Comscore Tracker

5 Fakta Penne Carbonara, Menu Pasta yang Pasti Sering Kamu Lihat

Sering makan tapi tahu fakta ini gak?

Bagi kamu yang setidaknya sesekali makan di luar, kemungkinan besar sudah pernah mendengar nama menu yang satu ini. Terlebih kalau kamu memang hobi hangout, nongkrong, atau justru bekerja dan meeting di cafe.

Yup, pasta carbonara adalah salah satu menu yang paling mudah ditemukan di restoran dan cafe. Selain lezat dan cocok dengan lidah banyak orang, alasannya mungkin karena proses memasaknya yang terbilang praktis.

Nah, kalau kamu sudah sering memesan dan makan menu yang satu ini, apakah kamu juga sudah cukup tahu fakta seputar pasta carbonara? Kalau belum, coba deh simak dulu nih penjelasannya di artikel berikut ini. Yuk, simak!

1. Apa sih penne carbonara

5 Fakta Penne Carbonara, Menu Pasta yang Pasti Sering Kamu Lihatpexels.com/Engin Akyurt

Carbonara merupakan jenis masakan pasta dari Italia dengan bahan utama berupa telur, keju, bacon atau kerap diganti dengan daging sapi asap (beef bacon), dan lada hitam (black pepper).

Carbonara disebut sebagai resep yang berasal dari wilayah pedesaan di Roma, Italia. Sementara penne merupakan salah satu jenis pasta berbentuk silinder. Selain penne, jenis pasta yang biasa diolah ala carbonara ialah fettuchini.

2. Perkembangan menu penne carbonara

5 Fakta Penne Carbonara, Menu Pasta yang Pasti Sering Kamu Lihatpexels.com/Engin Akyurt

Dalam resep aslinya, carbonara tidak menggunakan krim (cream). Citarasa creamy pada carbonara berasal dari pemakaian telur dan keju yang banyak. Ada dua jenis keju yang digunakan dalam olahan carbonara yakni keju pecorino romano yang berasal dari susu kambing dan parmigiano-reggiano atau biasa dikenal keju parmesan. Oleh karena itu, penne carbonara dikenal sebagai jenis pasta yang sederhana tetapi mempunyai rasa yang lezat.

Dalam perjalanannya, carbonara cukup populer di berbagai negara, salah satunya di Amerika. Di negara Paman Sam ini, carbonara mengalami variasi, salah satunya penggunaan cream sebagai bahan baku utama. Sementara, di beberapa negara yang mayoritas penduduknya muslim, seperti Indonesia, daging babi (bacon) diganti dengan daging sapi asap (smoked beef).

Baca Juga: 5 Cara Gampang Masak Rose Pasta, Pasta Creamy Hits di Korea Selatan

3. Sejarah penne carbonara

5 Fakta Penne Carbonara, Menu Pasta yang Pasti Sering Kamu Lihatpexels.com/JÉSHOOTS

Ada tiga versi sejarah soal asal mula carbonara. Menurut Alan Davidson dalam buku The Oxford Companion to Food menjelaskan bahwa carbonara mulai ditemukan pada 1944 saat masa Perang Dunia II. Selama pendudukannya di Roma, pasukan sekutu turut menikmati menu favorit warga yakni olahan telur, keju, dan bacon. Olahan ini menjadi sajian favorit bagi para pasukan Sekutu. Mereka pun turut membagi-bagikan telur, keju, dan bacon kepada warga. Hingga masa perang berakhir, para pasukan sekutu turut membawa resep dan pengetahuan memasak ke negara asalnya.

Sementara versi yang lain mengatakan bahwa carbonara berasal dari carbonari yang artinya pembuat atau pembakar arang. Para carbonari ini menjadi sebuah komunitas yang diasingkan oleh pemerintahan Roma. Mereka tinggal di daerah pegunungan yang terpencil. Kebiasaan komunitas ini, mereka lebih suka mengolah pasta jenis penne daripada spagheti. Alasannya, mengolah penne dengan telur dan keju lebih mudah daripada spagheti.

Versi lain menunjukkan bahwa sekitar tahun 1912 seorang pengusaha arang mendirikan rumah makan Carbonaro dan mempunyai sajian utama “Penne alla Carbonaro”. Carbonara menjadi menu utama bagi para pekerja pembuat arang.

4. Bahan-bahan membuat penne carbonara

5 Fakta Penne Carbonara, Menu Pasta yang Pasti Sering Kamu Lihatpexels.com/pixabay

Tidak melulu jajan di luar, pasta carbonara sebenarnya adalah resep yang mudah untuk kamu praktikkan sendiri di rumah. Lumayan 'kan hemat uang jajan dan melatih skill memasakmu. Nah kalau tertarik, berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan.

Bahan pasta:

  • 300 gram pasta jenis Penne atau Pacetta (jenis pasta bisa diganti sesuai keinginan atau persediaan)
  • 1 liter air untuk merebus pasta
  • 1 sdm minyak zaitun (olive oil)
  • 1 sdt garam

Bahan saus carbonara:

  • 3 sdm minyak zaitun (olive oil)
  • 1 butir telur
  • 100 gr bawang bombay, cincang halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 150 gr daging asap (smoked beef), iris dadu 1 cm
  • 100 ml krim kental (double cream)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada hitam / merica bubuk
  • daun mint segar atau parsley, cincang kasar
  • keju parmesan

5. Cara memasak penne carbonara

5 Fakta Penne Carbonara, Menu Pasta yang Pasti Sering Kamu Lihatgoodtoknow.co.uk

Mudah saja kok untuk membuat penne carbonara di rumah. Pertama-tama, kamu hanya perlu memanaskan air, garam, dan minyak zaitun. Rebus pasta hingga al dente (matang), kemudian tiriskan. Kocok telur bersama cream, garam, dan lada hitam dalam mangkuk besar. Setelah itu, tumis bawang bombay, bawang putih, dan daging asap hingga matang. Kemudian, campur pasta dengan tumisan daging asap, tambahkan irisan daun mint atau parsley.

Setelah matang dan tercampur sempurna, saatnya memadukannya dengan kocokan telur dan cream. Dalam tahap ini, lakukan dengan cepat supaya telur tidak menggumpal. Sajikan selagi panas dengan taburan keju parmesan dan irisan daun parsley.

Wow sudah kebayang 'kan lezatnya menyantap menu penne carbonara buatanmu sendiri di rumah? Gak usah lama-lama deh, yuk segera siapkan bahan-bahan dan praktikkan resepnya!

Baca Juga: 7 Cara Enak Mengolah Sisa Pasta yang Sudah Dimasak, Mana Favoritmu?

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya