Comscore Tracker

6 Rekomendasi Bakso Terenak di Jogja, Yuk Coba!

Pecinta bakso wajib mampir! #KulineranYuk

Selain wisatanya yang istimewa, Jogja juga memiliki ragam kuliner yang menggugah selera seperti bakso. Kuliner satu ini memang merakyat dan mudah kamu temukan hampir di semua kota besar di Indonesia. Di Jogja sendiri, kuliner daging sapi ini memang cukup banyak dengan varian yang berbeda-beda.

Nah, kalau kamu adalah pecinta bakso, 6 bakso ini bisa jadi rekomendasi untukmu ketika berkunjung ke Jogja. Apa saja?
 

1. Bakso Paru Pak Kintel.

6 Rekomendasi Bakso Terenak di Jogja, Yuk Coba! makanjogja.com

Lokasinya ada dua, di bawah Jembatan Janti dan di Jl. Jenderal Sudirman 57 atau tepatnya seberang McDonald Yogyakarta. Bakso ini sudah ada sejak awal tahun 80-an dan dirintis oleh Pak Trisno Wiyadi atau yang biasa dikenal Pak Kintel.

Ciri khas dari bakso Pak Kintel ini adalah menggunakan potongan paru sapi dan kuah baksonya yang sangat gurih. Baksonya juga sangat lembut dan rasa daging sapinya sangat terasa. Satu porsi bakso dihargai Rp9.000. Oiya, selain bakso, ada juga menu mie ayam seharga Rp8.000 dan es campur Rp3.500. Murah meriah, ya?
 

2. Bakso Klenger Ratusari.

6 Rekomendasi Bakso Terenak di Jogja, Yuk Coba! bijibersemi.com

Lagi, bakso yang sempat mencuri perhatian, Bakso Klenger Ratusari yang berada di Jl. Wahid Hasyim no. 296 Nologaten, Sleman, Yogyakarta. Di sini kamu akan menemukan bakso dengan ukuran yang benar-benar raksasa dengan berat mencapai 1kg.

Bakso dengan ukuran jumbo ini dihargai Rp75.000, sedangkan yang lain harganya mulai dari Rp15.000. Yang spesial di sini memang ukuran bakso yang beragam, beratnya mulai 250 gram hingga 1 kg.  Tekstur baksonya juga sangat lembut dan rasa daging sapinya sangat terasa. Selain itu ada pula bakso telur yang juga wajib dicoba. Makan bakso di sini kamu dijamin bakalan puas dan kenyang! 
 

3. Bakso Bethesda 74.

6 Rekomendasi Bakso Terenak di Jogja, Yuk Coba! ksmtour.com

Bisa jadi Bakso Bethesda 74 ini menjadi yang paling tua di Jogja, sebab Pak Maryono Mardisiswanto, sang pemilik, sudah merintis warung baksonya sejak tahun 1960-an.  Bakso legendaris ini setiap harinya tak pernah sepi pembeli. Beberapa menu andalannya adalah bakso kriuk dan tahu bakso, rasanya sangat memanjakan lidah dengan tekstur baksonya yang super lembut.

Selain bisa ditemukan di dekat Rumah Sakit Bethesda, Bakso Pak Maryono juga bisa kamu temukan di Jl. Gondosuli No. 5, Jl. Jagalan No. 41 B, dan foodcourt Ambarukmo Plaza. Harganya mulai dari Rp16.000, buka dari pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. 

 

4. Bakso Lombok Uleg Pak Di.

6 Rekomendasi Bakso Terenak di Jogja, Yuk Coba! travel.kompas.com

Bagi pecinta kuliner pedas, bakso ini patut kamu coba, yakni Bakso Lombok Uleg Pak Di. Lokasinya ada di Jalan Kaliurang KM 6.2, Sleman, Yogyakarta, seporsi bakso dibrandrol mulai dari Rp11.000.

Yang berbeda di sini, bakso Pak Di menggunakan ketupat dan tahu sebagai pelengkap, tanpa menggunakan mi. Di dalamnya juga diberi cabai uleg yang halus bersama bakso, ketupat, dan tahunya. Kemudian disiram kuah panas yang gurih. Kalau kamu tidak sudah pedas, kamu bisa request jumlah cabainya sesuai selera, atau tidak sama sekali.
 

5. Bakso Tengkleng Mas Bambang.

6 Rekomendasi Bakso Terenak di Jogja, Yuk Coba! eatjogja.com

Kamu suka tengkleng? Bakso Mas Bambang ini bakal cocok untukmu. Sebab, kamu bisa menyantap bakso sambil ditemani potongan tengkleng sapi. Harganya dibanderol Rp20.000 saja.

Rasa kaldu bakso Mas Bambang benar-benar terasa daging sapinya. Bahkan, bakso ini diklaim 97 persen adalah daging semua dengan teksturnya yang soft. Selain bakso, kamu juga bisa memesan es teler yang segernya bukan main. Di dalamnya terdapat jelly, buah nangka, mutiara, alpukat, dan aroma durian yang bikin nagih. Yuk, langsung meluncur ke Jl. Monjali No 88, Yogyakarta!
 

6. Bakso Kuning Gading.

6 Rekomendasi Bakso Terenak di Jogja, Yuk Coba! jajanjogja.com

Kalau biasanya kamu makan bakso dengan mangkuk bergambar ayam jago, di sini kamu akan menggunakan mangkuk putih yang lebih lebar. Pemilik Bakso Kuning Gading, Pak Abidin, memang sengaja memilih mangkuk tersebut agar konsumen nyaman dan lebih puas ketika makan bakso buatannya.

Bakso Pak Abidin dihargai Rp18.000 yang di dalamnya terdapat 3 bakso daging sapi, bakso goreng, mie, dan suwiran daging ayam atau babat, silahkan pilih sesuai seleramu!

 

 

Nah itu tadi 6 bakso enak di Jogja yang bisa jadi rekomendasi untukmu. Kalau lagi berkunjung ke Kota Pelajar, jangan lupa masukkan ke agendamu ya!
 

Nara Yana Photo Verified Writer Nara Yana

Dog lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You