Comscore Tracker

5 Makanan Terbaik yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Demi si kecil dalam perutmu nih~

Kehamilan memang bukanlah hal yang bisa dipandang sebelah mata. Hal ini karena ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisi untuk dirinya sendiri dan juga bayi yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu dalam memilih nutrisi untuk ibu hamil pun tidak bisa sembarangan.

Ibu hamil disarankan memenuhi kebutuhan kalori harian sebanyak 1800 - 2000 Kkal. Namun perlu diperhatikan bahwa kalori tersebut harus berasal dari makanan-makanan yang berkualitas dan menyehatkan. Nah, apa saja sih makanan-makanan terbaik bagi ibu hami?

1. Asupan wajib bagi ibu hamil adalah berbagai jenis sayuran hijau

5 Makanan Terbaik yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamilunsplash.com/RaphaelNogueira

Salah satu makanan terbaik bagi ibu hamil adalah sayur-sayuran hijau. Dari berbagai jenis sayuran hijau, yang paling direkomendasi adalah bayam dan kangkung. Hal ini lantaran kedua sayuran ini mengandung zat besi, serat, folat dan vitamin C yang tentu saja sangat cocok sebagai nutrisi untuk ibu hamil.

Penting bagi ibu hamil untuk menjaga kandungan zat besi dalam tubuhnya. Maka ketika ibu hamil mengalami kekurangan zat besi, mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam akan sangat dianjurkan. Fungsi lain dari sayuran hijau adalah memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh ibu hamil. Hal ini penting dalam mencegah terjadinya sembelit, sedangkan vitamin C sendiri juga membantu penyerapan zat besi untuk ibu hamil.

2. Nasi putih lebih banyak mengandung zat berbahaya, ibu hamil disarankan makan nasi merah

5 Makanan Terbaik yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamilunsplash.com/CharlesKoh

Seperti diketahui, beras putih mengalami proses pengolahan yang lebih panjang. Hal ini mengakibatkan hilangnya nutrisi seperti vitamin B, tiamin, dan lemak esensial. Terlebih proses seperti polishing atau pemutihan membuat zat-zat yang kurang baik menempel pada beras putih. Itulah mengapa ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi nasi merah saja. 

Di dalam nasi merah terdapat nutrisi untuk ibu hamil seperti serat, zat besi, dan vitamin B. Selain itu, nasi merah juga termasuk rendah indeks glikemik dan membantu ibu hamil bisa merasa kenyang lebih lama. Kesehatan sistem saraf dan produksi sel-sel darah merah dapat terjadi karena adanya vitamin B di dalam nasi merah. Ini sangat dibutuhkan karena saat hamil volume darah akan meningkat 40 persen.

Baca Juga: Gak Cuma Testpack, Kamu Bisa Cek Kehamilan Dengan 5 Bahan Dapur Ini

3. Makan buah juga wajib, khususnya konsumsi buah stroberi

5 Makanan Terbaik yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamilunsplash.com/ClemOnojeghuo

Makanan terbaik untuk ibu hamil lainnya berasal dari golongan buah-buahan, yaitu buah stroberi. Nutrisi dari buah stroberi ini terbilang super karena mengandung antioksidan, folat, serat dan vitamin C. Antioksidan di dalam stroberi ini berfungsi dalam membantu melindungi bayi dari risiko diabetes tipe 2 atau obesitas.

Sebaiknya storberi banyak dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan berlangsung. Selain itu, antioksidan dalam buah stroberi ini juga menurunkan resiko preeklamsia, yaitu tekanan darah tinggi serius yang terjadi saat hamil.

4. Asupan yang gak kalah penting adalah ikan atau minyak ikan

5 Makanan Terbaik yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamilmedicalnewstoday.com

Selain sayuran dan buah-buahan sebagaimana disebutkan di atas, asupan yang juga harus diperhatikan oleh ibu hamil adalah ikan. Yup, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi dua porsi ikan yang kaya akan asam lemak omega tiga setiap harinya.

Hal ini lantaran ikan mengandung asam lemak yang diperlukan untuk perkembangan mata dan sistem saraf bayi. Ikan salmon adalah salah satu sumber asam lemak omega tiga terbaik. Namun jika salmon dinilai terlalu mahal, ikan kembung bisa menjadi alternatif.

Hanya saja di sisi lain, ibu hamil tetap harus berhati-hati karena terlalu berlebihan mengonsumsi ikan juga bisa berbahaya. Terutama karena banyaknya kandungan polutan pada ikan. Nah, amannya ibu hamil dapat menyeimbangkan konsumsi ikan dengan cara menggantinya dengan konsumsi minyak ikan.

5. Selain stroberi, konsumsi pisang juga sangat disarankan lho!

5 Makanan Terbaik yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamilunsplash.com/Eiliv-SonasAceron

Selain stroberi yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi pisang. Pasalnya, pisang adalah jenis buah yang memiliki kandungan potasium tinggi. Potassium ini dibutuhkan untuk mengatasi penahanan cairan yang membuat kaki jadi bengkak dan kram saat hamil. Selain itu, pisang dapat membuat ibu hamil kenyang lebih lama karena kandungan serat dan gula yang dirilis secara perlahan saat proses pencernaan. Seratnya pun bagus untuk mencegah sembelit. 

Itulah lima makanan terbaik yang wajib dikonsumsi ibu hamil. Mulai saat ini biasakan untuk memilih makanan-makanan di atas demi kesehatan ibu dan si kecil dalam perut ya!

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Wanita Wajib Rutin Konsumsi Jagung Saat Hamil

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 23:00:04

Progress: 758.220 dari 813.350 TPS (93.22186%)

Just For You