Comscore Tracker

Kenali 6 Ciri Susu yang Sudah Rusak dan Gak Layak Dikonsumsi

Lebih berhati-hati saat minum susu ya!

Susu, merupakan minuman bernutrisi yang memiliki banyak penggemar. Mulai dari anak kecil, hingga orang tua atau bahkan kakek dan nenekmu pasti suka meminumnya. Jenis-jenis susu pun beragam. Ada susu bubuk, susu cair, atau susu kental manis. Tentu dengan aneka pilihan rasa.

Namun tahukah kamu, jika susu cair merupakan produk yang memiliki resiko kerusakan tinggi? Waktu kadaluarsanya pun sudah ditentukan dan biasanya tidak terlalu lama. Untuk itu, terdapat cara penyimpanan yang sebaiknya harus kamu lakukan supaya menjaga susu tersebut dapat tetap dikonsumsi. Jika di rumahmu terdapat susu cair, coba kamu cek apakah susumu masih layak diminum atau tidak.

Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa susu cair yang kamu miliki sudah tidak layak dikonsumsi.

1. Terdapat buih atau busa

Kenali 6 Ciri Susu yang Sudah Rusak dan Gak Layak Dikonsumsiperfectketo.com

Buih atau busa pada susu menandakan bahwa telah terdapat akumulasi gas yang diproduksi oleh bakteri. Oleh karena itu, sebaiknya jangan kamu konsumsi lagi.

2. Rasa pahit pada susu

Kenali 6 Ciri Susu yang Sudah Rusak dan Gak Layak Dikonsumsiunsplash.com/@perfectcoding

Susu tentu identik dengan rasanya yang tawar ataupun manis. Rasa pahit yang timbul pada susu tentu menjadi tanda bahwa telah terjadi kerusakan. Hal tersebut menunjukkan adanya bakteri yang dapat merusak protein pada susu sehingga menimbulkan rasa yang pahit.

3. Rasa susu yang asam

Kenali 6 Ciri Susu yang Sudah Rusak dan Gak Layak Dikonsumsihellosehat.com

Produk susu memang ada yang dibuat khusus dengan citarasa asam, yaitu yogurt. Tapi jika yang dimaksud bukanlah yogurt, melainkan susu cair biasa, kamu patut curiga. Rasa asam pada susu tersebut disebakan oleh bakteri penghasil asam.

Baca Juga: Sama Gak Sih Teh Tarik, Thai Tea dan Teh Susu?

4. Terdapat lendir atau susu terlihat menggumpal

Kenali 6 Ciri Susu yang Sudah Rusak dan Gak Layak Dikonsumsiunsplash.com/@dioseptiann

Lendir yang muncul tak hanya berada di permukaan susu saja, tapi juga dapat terbentuk pada susu secara keseluruhan. Penyebabnya sama dengan tanda-tanda sebelumnya, yaitu akibat ulah bakteri.

5. Perubahan warna pada susu

Kenali 6 Ciri Susu yang Sudah Rusak dan Gak Layak Dikonsumsimymilk.com

Warna yang umumnya kamu sering jumpai pada susu pastinya adalah warna putih atau jika diberikan pewarna makanan menjadi warna coklat ataupun pink. Namun, jika susu putihmu mengalami perubahan warna menjadi warna biru, kuning, merah dan coklat, berhati-hatilah! Kemungkinan besar susu tersebut sudah tercemar oleh berbagai bakteri.

6. Muncul bau busuk atau tengik

Kenali 6 Ciri Susu yang Sudah Rusak dan Gak Layak Dikonsumsirawpixel.com

Tanda bahwa protein dan lemak pada susu sudah rusak tak hanya ditandai oleh timbulnya busa saja, melainkan juga muncul bau tak sedap. Kerusakan tersebut juga disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada susu.

Sekarang kamu sudah tahu kan tanda-tanda kerusakan pada susu? Sebaiknya, sebelum meminum susu kamu harus lebih memperhatikannya dengan seksama. Jangan langsung kamu habiskan begitu saja. Apalagi jika susu tersebut sudah kamu beli beberapa hari yang lalu. Ayo segera periksa susu cair yang ada di rumahmu!

Baca Juga: 7 Fakta tentang Susu UHT untuk Kesehatan, Apakah Sesehat yang Murni?

Nuraini Fathiarisa Photo Community Writer Nuraini Fathiarisa

Looking for a job

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You