Comscore Tracker

5 Buah Kaya Vitamin C Ini Sangat Baik Dikonsumsi di Era New Normal

Penting untuk menjaga daya tubuhmu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin C kaya akan manfaat kesehatan, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, daya tahan tubuh menjadi fokus utama agar tidak mudah terpapar virus. Alhasil, beberapa buah dengan kandungan vitamin C jadi semakin banyak diburu dan dikonsumsi.

Apalagi saat akan memasuki era new normal, asupan vitamin C justru harus semakin ditingkatkan agar imun tubuh tidak melemah. Jika biasanya kita hanya mengonsumsi jeruk, ternyata ada buah-buahan lain yang juga tinggi kandungan vitamin C. Berikut ini beberapa buah lainnya yang kaya akan kandungan vitamin C.

1. Stroberi

5 Buah Kaya Vitamin C Ini Sangat Baik Dikonsumsi di Era New Normalunsplash.com/Artur Rutkowski

Meski berwarna merah, buah kecil yang satu ini ternyata kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan, vitamin C dalam stroberi disebut-sebut lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Dalam stroberi terdapat kandungan vitamin C sebesar 58,8 mg per 100g sajian.

Di berbagai penelitian, ditemukan juga bahwa stroberi dapat memutihkan gigi, mengatasi iritasi kulit, dan memperbaiki masalah pencernaan. Selain itu, stroberi juga mengandung asam ellagic dan anthocyanidin yang bisa mencegah kanker serta peradangan.

2. Mangga

5 Buah Kaya Vitamin C Ini Sangat Baik Dikonsumsi di Era New Normalpixabay.com/liwanchun

Buah musiman yang satu ini selalu menjadi favorit banyak orang. Bukan hanya karena rasanya yag manis, tapi juga banyaknya manfaat yang didapat bagi kesehatan terutama untuk imun tubuh. Dalam mangga terdapat kandungan vitamin C sebanyak 36,4 mg pada setiap 100 gramnya.

Selain kaya asupan vitamin C, mangga juga tinggi kandungan vitamin A, B6, E, kalium, dan tembaga. Mangga juga mengandung senyawa antioksidan polifenol yang terbukti dapat membantu melindungi tubuh dari kanker, terutama kanker payudara dan usus besar.

Baca Juga: Nutrisinya Banyak Banget, 10 Kulit Buah Ini Bisa Dimakan dan Diolah

3. Jambu biji

5 Buah Kaya Vitamin C Ini Sangat Baik Dikonsumsi di Era New Normalpixabay.com/liguoze

Siapa yang sangka kalau kandungan vitamin C dalam jambu biji ternyata adalah yang paling tinggi. Dalam 100g sajian terkandung 228 mg vitamin C. Bukan hanya itu, jambu biji juga kaya akan serat, vitamin A, folat dan potasium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam sebuah studi yang dilakukan All India Institute of Medical Sciences pada tahun 2016 menemukan bahwa jambu biji ternyata dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol secara signifikan.

4. Kiwi

5 Buah Kaya Vitamin C Ini Sangat Baik Dikonsumsi di Era New Normalunsplash.com/Lesly Juarez

Kiwi ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang gak kalah dengan jeruk. Setidaknya terdapat kandungan vitamin C sebesar 92,7 mg per 100g sajian. Bukan hanya kaya vitamin C, kiwi juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, buah hijau yang agak asam ini ternyata juga mengandung vitamin A, E, dan K serta mineral dan asam lemak omega 3 yang mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Wah, lengkap banget, ya.

5. Pepaya

5 Buah Kaya Vitamin C Ini Sangat Baik Dikonsumsi di Era New Normalunsplash.com/Miguel Maldonado

Menyusul kiwi, kandungan vitamin C dalam pepaya juga terbilang cukup tinggi. Terdapat kandungan vitamin C sekitar 94 mg, yang lagi-lagi melebihi jeruk. Selain vitamin C, pepaya juga kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Pepaya juga tinggi kandungan vitamin A hingga dapat menjaga kesehatan kulit dan mata.

Bukan hanya itu, vitamin B kompleks dalam pepaya dapat membantu sistem metabolisme tubuh. Bahkan, pepaya juga dapat mengontrol tekanan darah karena kaya akan kandunga kalium.

Nah, itu tadi beberapa buah tinggi kandungan vitamin C yang sangat baik dikonsumsi tubuh, terlebih saat akan memasuki era new normal. Stay health, stay safe!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Buah Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp200 Juta

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya