Comscore Tracker

8 Kitchen Hacks yang Bikin Kamu Makin Lihai di Dapur

Jadi betah masak deh...

Sebagian orang mungkin merasa malas masak di dapur karena beberapa alasan. Misalnya saja karena bau amis yang susah hilang, tidak suka terkena asap, tangan kotor, takut terkena minyak dan masih banyak lagi. Tapi sebenarnya, masa itu menyenangkan lho kalau kamu tahu trik-triknya.

Nah supaya momen memasakmu jadi lebih mudah dan menyenangkan, berikut ini adalah 8 kitchen hacks yang harus kamu tahu. Kalau sudah tahu, dijamin deh kamu bakal makin suka dan betah memasak. Yuk, simak!

1. Memisahkan kuning telur dari putihnya

8 Kitchen Hacks yang Bikin Kamu Makin Lihai di Dapurunsplash.com/Louis Hansel

Untuk yang baru belajar masak mungkin paling males sama yang namanya memisahkan kuning dan putih telur. Selain belepotan, kadang juga kulit telur yang bandel seringkali sulit dipisahkan. Padahal, ada cara yang sangan mudah lho untuk memisahkan kuning dan putih telur.

Caranya, kamu cukup membuka telur seperti biasa saja. Selanjutnya, ambil dan dekatkan mulut botol plastik kosong ke kuning telur sambil memencetnya. Ketika mulut botol menyentuh kuning telur, buka pencetannya dan voila! Dengan ajaib kuning telur akan tersedot ke dalam botol dan terpisah dari putih telurnya dengan mudah.

2. Menghilangkan bau

8 Kitchen Hacks yang Bikin Kamu Makin Lihai di Dapurunsplash.com/Frank Vessia

Salah satu hal yang bikin malas masak adalah berbagai macam bau yang seringkali susah hilang. Tapi, kamu tidak perlu khawatir lagi karena bau tidak sedap misalnya dari bawang atau daging mentah bisa dengan mudah dihilangkan.

Salah satunya adalah dengan cara melumuri tangan menggunakan perasan air jeruk lemon. Cara lain yang juga efektif adalah melumuri tanganmu dengan baking soda, atau menggosokkannya ke barang-barang dengan bahan stainless steel.

3. Menjaga buku resep tetap bersih

8 Kitchen Hacks yang Bikin Kamu Makin Lihai di Dapurunsplash.com/S O C I A L . C U T

Bagi pemula yang masih mengandalkan buku resep masakan, mungkin sedikit kerepotan ketika memasak. Pasalnya kamu pasti akan meletakkan buku resep di sembarang tempat dan akhirnya jadi kotor atau rusak. Makanya, coba deh pakai hanger celana dengan dua penjepit di bagian bawahnya. Caranya, jepit buku masakan dengan penjepit hanger dan gantungkan di kitchen counter. Simpel 'kan?

Baca Juga: 10 Kesalahan Memasak yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Slow Cooker

4. Agar tomat segar lebih lama

8 Kitchen Hacks yang Bikin Kamu Makin Lihai di Dapurunsplash.com/Karen Stahlros

Buah tomat adalah salah satu bahan yang hampir selalu ada pada masakan indonesia. Tidak heran kalau ibumu atau mungkin kamu memilih untuk membeli tomat dalam jumlah banyak sebagai persediaan di rumah. Sayangnya, buah yang satu ini mudah sekali benyek  dan busuk. Nah bisa dicoba nih cara praktis untuk memperlambat pembusukan tomat.

Caranya, buang sisa potongan batang tomat kemudian simpan dengan luka bekas batang menghadap ke bawah. Dengan begini, udara akan susah masuk ke dalam buah dan kelembapan asli tomat akan tetap terjaga. Selain itu, tomat sebaiknya juga tidak disimpan di dalam lemari pendingin, melainkan di suhu ruang untuk menjaganya segar lebih lama.

5. Agar pisang tahan lebih lama

8 Kitchen Hacks yang Bikin Kamu Makin Lihai di Dapurunsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Seperti halnya tomat, pisang juga mudah sekali melunak dan kulitnya menghitam sehingga kurang nikmat untuk dikonsumsi. Mudah saja, cukup bungkus bagian pangkal tangkai pisang dengan plastik pembungkus. Cara ini terbukti bisa menghambat gas etilen atau karbit alami keluar dari batang pisang. Nah ketika etilen terblokir, maka pisang akan lebih awet.

6. Cegah irisan buah berubah warna

8 Kitchen Hacks yang Bikin Kamu Makin Lihai di Dapurunsplash.com/Sarah Gualtieri

Buah yang sudah dipotong-potong dan tidak segera dimakan pastinya akan berubah warna, contohnya irisan apel yang awalnya berwarna kuning kemudian berubah menjadi kecokelatan. Tentu saja yang demikian ini akan menghilangkan seleramu untuk menyantap potongan buah tersebut. Nah, ini bisa diatasi dengan memberi sedikit air perasan jeruk lemon atau madu yang dicampur dengan air. Asam sitrat dari lemon maupun peptida dalam madu akan memperlambat proses oksidasi yang mengubah warna buah.

7. Lap lembap untuk menstabilkan alat masak

8 Kitchen Hacks yang Bikin Kamu Makin Lihai di Dapurunsplash.com/Ezequiel Garrido

Saat kamu menguleg atau memotong bahan mentah, sering sekali peralatan tersebut bergoyang-goyang dan menimbulkan suara berisik sehingga suasana memasak menjadi tidak menyenangkan. Kamu bisa manfaatkan lap lembap dan meletakkannya di bawah cobek atau talenan. Selain berguna untuk menstabilkan alat, lap juga berfungsi sebagai peredam suara.

8. Membuka botol dan toples lebih mudah

8 Kitchen Hacks yang Bikin Kamu Makin Lihai di Dapurunsplash.com/Francesco Gallarotti

Kalau sudah berurusan sama buka-membuka botol dan kaleng makanan, khususnya yang masih disegel, sepertinya memang harus mengeluarkan energi ekstra, ya! Nah tapi jangan pesimis dulu, kamu bisa kok memanfaatkan beberapa karet gelang bekas atau lakban untuk membuka botol atau kaleng biar lebih mudah. Pertama, lilitkan beberapa karet gelang di tutup kemasan lalu putar. Cara kedua adalah dengan merekatkan lakban di salah satu tutup botol dan menariknya. Gampang 'kan?

Nah itu tadi beberapa kitchen hacks yang harus kamu tahu agar memasak jadi lebih mudah dan menyenangkan. Gimana? Jadi semangat untuk masak lagi 'kan? Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Kitchen 101: 5 Tips Merawat Peralatan Masak yang Terbuat Dari Kayu

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya