Comscore Tracker

Atasi Perut Kembung Saat Puasa dengan Minum 6 Teh Hangat Ini

#RamadanMasaKini Sajikan kehangatan pada perut

Saat puasa pola makan yang biasa kita lakukan berubah. Ini berdampak pula pada perubahan kondisi tubuh yang membutuhkan penyesuaian. Kadangkala kita mengalami perut kembung saat puasa. Makan yang terlalu cepat hingga sembarangan dalam memilih menu makanan menjadi penyebab perut kembung.

Perasaan sesak dan perut seakan penuh dirasakan oleh kamu yang terkena perut kembung. Seringnya buang angin dan kram perut menjadi gejala selanjutnya. Kamu dapat atasi ini dengan teh hangat dari berbagai bahan sederhana.

Untuk itu, kamu harus coba teh hangat berikut ini agar perut kembungmu bisa cepat sembuh.

1. Teh bunga lawang

Atasi Perut Kembung Saat Puasa dengan Minum 6 Teh Hangat IniPixabay.com/Mareefe

Teh bunga lawang dapat kamu gunakan untuk atasi perut kembung. Rasanya yang hangat akan menetralkan perutmu sehingga perut yang seakan penuh dapat normal kembali. Bunga lawang memiliki sifat antiseptik yang dapat dijadikan penyembuh luka.

Kamu dapat mengonsumsinya sehari sekali untuk menjaga perut kembung serta sembelit. Dijadikan minuman hangat saat puasa dapat kamu coba nih.

2. Teh biji adas

Atasi Perut Kembung Saat Puasa dengan Minum 6 Teh Hangat IniPixabay.com/Putzeck

Teh biji adas dapat membantu meringankan masalah pada lambung. Kembung karena karminatif dan diuretik dapat diatasi dengan teh biji adas ini. Kandungan pada biji adas dapat mengatasi kejang pada lambung. Kamu dapat mengonsumsinya dengan mencampurkan bubuk biji adas ke dalam air hangat, lalu minum dua kali sehari saat buka dan sahur.

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Teh Chamomile Bagi Kesehatan

3. Teh peppermint

Atasi Perut Kembung Saat Puasa dengan Minum 6 Teh Hangat IniPixabay.com/myriams-fotos

Teh Peppermint yang hangat ternyata mengandung menthol yang berguna untuk pencernaan. Sama seperti biji adas, peppermint dapat mengatasi kejang perut. Kamu dapat mengonsumsinya dengan mencampurkan peppermint dengan air hangat hingga menjadi teh. Rasanya yang hangat akan membuat perutmu lebih rileks.

4. Teh jahe

Atasi Perut Kembung Saat Puasa dengan Minum 6 Teh Hangat IniPixabay.com/Congerdesign

Teh jahe dikenal dapat menyembuhkan keluhan pada perut. Untuk mengatasi perut kembung kamu dapat menggunakan teh jahe ini. Rasanya yang hangat akan meringankan otot-otot yang kejang hingga normal kembali. Teh jahe memiliki wangi yang harum dan menenangkan. Senyawa gingerol membantu masalah pada usus dan melenturkan otot-otot perut yang tegang. Konsumsi teh jahe ini saat puasa agar perut tetap hangat.

5. Teh kunyit

Atasi Perut Kembung Saat Puasa dengan Minum 6 Teh Hangat Inithespruceeats.com

Kunyit dikenal dengan efek antiradang dan antioksidan yang tinggi. Kandungan kurkumin pada kunyit akan membuat perutmu hangat. Mengonsumsi teh kunyit akan membuat puasamu lebih bugar. Kamu dapat membuatnya dengan mencampurkan kunyit dengan air hingga terbentuk teh hangat yang menenangkan.

6. Teh lemon

Atasi Perut Kembung Saat Puasa dengan Minum 6 Teh Hangat IniPixabay.com/Pantameron

Teh lemon dapat membantumu atasi masalah perut kembung saat puasa. Sifat antibakterinya akan membantu membuang racun dalam tubuh. Mencampurkan teh lemon dan madu akan menghilangkan kram dan kembung pada perut. Selain itu, rasanya yang menyegarkan akan membuat teh hangat ini memberikan kesegaran.

Perut kembung saat puasa akan membuat otot perutmu kram dan tegang. Untuk itu, mulailah konsumsi teh dari bahan alami ini agar puasamu tetap lancar. Jaga pola tidur agar perut tidak banyak membuang gas. Tetap semangat jalani puasa.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You