Comscore Tracker

Anti Gosong, Ini 5 Tips Memanggang Kue Kering Agar Matang Sempurna

Biar kuemu sesuai ekspektasi, nih

Merayakan hari raya Idulfitri tidak lengkap rasanya jika tanpa sajian kue-kue kering yang menghangatkan suasana. Kue nastar, putri salju, hingga kastengel selalu menghiasi kebahagiaan saat lebaran. Meskipun lebaran tahun ini dirayakan di tengah pandemi, namun euforianya tetap sama bagi umat muslim di Indonesia. 

Biar sajian kue keringmu sesuai ekspektasi, ada beberapa tips memanggang kue yang perlu diperhatikan. Hal ini sangat penting mengingat kue yang dibuat harus dihidangkan sempurna saat hari istimewa. Berikut lima tips memanggang kue agar matang sempurna dan anti gosong. 

1. Memanaskan oven terlebih dahulu

Anti Gosong, Ini 5 Tips Memanggang Kue Kering Agar Matang SempurnaPexels.com/Cottonbro

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memanggang kue adalah memanaskan oven terlebih dahulu. Pastikan panas yang keluar pada oven merata sebelum digunakan. Ketika kue keringmu dimasukkan, suhu oven harus tepat sehingga memanaskan oven beberapa menit sangat diperlukan.

Instruksi pertama ini harus diperhatikan agar kue bisa mengembang dan matang dengan sempurna. Apalagi untuk pembuat kue yang masih dalam tahap pemula, jangan sampai lupa, ya.

2. Warna loyang mempengaruhi penyerapan panas

Anti Gosong, Ini 5 Tips Memanggang Kue Kering Agar Matang SempurnaFreepik.com/freepik

Ternyata, warna loyang mempengaruhi hasil kue keringmu saat dipanggang. Warna loyang yang gelap lebih menyerap panas daripada yang terang, sehingga perlu diperhatikan agar kue tidak cepat gosong. Waktu memasak tidak bisa disamakan dengan loyang yang berwarna terang. 

Hal ini terjadi akibat perbedaan materi pada kedua jenis loyang tersebut. Jika memakai loyang berwarna gelap atau hitam, turunkan suhu sekitar 25 derajat atau lapisi dengan kertas roti. Untuk loyang yang terang, waktu memanggang bisa disesuaikan dengan ketentuan waktu pemanggangan yang tertera di resep. 

Baca Juga: 5 Teknik Memanggang dari Baking Hingga Toasted, Pahami Biar Jago Masak

3. Jangan mengolesi mentega pada loyang terlalu banyak

Anti Gosong, Ini 5 Tips Memanggang Kue Kering Agar Matang SempurnaPexels.com/Ready Made

Kesalahan lain saat memanggang kue yang sering dilakukan adalah mengoles mentega pada loyang terlalu banyak. Alih-alih berpikir ini akan membuat kue mudah saat diangkat, justru hal ini membuat mentega mudah cair.

Mentega yang mencair menyebar di permukaan loyang sehingga kue yang dicetak bisa menyatu dengan kue yang lainnya. Alternatif lain yang lebih baik daripada mengoles mentega bisa menggunakan kertas roti.

4. Tak perlu memutar loyang pada oven

Anti Gosong, Ini 5 Tips Memanggang Kue Kering Agar Matang SempurnaFreepik.com/stanislav71

Banyak orang yang mengira bahwa saat memanggang, loyang kue perlu diputar agar matang sempurna. Sebenarnya cara ini tidak dibenarkan. Ketika memutar loyang, pintu oven terbuka sehingga suhu di dalamnya akan turun dan tidak stabil.

Waktu pemanggangan yang hanya beberapa menit saja akan terganggu karena panas yang tersebar berkurang. Membuka oven di tengah-tengah waktu memanggang menyebabkan perubahan panas yang akan mempengaruhi hasil kuemu. 

5. Hindari membuka oven terlalu sering

Anti Gosong, Ini 5 Tips Memanggang Kue Kering Agar Matang SempurnaPexels.com/Gustavo Fring

Untuk menjaga kestabilan suhu, hindari membuka oven terlalu sering. Hal ini akan membuat hasil kuemu tidak mengembang sempurna karena panas yang tidak merata. Jika kamu belum terlalu paham tingkat kematangan kue, gunakan kaca oven untuk melihat kuemu matang atau gosong.

Bersihkan kaca oven setiap kali loyang dimasukkan untuk membantumu melihat kematangan kue. Yang terpenting, biarkan suhu oven tetap seimbang dengan tidak membukanya terlalu sering.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu dipahami agar saat memanggang kue kering matang dan tidak gosong. Di hari lebaran ini, sajikan kue-kue istimewa agar suasana rumah makin hangat dan penuh kebahagiaan. Selamat merayakan hari raya Idulfitri.

Download aplikasi cari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Masalah Saat Membuat Kue Kering dan Cara Menghindarinya

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Seorang manusia yang biasa-biasa saja, namun hobinya menulis artikel. Keren banget kan hobinya? Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya