Comscore Tracker

7 Manfaat Wakame, Rumput Laut Khas Jepang yang Selezat Nori

Kaya akan nutrisi baik

Wakame merupakan rumput laut Jepang yang dapat dimakan. Rumput laut ini tak kalah lezat dengan nori. Wakame biasanya diolah menjadi sup, salad dan pelengkap lauk. Rasanya gurih dan agak manis sehingga cocok untuk dijadikan menu sehat.

Kandungan nutrisi pada wakame akan membuat kamu berdecak kagum. Wakame memberikan nutrisi dan bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya. Bahkan di Perancis, rumput laut ini sangat populer.

Mau tahu manfaat wakame untuk kesehatan tubuhmu? Berikut deretan manfaat luar biasa dari wakame.

1. Membantu dalam diet sehat

7 Manfaat Wakame, Rumput Laut Khas Jepang yang Selezat Norikqed.org

Wakame memiliki jumlah karbohidrat, lemak dan kalori yang rendah. Kandungan fucoxanthin pada wakame baik untuk membakar lemak. Proses oksidasi lemak dan penumpukan sel diatasi oleh kandungan tersebut. Jika kamu menambahkan wakame pada diet sehat, maka wakame memberikan rasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mengurangi makanan berlemak sekaligus mendapatkan nutrisi lainnya.

2. Mengandung zat antikanker

7 Manfaat Wakame, Rumput Laut Khas Jepang yang Selezat Norimidwestfoodconnection.org

Wakame mengandung senyawa penting fucoxhantin yang baik untuk zat antikanker dan antitumor. Menurut penelitian, fucoxanthin dapat menyembuhkan kanker payudara dan kolorektal kanker. Untuk kamu yang ingin tetap hidup sehat, konsumsi wakame ke dalam menu harian untuk mencegah dari penyakit kanker.

3. Membunuh sel kanker

7 Manfaat Wakame, Rumput Laut Khas Jepang yang Selezat Noripxhere.com

Wakame memiliki rasa asin yang ternyata kaya akan yodium. Yodium pada wakame dapat membantu dalam proses membunuh sel kanker atau apoptosis sel. Kanker payudara dapat dicegah dengan mengonsumsi yodium yang baik. Meskipun yodium berguna untuk membunuh sel kanker, kamu juga tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi yodium. Efek samping jika dimakan dalam porsi terlalu banyak beresiko terkena tirotoksikosis.

Baca Juga: Suka Makanan Jepang? Ini 6 Jenis Rumput Laut untuk Lengkapi Santapanmu

4. Menormalkan tekanan darah

7 Manfaat Wakame, Rumput Laut Khas Jepang yang Selezat Norisplendidtable.org

Selain membunuh sel kanker, senyawa fucoxanthin yang ada pada wakame dapat menormalkan tekanan darah. Zat ini mengakumulasi lemak dan meningkatkan produksi DHA pada hati. DHA penting sekali untuk membantu menurunkan kolesterol buruk yang ada pada tubuh. Penyumbatan arteri bisa diatasi sehingga tubuh terhindar dari penyakit jantung, kolesterol dan stroke yang membahayakan bagi tubuh.

5. Menjaga kesehatan tulang

7 Manfaat Wakame, Rumput Laut Khas Jepang yang Selezat Noriitdelice.com

Wakame mengandung kalsium yang tinggi sehingga dapat membantu dalam mengatasi masalah tulang. Kalsium dibutuhkan sekali untuk memperbaiki kerusakan tulang dan membantu dalam pertumbuhan tulang. Mengonsumsi wakame dapat mencegah terkena osteoporosis sejak dini, sehingga saat tua nanti tubuh tetap sehat dan bugar. Wakame dapat kamu olah menjadi salad dan sup agar rasanya semakin nikmat.

6. Memenuhi asupan folat pada ibu hamil

7 Manfaat Wakame, Rumput Laut Khas Jepang yang Selezat Noricooking.stackexchange.com

Wakame kaya akan vitamin B9 atau folat. Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga resiko cacat tabung saraf pada bayi. Saat masa kehamilan, seorang ibu hamil harus memenuhi asupan folatnya. Mengonsumsi wakame ke dalam menu sehari-hari dapat memenuhi kebutuhan folat harian. Ini penting untuk meminimalisir resiko bayi lahir cacat.

7. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

7 Manfaat Wakame, Rumput Laut Khas Jepang yang Selezat Noriintegrativenutrition.com

Antioksidan yang terkandung dalam wakame bisa kamu manfaatkan juga untuk menjaga kesehatan kulit. Penuaan dini dan penyebab kulit kusam dapat diatasi dengan antioksidan yang ada pada wakame. Selain itu, antioksidan ini dapat membentuk keratin yang berguna untuk menebalkan rambut. Kesehatan kuku pun dapat diatasi dengan kandungan antioksidan pada wakame ini.

Manfaat-manfaat di atas dapat kamu rasakan dengan mengonsumsi wakame ke dalam menu harianmu. Rumput laut dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Nah, mulai sekarang gunakan rumput laut untuk menjaga kesehatanmu.

Baca Juga: Bukan Cuma Sushi, 5 Hidangan Ini Juga Bisa Dibuat Dari Rumput Laut

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You