Comscore Tracker

6 Makanan Ini Mampu Simpan Energi Lebih Lama Saat Kamu Puasa

Pilihanmu harus tepat biar puasanya kuat~

Bagi tubuh, makanan berfungsi sebagai sumber energi. Tanpa asupan makanan, tubuh akan terasa lemas dan tidak semangat beraktivitas. Jika hal ini dibiarkan tentu akan membuat kamu tidak maksimal dalam beraktivitas atau bekerja. Namun, apa jadinya ya kalau kamu lagi puasa?

Gak perlu khawatir. Puasamu bisa tetap lancar asalkan kamu bisa memilih makanan yang tepat sebagai sumber asupan energimu. Tentu gak cukup dengan asal makan enak saja saat sahur dan berbuka, tapi justru kandungan energinyalah yang harus kamu perhatikan. Nah berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya kamu konsumsi sebagai sumber energi.

1. Bayam

6 Makanan Ini Mampu Simpan Energi Lebih Lama Saat Kamu Puasaunsplash.com/CathalMacanBheatha

Terkenal memiliki kandungan zat besi dan magnesium yang tinggi, bayam memang jadi rekomendasi makanan sumber energi yang layak kamu konsumsi. Selain memiliki peran penting dalam proses menghasilkan energi, magnesium juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sekaligus mengendurkan otot-otot tubuh yang kencang. Nah olahan bayam ini cocok banget kalau kamu konsumsi saat sahur.

2. Madu

6 Makanan Ini Mampu Simpan Energi Lebih Lama Saat Kamu Puasaunsplash.com/MattHoffman

Selain dikenal baik bagi kesehatan kulit, madu adalah salah satu jenis makanan yang dikenal sebagai sumber energi. Mengkonsumsi madu juga sangat baik bagi kamu yang memang aktif beraktivitas, gemar berolahraga, atau melakukan kegiatan-kegiatan yang berat lainnya. Cukup konsumsi satu atau dua sendok setiap sahur dan berbuka agar energi dalam tubuh tetap terjaga.

3. Apel

6 Makanan Ini Mampu Simpan Energi Lebih Lama Saat Kamu Puasaunsplash.com/JoannaNix

Punya kegemaran makan enak tentu sah-sah saja, tapi pastikan bahwa makanan yang kamu santap memang bermanfaat bagi tubuh. Nah untuk membuat tubuh tetap berenergi, sebaiknya kamu lebih sering mengkonsumsi buah apel. Kandungan serat dalam apel terbukti memberikan cadangan energi sekaligus menjaga agar perut kamu terasa kenyang lebih lama. Pas banget 'kan kalau kamu makan apel saat sahur agar kuat untuk puasa seharian penuh.

Baca Juga: 5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapat Saat Berbagi Makanan Saat Bulan Puasa

4. Ubi

6 Makanan Ini Mampu Simpan Energi Lebih Lama Saat Kamu Puasaunsplash.com/EllaOlsson

Tahukah kamu bahwa ubi termasuk jenis makanan sumber energi? Dalam ubi terkandung zat-zat penting yang menghasilkan nutrisi untuk tubuh seperti betakarotin, magnesium, dan vitamin C. Selain itu, kandungan potasium dalam ubi juga baik untuk menyeimbangkan tekanan darah. Yang pasti, ubi ini bisa diolah menjadi berbagai menu makanan. Kamu pun bisa makan lezat sekaligus mendapat asupan energi.

5. Telur

6 Makanan Ini Mampu Simpan Energi Lebih Lama Saat Kamu Puasaunsplash.com/EatersCollective

Makanan sumber energi yang mudah ditemui salah satunya adalah telur. Dibanding jenis makanan lainnya, telur memiliki kandungan vitamin B dan D yang tinggi. Itulah mengapa seringkali orang yang sedang menjalani diet hanya memakan putih telur saja. Sementara bagi kamu yang tidak sedang berdiet, putih dan kuning telur bisa jadi dikonsumsi untuk sumber energi.

6. Almond

6 Makanan Ini Mampu Simpan Energi Lebih Lama Saat Kamu Puasaunsplash.com/JuanJoséValenciaAntía

Selain makanan utama, camilan kamu sehari-hari juga harus diperhatikan. Jangan asal makan enak, karena yang kamu butuhkan adalah camilan sehat yang mampu memberikan asupan energi bagi tubuh. Almond adalah makanan yang tinggi kandungan mangan dan protein. Ada pula roboflavin yang juga ikut serta dalam proses produksi energi. Camilan yang satu ini cocok disantap saat berbuka puasa agar kondisi tubuhmu yang kekurangan energi setelah seharian berpuasa bisa kembali prima.

Nah, apakah selama ini kamu sudah memilih makanan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan energi tubuhmu saat puasa? Selain makanan-makanan di atas, menu makanan sehari-harinya tentu juga harus diperhatikan. Jangan sampai kamu justru salah memilih menu makanan sehingga kebutuhan energi tubuh tidak tercukupi dengan baik.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 05:15:05

Progress: 765.196 dari 813.350 TPS (94.07955%)

Just For You