kamu dapat menggunakan bawang hitam ini untuk bumbu di resep makananmu. Beberapa menu dapat kamu buat, yaitu contohnya Ayam Bawang Hitam ataupun Tofu Bawang Hitam.

Tak hanya rasanya yang unik, bawang hitam ini ternyata juga memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan. Salah satunya, yaitu dapat menjadi obat bagi penyakit kanker. Jadi, jangan lihat dari tampilannya saja nih. Meski hitam, tapi sangat bermanfaat untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan Unik Berbahan Dasar Salmon, Lezat dan Sehat!

3. Brown Butter, aromanya yang menggoda

Jadi Tren di 2019, 5 Rasa Makanan yang Unik Ini Tak Boleh Dilewatkandvo.com

Brown Butter merupakan hasil lelehan dari mentega yang sengaja dipanaskan hingga terbentuk kerak agak kecoklatan. Kecokelatan yang dimaksud bukanlah gosong. Ketika kerak kecoklatan tersebut sudah terbentuk merata, harus segera diangkat dari wajan.

Hasil dari lelehan mentega tersebut menghasilkan aroma hazelnut yang lezat. Maka tak heran, kalau brown butter ini sering juga disebut sebagai hazelnut butter.

Dengan brown butter, kamu dapat mencampurkannya dalam adonan kuemu lho. Tak hanya untuk hidangan manis saja, brown butter ini cocok juga digunakan sebagai pelengkap rasa dari makanan seperti pasta. Patut kamu coba di rumah!

4. Lavender, cantik rasa secantik bunganya

Jadi Tren di 2019, 5 Rasa Makanan yang Unik Ini Tak Boleh Dilewatkanthepioneerwoman.com

Untuk rasa yang satu ini, kamu pastinya lebih familiar. Bunga dengan warna yang cantik ini mungkin sebelumnya lebih identik digunakan sebagai pengusir nyamuk, karena aromanya.

Namun, tak hanya aromanya saja yang bermanfaat, rasa dari bunga lavender ternyata mulai menjadi tren dan diaplikasikan dalam berbagai jenis makanan. Salah satunya, yaitu cookies lavender maupun macaroon lavender. Bahkan ternyata cocok juga dijadikan sebagai rasa es krim.

5. Sari Cuka Apel, segar yang alami

Jadi Tren di 2019, 5 Rasa Makanan yang Unik Ini Tak Boleh Dilewatkanacultivatednest.com

Sari Cuka Apel tentunya berasal dari buah apel yang telah mengalami tahapan fermentasi. Tapi, jangan kamu bayangkan rasanya sama seperti cuka dapur pada umumnya ya. Rasa dari sari cuka apel ini memang asam, namun lebih ringan jika dibandingkan dengan cuka dapur.

Meski rasanya asam, akan tetapi jika kamu padukan sebagai saus dalam menu salad, ini akan memberikan sensasi tersendiri di lidahmu. Tentu untuk takarannya tetap harus disesuaikan ya.

Nah, dari kelima rasa yang telah disebutkan, manakah yang paling membuatmu tertarik untuk mencoba? Terlepas dari enak atau tidaknya, rasa makanan sifatnya relatif, tergantung dari preferensi kamu sebagai penikmatnya.

Namun, rasa-rasa tersebut diciptakan pun tentunya supaya bisa diterima oleh masyarakat. Bisa saja, nantinya rasa tersebut saling dikombinasikan satu sama lain. Supaya makin cocok dan pas.

Jadi, bukan kamu dan dia saja yang bisa cocok. Rasa makanan pun boleh diadu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Kuliner Ini Siap Goyang Lidah Kamu di The Best of Street Food

Nuraini Fathiarisa Photo Verified Writer Nuraini Fathiarisa

Looking for a job

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya