Comscore Tracker

Bosan Gulai dan Satai? 5 Inovasi Olahan Daging Kurban yang Tahan Lama

Lebih awet dan bisa dikonsumsi kapan pun #IDNTimesFood

Hari Raya Idul Adha memang identik dengan olahan daging kurban seperti gulai dan satai. Saking khasnya, dua menu ini selalu menjadi primadona di hampir setiap rumah. Namun, jika kamu bosan dengan menu yang itu-itu saja, mungkin ini saatnya untuk mencoba inovasi olahan daging kurban lainnya.

Gak harus langsung dihabiskan, daging sapi atau kambing ternyata juga bisa diolah jadi lebih awet, lho. Berikut ini beberapa olahan daging kurban yang bisa tahan lama dan bisa dikonsumsi kapan pun tanpa takut akan basi.

1. Rendang

Bosan Gulai dan Satai? 5 Inovasi Olahan Daging Kurban yang Tahan Lamailustrasi menu rendang daging (instagram.com/linagui.kitchen)

Rendang jadi menu andalan yang paling menggiurkan untuk dicoba saat mengolah daging kurban. Jika biasanya rendang identik dengan daging sapi, gak ada salahnya juga kalau mencoba menu rendang daging kambing. Bakal jadi menu tak biasa di Idul Adha, bumbu dan rempah rendang juga bisa membantu menetralisasi bau khas daging kambing yang cenderung kurang disukai, nih.

Jadi, mau daging sapi atau kambing, rendang bakal jadi rekomendasi olahan daging kurban yang layak dicoba. Selain punya rasa yang sulit ditolak, menu ini juga terbilang cukup tahan lama, lho. Gak harus langsung habis sehari, rendang yang kering bisa kita kemas dan simpan di freezer untuk dihangatkan kembali saat ingin makan.

2. Bakso

Bosan Gulai dan Satai? 5 Inovasi Olahan Daging Kurban yang Tahan LamaIlustrasi menu bakso daging (instagram.com/101resepenak)

Bakso juga bisa jadi pilihan olahan daging kurban selanjutnya, nih. Gak cuma daging sapi, daging kambing pun tetap bisa dijadikan bakso. Meski masih cukup asing, tapi tetap bisa jadi menu alternatif olahan daging kurban yang tahan lama karena bisa dibekukan untuk diolah di lain hari.

Bakso yang sudah matang bisa kita simpan di freezer untuk diolah menjadi berbagai masakan yang diinginkan. Bakso daging kurban tadi bisa dijadikan campuran dalam sup, tumis bersama sayuran kesukaan, dibakar, atau digoreng saja sebagai menu kudapan yang nikmat.

3. Abon

Bosan Gulai dan Satai? 5 Inovasi Olahan Daging Kurban yang Tahan LamaIlustrasi menu abon daging (instagram.com/lieai111)

Abon sebenarnya sudah sangat populer untuk dijadikan alternatif olahan daging yang tahan lama. Selain daging sapi dan ayam, lele juga sudah sukses diawetkan dalam bentuk abon. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mencoba daging kambing untuk diolah menjadi abon agar dapat dinikmati kapan pun dan dinmana pun.

Hanya saja, khusus daging kambing, pengolahannya perlu ada tambahan bumbu atau rempah yang lebih kuat untuk menetralisasi aroma khas yang ada. Meski agak ribet dalam proses pembuatannya, tapi hasilnya worth it banget, kok. Minat coba?

Baca Juga: Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan

4. Empal gepuk

Bosan Gulai dan Satai? 5 Inovasi Olahan Daging Kurban yang Tahan LamaIlustrasi menu empal gepuk (instagram.com/resepmakananspesial)

Next, ada empal gepuk yang dapat dijadikan menu favorit untuk olahan daging kurban. Jika biasanya lebih banyak dikenal menggunakan bahan utama daging sapi, rasanya kelezatan empal gepuk pun akan cocok untuk membuat cita rasa daging kurban menjadi lebih nikmat dan empuk, termasuk daging kambing. 

Selain terasa berbeda dalam hal inovasi olahan, popularitas daging kambing yang dikenal alot pun dapat ditaklukkan, lho. Dengan mengolahnya menjadi empal gepuk, baik rasa dan tekstur daging kurban akan semakin enak dan empuk. Dijamin nagih, deh! 

5. Dendeng

Bosan Gulai dan Satai? 5 Inovasi Olahan Daging Kurban yang Tahan LamaIlustrasi menu dendeng daging (instagram.com/susie.agung)

Populer sebagai menu untuk olahan sapi, ternyata dendeng juga bisa jadi alternatif menu untuk mengolah kambing dan daging kurban lainnya. Selain lebih awet, dendeng juga akan membuat tekstur daging kurban yang alot menjadi empuk.

Kebanyakan orang yang biasanya enggan mengonsumsi daging kurban karena alasan tekstur kemungkinan akan mulai menyukai menu dendeng. Bahkan jika sudah mulai bosan dengan menu daging di hari raya, dendeng daging kurban bisa disimpan untuk dikonsumsi di lain hari.

Itulah tadi kelima menu olahan daging kurban yang dapat menjadi alternatif menu masakan di hari raya. Masakan jadi makin nikmat dan pastinya lebih variatif. Yuk, cobain!

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman untuk Netralkan Efek Samping dari Makanan Pedas

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya