Comscore Tracker

Gak Cuma Susu, 7 Makanan Ini Ternyata Juga Tinggi Kalsium

Enak dan sehat banget!

Kalsium merupakan salah satu mineral yang banyak diperlukan oleh tubuh. Seperti yang sudah diketahui, kalsium banyak diserap untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Seiring pertambahan usia, cadangan kalsium dalam tubuh ternyata akan semakin berkurang. Oleh karenanya kita perlu menjaga asupan tinggi kalsium setiap hari.

Meski susu populer sebagai asupan tinggi kalsium, ternyata kita juga bisa memperoleh kalsium dari bahan makanan yang lain. Berikut ini beberapa sumber makanan yang mengandung banyak kalsium.

1. Brokoli

Gak Cuma Susu, 7 Makanan Ini Ternyata Juga Tinggi Kalsiumpixabay.com/Lernestorod

Sebagai sayuran hijau yang tinggi antioksidan, ternyata di dalam brokoli juga terdapat kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam 120 gram brokoli mentah, kita bisa memperoleh 112 mg kalsium. Kandungan kalsium dalam brokoli ini akan membantu menjaga kesehatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

2. Almond

Gak Cuma Susu, 7 Makanan Ini Ternyata Juga Tinggi Kalsiumpixabay.com/Free-Photos

Sumber kalsium berikutnya datang dari kelompok kacang-kacangan. Dalam secangkir kecil almond, terkandung kurang lebih 320 mg kalsium. Jumlah kandungan kalsium yang melimpah ini tidak hanya baik untuk tulang tapi juga untuk meningkatkan massa otot. Disamping itu, ternyata almond juga bisa menjadi asupan pendukung program diet, lho.

3. Bayam

Gak Cuma Susu, 7 Makanan Ini Ternyata Juga Tinggi Kalsiumpixabay.com/ponce_photography

Sayuran yang satu ini bisa dibilang sangat mudah didapat dimanapun. Bukan hanya itu, harganya pun juga sangat terjangkau. Akan tetapi, meski terbilang murah dalam harga ternyata kandungan kalsiumnya justru cukup tinggi. Di dalam 100 gram bayam terkandung sekitar 267 mg kalsium.

Baca Juga: 5 Makanan Laut yang Bisa Jadi Sumber Kalsium Bagi Tubuhmu

4. Kacang Kedelai

Gak Cuma Susu, 7 Makanan Ini Ternyata Juga Tinggi Kalsiumpixabay.com/pixel1

Masih dari sumber asupan nabati, kacang kedelai juga dapat menjadi sumber kalsium harian yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram kacang kedelai terdapat kalsium sebanyak 222 mg. Selain itu, olahan kacang kedelai juga tetap dapat menjadi asupan tinggi kalsium. Seperti dalam tempe terdapat kalsium 155 mg dan tahu sebanyak 124 mg.

5. Jus Jeruk

Gak Cuma Susu, 7 Makanan Ini Ternyata Juga Tinggi Kalsiumpixabay.com/stevepb

Nah, kalau ini pasti minuman favorit banyak orang. Jus jeruk yang populer karena tinggi kandungan vitamin C, ternyata juga memiliki kandungan kalsium didalamnya. Satu gelas jus jeruk tanpa gula mengandung kalsium sebanyak 350 mg. Bagi yang kurang suka dengan rasa masam jus jeruk, alternatifnya bisa ditambahkan dengan sedikit madu.

6. Ikan Sarden

Gak Cuma Susu, 7 Makanan Ini Ternyata Juga Tinggi Kalsiumpixabay.co/DanaTentis

Ikan sarden instan dalam kemasan kaleng biasanya menjadi menu andalan yang mudah diolah. Meski instan, tapi rasanya cukup enak. Disamping itu, kandungan kalsium dalam 100 gr berat bersihnya terdapat sebanyak 354 mg kalsium. Hal ini dikarenakan menu ikan sarden diolah dan dimakan bersama tulangnya yang memang kaya akan kalsium.

7. Daun Katuk

Gak Cuma Susu, 7 Makanan Ini Ternyata Juga Tinggi Kalsiuminstagram.com/helenmarnix

Daun katuk memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam 100 gram terdapat kalsium sebanyak 204 mg. Oleh karenanya, daun katuk sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Selain untuk mencukupi kebutuhan kalsium si ibu, daun katuk juga dipercaya dapat meningkatkan produksi asi.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang dapat dijadikan sumber kalsium selain susu. Enak dan cukup mudah didapat bukan?

Baca Juga: 7 Tanda Kalau Sebenarnya Tubuhmu Kekurangan Kalsium, Sebelum Terlambat

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya