Comscore Tracker

6 Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Agar Kuat Berpuasa

Jangan salah pilih menu sahur dan bukamu!

Bulan Ramadhan akhirnya datang. Agar kuat menjalani puasa, perkara asupan makanan jadi hal penting yang harus diperhatikan. Khususnya saat sahur dan berbuka, makanan yang disantap haruslah kaya gizi dan bernutrisi. Nah, bahan makanan apa aja yang sebaiknya kamu pilih?

Saat bulan puasa, sebaiknya jangan semata-mata ingin makan enak saja. Perhatikan bahan-bahan makanan yang kamu pilih. Pastikan bahwa makanan tersebut dapat membuat tubuh bugar dan lebih kuat menjalani puasa. Lalu apa saja sih yang sebaiknya kamu konsumsi? Yuk, simak!

1. Pilihlah gandum sebagai sumber karbohidrat

6 Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Agar Kuat Berpuasaunsplash.com/BrunoThethe

Bahan bakar utama tubuh agar tetap bisa beraktivitas adalah karbohidrat. Namun bukan sembarang karbohidrat, bahan makanan dengan karbohidrat komplekslah yang menjaga tubuh agar tidak cepat lapar. Maka, salah satu yang sebaiknya kamu konsumsi saat sahur adalah gandum utuh yang biasanya diolah menjadi berbagai jenis roti.

2. Daging putih bisa jadi pilihan asupan protein

6 Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Agar Kuat Berpuasaunsplash.com/MarkDeYoung

Saat sahur, sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis daging putih sebagai sumber protein tubuh. Hal ini lantaran daging putih akan lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada daging merah. Daging putih dapat berupa daging ayam yang diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti ditumis atau dikukus.

3. Penuhi kebutuhan vitamin dari berbagai sayuran

6 Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Agar Kuat Berpuasaunsplash.com/ToaHeftiba

Sayur-sayuran adalah bahan makanan yang wajib dikonsumsi saat bulan puasa. Khususnya saat sahur, sayuran akan menjaga pencernaan tubuh tetap sehat. Wortel, buncis, kacang panjang, dan terong jadi beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan.

Baca Juga: 11 Karakter Lucu Ini Dibuat dari Makanan Sehat, Yakin Gak Doyan?

4. Keju cocok jadi pilihan sumber gizi dan nutrisi

6 Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Agar Kuat Berpuasabusinessinsider.sg/

Bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur adalah keju. Lantaran memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi, keju akan membuat tubuh lebih kuat saat menjalani puasa. Keju dapat diolah menjadi aneka masakan seperti kue, pasta, atau puding yang nikmat disantap saat sahur.

5. Penuhi kebutuhan kalsium dengan minum susu

6 Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Agar Kuat Berpuasadowntoearth.org.in/

Selain keju, sumber nutrisi dengan kandungan kalsium tinggi yang baik dikonsumsi adalah susu. Bahan makanan ini sangat baik dikonsumsi saat sahur karena membuat tubuh lebih berenergi. Bagi kamu yang kurang suka minum susu dapat juga menggantinya dengan yogurt yang memiliki kandungan gizi sama.

6. Jangan lupa makan buah-buahan biar gak dehidrasi

6 Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Agar Kuat Berpuasaunsplash.com/SaraDubler

Menyantap buah-buahan jadi salah satu yang wajib dilakukan ketika berpuasa. Terlebih saat sahur, buah sangat baik jika disantap tepat 15 menit sebelum makan. Buah-buahan dengan kandungan vitamin dan mineral tinggi akan menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Saat puasa, memperhatikan asupan makanan ketika sahur dan berbuka memang sangat penting. Meski ingin makan enak, kandungan gizi dan nutrisi tetap harus diperhatikan. Jangan sampai kamu asal makan lezat namun mengabaikan kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You