Comscore Tracker

5 Khasiat Teh Daun Mangga, Sembuhkan Disentri Hingga Diabetes

Manfaatkan tanaman herbal untuk jaga kesehatanmu

Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Fakta mengejutkan bahwa bukan hanya dagingnya saja yang memiliki banyak manfaat, tetapi daun mangga pun dapat dijadikan obat herbal.Kandungan yang dimiliki daun mangga dipenuhi senyawa-senyawa yang baik untuk kesehatanmu.

Biasanya daun mangga digunakan untuk obat disentri.Ternyata ada kebaikan lainnya, daun mangga memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk dikeringkan atau direbus hingga menjadi teh.

Apa saja sih khasiat tersembunyi dari teh daun mangga ini? Inilah deretan khasiat teh daun mangga yang harus kamu tahu dan coba.

1. Menurunkan tekanan darah dengan sifat hipotensinya

5 Khasiat Teh Daun Mangga, Sembuhkan Disentri Hingga DiabetesPixabay.com/Rawpixel

Daun mangga memiliki sifat hipotensi sehingga dapat menurunkan tekanan darah.Hal ini dapat membantu memperkuat pembuluh darah sehingga aliran darah lancar.Selain itu, sifat hipotensi pada daun mangga dapat mencegah masalah varises.Merebus daun mangga menjadi teh herbal dapat kamu coba untuk menstabilkan tekanan darah.

2. Mengatasi diabetes awal dengan kandungan taninnya

5 Khasiat Teh Daun Mangga, Sembuhkan Disentri Hingga DiabetesPixabay.com/tesaphotography

Fakta mengejutkan daun mangga memiliki kandungan tanin, yaitu anthocyanidins yang dapat mengatasi masalah diabetes awal.Kamu dapat menggunakannya dalam teh kering atau dapat dimasukkan kedalam infusan untuk mengatasi diabetes awal.Untuk lebih mudah, kamu dapat membuatnya dengan merendam daun mangga selama semalam dan diminum airnya.Resep ini pun dapat membantumu mengatasi hiperglikemia.

3. Mengobati batu empedu dan ginjal

5 Khasiat Teh Daun Mangga, Sembuhkan Disentri Hingga DiabetesPixabay.com/Hansmartinpaul

Selain itu, teh daun mangga dapat mengobati batu empedu dan ginjal.Hal ini dapat kamu lakukan dengan membuatnya dari tumbukan halus daun mangga. Setelah itu, rendamlah selama semalam. Teh ini dipercaya akan membantumu memecahkan batu empedu dan batu ginjal.

Baca Juga: Minum Teh dalam Keadaan Panas Meningkatkan Risiko Kanker Kerongkongan

4. Menyembuhkan pilek, bronkitis dan asma

5 Khasiat Teh Daun Mangga, Sembuhkan Disentri Hingga DiabetesPixabay.com/4330009

Daun mangga dapat kamu jadikan obat untuk penyakit pilek, bronkitis dan asma.Masalah pernapasan tersebut akan diselesaikan oleh kandungan luar biasa daun mangga ini. Kamu dapat membuat teh daun mangga dengan merebus daun mangga dan diberi sedikit madu. Khasiat teh ini juga dapat membantu batuk dan memperbaiki suara serak.Kamu bisa mencobanya di rumah.

5. Mengobati disentri

5 Khasiat Teh Daun Mangga, Sembuhkan Disentri Hingga DiabetesPixabay.com/Derneuemann

Daun mangga dapat mengobati disentri berdarah yang membuat tubuh lemas.Kamu dapat menumbuk teh mangga yang kering dan dicampurkan dengan air untuk diminum.Lakukan terapi ini dua sampai tiga kali sehari sampai disentri yang kamu derita dapat sembuh.

Teh daun mangga sangat mudah sekali kamu buat mengingat daun mangga tidak sulit ditemukan. Manfaatkan obat herbal untuk menjaga kesehatanmu.Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat, ya.

Baca Juga: Teh Gratis Patekoan, Merawat Tradisi Berbagi dari Secangkir Minuman

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You