Comscore Tracker

7 Pilihan Olahan Zucchini Ini Dijamin Bikin Kamu Sehat

Hidup sehat dengan konsumsi zucchini, yuk!

Zucchini merupakan jenis sayuran yang sekilas mirip dengan timun Jepang (kyuri), meski keduanya sebenarnya berbeda. Zucchini adalah jenis sayuran yang termasuk dalam spesies Cucurbita Peppo dan seringkali disebut terong dari Italia. Zucchini memiliki warna hijau gelap pekat dengan permukaan kulit yang kering dan kasar serta memiliki rasa kombinasi pahit dan manis.

Di Indonesia, mengonsumsi sayuran zucchini ini memang belum begitu populer. Zucchini kebanyakan digunakan dalam menu-menu western. Meski belum awam bagi banyak orang, zucchini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho.

Nah buat kamu yang ingin mengonsumsi sayuran sehat ini, gak perlu bingung soal bagaimana mengolahnya. Berikut ini tujuh pilihan olahan zucchini yang gak cuma lezat, tapi dijamin banyak manfaat. Yuk, simak!

1. Sup zucchini

7 Pilihan Olahan Zucchini Ini Dijamin Bikin Kamu Sehatbeabausa.com/

Mungkin kamu membayangkan jika zucchini hanya bisa diolah menjadi menu salad atau lalapan pelengkap makanan, tapi ternyata gak lho! Zucchini dapat diolah menjadi bahan utama atau bahan campuran dalam menu sup. Ini hampir sama seperti ketika kamu mengolah sup jagung dan labu kuning.

Manfaatnya selain bisa menghangatkan badan, sup zucchini ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat memperlancar pencernaan. Dengan begitu, masalah sembelit atau susah buang air besar pun bisa teratasi.

2. Sandwich zucchini

7 Pilihan Olahan Zucchini Ini Dijamin Bikin Kamu Sehatkneadbakecook.com/

Bingung bikin olahan zucchini yang simple, praktis, tapi tetap enak? Bikin sandwich zucchini aja! Yup, zucchini dapat digunakan sebagai campuran isian sandwich. Ini cocok banget djadikan kudapan sarapan pagi atau bekal makan di kantor. Pasalnya selain mengenyangkan, menu ini juga bisa menambah stamina.

Di dalam zucchini terdapat vitamin B yakni B6 (pyridoxine) dan B1 (thiamine) yang berfungsi mengedarkan oksigen keseluruh tubuh dan mengubah protein serta karbohidrat menjadi energi yang siap didistribusikan keseluruh tubuh.

3. Keripik zucchini

7 Pilihan Olahan Zucchini Ini Dijamin Bikin Kamu Sehatkitchentreaty.com/

Selain dibuat menjadi sup dan sandwich, zucchini juga dapat diolah menjadi camilan menyehatkan yaitu keripik zucchini. Cara membuatnya mirip seperti mengolah terong goreng.

Tidak usah khawatir bagi yang menjalankan program diet, karena pada dasarnya zucchini tinggi kalori dan kaya akan serat, sehingga efek dari mengonsumsinya adalah merasakan kenyang yang lebih lama. Jadi, justru cocok bagi yang sedang menjalankan program diet, karena tidak akan membuat berat badan naik.

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menambahkan Garam pada Masakan

4. Zucchini parmesan

7 Pilihan Olahan Zucchini Ini Dijamin Bikin Kamu Sehatsouthernfatty.com/

Selain keripik zucchini, zucchini juga dapat dioleh menjadi camilan lain yaitu zucchini parmesan. Cara membuatnya sangat sederhana, yaitu cuci zucchini lalu potong dalam bentuk memanjang, kemudian taburi keju parmesan dan masukan ke dalam oven selama 20 menit.

Camilan ini tergolong healthy food karena dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Zucchini memiliki kandungan serat yang larut dalam air sehingga mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan menjaga kadar gula tetap stabil.

5. Jus zucchini

7 Pilihan Olahan Zucchini Ini Dijamin Bikin Kamu Sehatirenamacri.com/

Selain diolah menjadi makanan yang menyehatkan, zucchini dapat diolah menjadi minuman yang menyehatkan, salah satunya yakni jus. Meskipun rasanya hampir mirip es timun suri, namun jus zucchini ini lebih segar dan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Hal ini lantaran zucchini tinggi serat sekaligus memiliki kandungan natrium yang rendah, sehingga dapat membantu sirkulasi darah dan menjaga kerja jantung.

6. Smoothies zucchini

7 Pilihan Olahan Zucchini Ini Dijamin Bikin Kamu Sehathomemadenutrition.com/

Selain diolah menjadi jus, zucchini juga dapat diolah menjadi smoothies. Cara membuatnya cukup sederhana yakni mencampurkan zucchini, biskuit dan yogurt yang diblender menjadi satu. Mengonsumsi zucchini dapat membuat mata menjadi sehat, karena kandungan senyawa karotenoid yakni lutein dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari bahaya radikal bebas.

7. Salad zucchini

7 Pilihan Olahan Zucchini Ini Dijamin Bikin Kamu Sehatvegetariantimes.com/

Zucchini dapat dikonsumsi meski tanpa dimasak terlebih dahulu, yakni diolah menjadi campuran salad sayur. Salad sayur bisa disajikan dengan potongan zucchini segar, potongan tomat segar, dan daun selada segar yang diiris. Zucchini segar ini mempunyai kandungan kolin yang dapat membantu proses pembentukan kolagen bagi kulit.

Nah gimana? Ternyata banyak sekali ya manfaat yang terdapat pada zucchini bagi tubuh. Gak salah dong kalau mulai sekarang kamu akan rutin mengonsumsi sayuran yang satu ini.

Baca Juga: 5 Khasiat Sayur Kale, Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut Lho! 

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya