Comscore Tracker

6 Bahan Makanan Pelengkap Ini Wajib Ada Saat Sahur dan Buka!

Walaupun sebagai makanan pelengkap, penting banget nih!

Lantaran kesibukan, di bulan puasa ini seringkali banyak orang yang kemudian abai pada kebutuhan makan. Kesibukan mungkin membuat kamu memilih makanan-makanan cepat saji untuk sahur dan buka yang sebenarnya tidak baik bagi tubuh. Padahal, momen sahur dan buka sangat penting untuk diperhatikan.

Saat buka puasa misalnya, pastikan kamu tidak hanya makan enak tetapi juga makan yang sehat dan bernutrisi. Begitu juga saat sahur, pastinya harus diperhatikan asupan-asupan apa saja yang kamu siapkan untuk bekalmu seharian berpuasa. Nah selain memilih menu-menu utama, ada juga beberapa bahan makanan pelengkap yang sebaiknya kamu santap saat buka dan sahur nih. Apa saja sih?

1. Pisang

6 Bahan Makanan Pelengkap Ini Wajib Ada Saat Sahur dan Buka!unsplash.com/Eiliv-SonasAceron

Menyantap pisang saat sahur terbukti sangat disarankan. Pasalnya, jenis buah yang satu ini mengandung zat pati resisten yang berperan dalam proses mengubah karbohidrat menjadi energi. Selain itu, pisang juga membantu mengontrol nafsu makan kamu. Dengan memakan pisang di saat sahur, kamu pun akan merasa kenyang dan kuat menjalani puasa sehari penuh.

2. Sayuran rebus

6 Bahan Makanan Pelengkap Ini Wajib Ada Saat Sahur dan Buka!goodfood.com.au/

Menyiapkan sayuran rebus sebagai menu pelengkap saat berbuka puasa memang tepat. Hal ini lantaran sayuran rebus adalah menu sehat yang kaya vitamin dan mineral namun minim karbohidrat. Perlu diketahui bahwa makanan yang tinggi karbohidrat kurang baik jika dikonsumsi saat menjelang malam karena akan membuat perut terasa begah. Itulah mengapa menu ini sangat disarankan saat berbuka sehingga kamu tetap bisa menjalani ibadah dan istirahat dengan nyaman.

3. Kacang-kacangan

6 Bahan Makanan Pelengkap Ini Wajib Ada Saat Sahur dan Buka!imperialsugar.com/

Jenis kacang-kacangan adalah bahan makanan yang kaya protein. Menu ini wajib hadir saat sahur atau berbuka karena akan memberikan asupan sumber energi. Mengonsumsi kacang-kacangan saat sahur membuatmu kuat menjalani puasa seharian. Sementara mengkonsumsinya saat buka akan mengembalikan energi tubuhmu setelah seharian berpuasa. Yang pasti, kamu tidak boleh asal makan enak jika ingin tubuh tetap fit saat puasa ya!

Baca Juga: 6 Minuman Manis dan Menyehatkan yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka

4. Kiwi

6 Bahan Makanan Pelengkap Ini Wajib Ada Saat Sahur dan Buka!unsplash.com/LeslyJuarez

Menyantap buah saat sahur dan berbuka memang sebaiknya kamu lakukan. Khususnya untuk buah kiwi yang mengandung vitamin C tinggi, akan dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh. Dengan begitu, asupan makanan akan lebih mudah dicerna dan energi dapat cepat tersalurkan ke seluruh bagian-bagian tubuh.

5. Yogurt

6 Bahan Makanan Pelengkap Ini Wajib Ada Saat Sahur dan Buka!vibrantplate.com/

Saat sahur atau berbuka, kamu mungkin akan memilih makanan-makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. Padahal jika dibiarkan, keduanya dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan tidak bersemangat. Untuk menetralisir hal tersebut, kamu dapat memilih yogurt sebagai camilan. Kandungan vitamin C yang tinggi dan kalsium dapat membantu metabolisme tubuh.

6. Salad

6 Bahan Makanan Pelengkap Ini Wajib Ada Saat Sahur dan Buka!applebees.com/

Ingin makan lezat sekaligus sehat? Salad adalah menu makanan pendamping yang paling tepat. Ya, salad yang terdiri dari buah-buahan atau sayur-sayuran segar ini memang sangat baik disantap. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi akan menjaga tubuh agar tidak mudah lemas saat beraktivitas meski sedang berpuasa.

Makan enak saat sahur dan berbuka tentu sah-sah saja. Tapi sebaiknya, kamu tetap memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Pastikan bahwa tidak hanya karbohidrat dan protein saja, zat-zat lain seperti mineral dan vitamin serta kalsium pun baik bagi tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengkonsumsi Daging Kering, Favorit Banyak Orang Nih!

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You