Comscore Tracker

5 Bahan Pangan yang Nikmat Sebagai Pengganti Nasi

Buat kalian yang mencari pengganti nasi bisa dicoba, nih!

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya hayati, salah satunya adalah tanaman padi. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa nasi yang berasal dari tanaman padi merupakan bahan pangan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Eits, ternyata tidak hanya nasi saja lho yang dapat digunakan sebagai bahan pangan utama dan sumber karbohidrat. Nah, berikut ini akan dibahas sumber pangan apa saja yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi.

1. Ubi jalar

5 Bahan Pangan yang Nikmat Sebagai Pengganti Nasipexels.com

Ubi jalar merupakan bahan pangan yang mengandung pati dan karbohidrat kompleks, selain itu, ubi jalar juga mengandung serat dan berbagai vitamin. Kandungan karbohidrat dalam ubi jalar sebanyak 22,6 gram per 100 gram ubi jalar.

Jika melihat ubi jalar maka kita akan menemukan warna ubi yang berbeda-beda di antaranya ada yang berwarna kuning, oranye, dan ungu, warna tersebut disebabkan karena kandungan zat warna di dalam ubi jalar.

Pengolahan ubi jalar sebagai makanan umumnya diolah secara tradisional seperti direbus, digoreng, dan dibuat tepung, namun jangan khawatir teman-teman karena saat ini dapat kita temukan cara pengolahan ubi jalar yang nikmat dan kekinian.

Beberapa makanan yang dapat dibuat dari bahan dasar ubi yaitu snack ubi jalar, bola-bola ubi jalar, es krim ubi jalar, ubi jalar panggang, dodol ubi jalar, dan french fries ubi jalar. Wah menarik dan menggugah selera banget ya!

2. Singkong

5 Bahan Pangan yang Nikmat Sebagai Pengganti NasiPixabay/Brett Hondow

Singkong merupakan salah satu komoditas pangan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat yang terdapat di dalam singkong cukup banyak loh yaitu 34-37 gram per 100 gram singkong. Berbagai macam olahan makanan berbahan singkong di antaranya tepung tapioka, singkong rebus, singkong goreng, keripik singkong, dan gaplek.

Singkong dapat diolah dengan berbagai cara diantaranya direbus dan digoreng menjadi singkong goreng atau keripik singkong. Tepung tapioka dibuat dengan cara mengolah butiran pati yang ada di dalam singkong, tepung tapioka ini dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu lho.

Sementara itu, gaplek dibuat dengan cara mengupas dan memotong singkong kemudian singkong dijemur hingga kering. Cara pembuatan yang mudah, harga murah, bahan mudah didapat, dan rasanya yang nikmat membuat singkong menjadi salah satu makanan favorit nih.

Baca Juga: 10 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Enak, tapi Bikin Cepat Ngantuk

3. Talas

5 Bahan Pangan yang Nikmat Sebagai Pengganti NasiPixabay/Varintorn Kantawong

Bahan pangan yang satu ini identik dengan salah satu nama kota di Indonesia lho, ya pastinya Kota Bogor. Tanaman talas mengandung karbohidrat sejumlah 21 gram per 100 gram talas,  talas juga mengandung amilopektin yang menjadikan teksturnya terasa lengket.

Selain karbohidrat, talas juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Talas juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna, wah selain mengenyangkan ternyata talas juga menyehatkan ya.

Talas merupakan tanaman yang sangat berguna karena seluruh bagian tanamannya bisa digunakan. Daun talas dapat digunakan sebagai pembungkus masakan, batang talas dapat diolah menjadi sayur, sedangkan umbinya dapat digunakan sebagai pengganti nasi yaitu diolah menjadi perkedel talas, keripik talas, talas goreng, bahkan kue talas.

Makanan yang paling digemari saat ini adalah kue lapis talas khas Kota Bogor, selain tampilannya yang menarik, rasa dari kue ini enak dan lembut banget loh, wajib coba nih! 

4. Jagung

5 Bahan Pangan yang Nikmat Sebagai Pengganti NasiPixabay/Alicja

Jagung merupakan salah satu tanaman yang terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Jagung mengandung karbohidrat yang tinggi loh yaitu 64-74 gram per 100 gram jagung, wah tinggi banget ya. Jagung dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi loh teman-teman.

Cara pengolahan jagung dapat langsung dikonsumsi dengan cara direbus atau dibakar terlebih dahulu. Jagung dapat diolah menjadi nasi jagung, tepung jagung yang biasa disebut sebagai tepung maizena, dan camilan jagung kekinian yang dikenal dengan nama jasuke alias jagung-susu-keju, dan tidak lupa jagung juga dapat diolah menjadi camilan untuk teman menonton film di bioskop, yap popcorn.

Pengolahan jagung menjadi popcorn cukup mudah nih teman-teman, biasanya kita dapat menemukan jagung yang sudah dikeringkan sebagai bahan dasar popcorn.

5. Gadung

5 Bahan Pangan yang Nikmat Sebagai Pengganti Nasibibitbunga.com/Umbi Gadung

Gadung mengandung karbohidrat namun kandungannya tidak lebih tinggi dibandingkan dengan karbohidrat yang terdapat pada jagung. Kandungan karbohidrat pada gadung sebesar 23,23 gram per 100 gram umbi gadung. Bagian tanaman gadung yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan yaitu bagian umbinya.

Pemanfaatan umbi gadung sebagai makanan masih terbatas karena umbi gadung mengandung suatu jenis racun yang apabila dimakan akan menyebabkan pusing dan muntah-muntah. Namun, jangan khawatir karena terdapat cara untuk menghilangkan racunnya yaitu dengan merendam umbi gadung ke dalam air garam atau ke dalam air mengalir selama satu hari.

Pengolahan umbi gadung sebagai bahan makanan yang paling banyak yaitu dibuat sebagai keripik gadung. Keripik gadung memiliki tampilan yang cukup menarik dan terlihat renyah, rasa kripiknya juga enak dan tidak menimbulkan rasa pusing setelah dikonsumsi.

Selain diolah sebagai keripik, umbi gadung juga dapat dibuat menjadi tepung gadung lho. Untuk teman-teman yang mau mencoba konsumsi makanan ini harus tetap hati-hati dan pahami cara mengolahnya dengan baik, serta yang terpenting jangan mengkonsumsinya secara berlebihan ya.

Nah, itu dia lima makanan pengganti nasi yang tidak kalah nikmat dan mengenyangkan. Teman-teman bisa coba mengolah makanan ini di rumah, selain menambah variasi makanan kita juga bisa memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di Indonesia.

Baca Juga: Gak Melulu Nasi Putih, Ini 6 Sumber Karbohidrat yang Menyehatkan

Ofiati Wijaya Photo Writer Ofiati Wijaya

Merupakan seorang mahasiswi kesehatan di pinggiran Kota Depok yang menyukai animasi karya Studio Ghibli

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya