Comscore Tracker

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!

Dari penyegar nafas sampai melawan kanker

Daun pandan tentu sudah akrab di kehidupan kita. Daun hijau beraroma wangi ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-sehari. Misalnya saja untuk menanak nasi supaya makin sedap, atau dijadikan bumbu tambahan ketika membuat kolak pisang dan kue.

Namun, belum banyak orang yang tahu bahwa daun pandan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Apa saja?

1. Daun pandan ampuh mengatasi rematik.

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!satubanten.net

Kamu bisa membuat minyak pijat berbahan baku daun pandan yang bisa meringankan nyeri rematik. Caranya pun sangat sederhana, iris tipis 3 lembar daun pandan lalu seduh dengan minyak kelapa panas. Kemudian aduk hingga layu dan tunggu hingga dingin. Kamu bisa menggunakannya sebagai minyak pijat pada bagian tubuh yang nyeri.

2. Daun pandan juga bisa menambah nafsu makan.

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!fish4.co.uk

Ketika nafsu makan sedang merosot, kamu bisa menggunakan daun pandan untuk mendongkraknya. Caranya pun sangat mudah, rebus daun pandan dengan air. Kemudian tuang air hasil rebusan ke dalam gelas lalu tambahkan madu atau gula. Minuman berkhasiat ini bakal segera mengembalikan nafsu makanmu.

3. Daun pandan bisa mengatasi tekanan darah tinggi.

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!bugarfit.com

Tahukah kamu bahwa darah tinggi dan kolesterol bisa diatasi dengan daun pandan? Ya, kamu cukup merebus 2 gelas air dengan 2 lembar daun pandan. Minum air rebusan ini sehari dua kali hingga tekanan darah kembali normal dan kadar kolesterol dalam tubuh menurun.

4. Daun pandan bisa jadi penyegar nafas.

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!ngonoo.com

Sudah bukan rahasia jika daun pandan memiliki aroma wangi dan segar. Kamu bisa menggunakannya sebagai bahan alami penyegar nafas. Caranya cukup kunyah daun pandan. Bahkan selain sebagai penyegar nafas, daun pandan juga ampuh mengobati sakit gigi dan gusi berdarah.

5. Wasir dan menghentikan diare juga bisa diatasi dengan daun pandan.

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!mengobatiasamlambung.com

Kamu bisa menemukan kandungan zat tanin di dalam daun pandan. Kabar baiknya, zat satu ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti diare dan juga wasir. Daripada menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia bukankah sebaiknya kita menggunakan bahan alami saja?

Baca juga : 15 Alasan Kenapa Petai Akan Jadi Sayuran yang Paling Dicari Beberapa Tahun Mendatang

6. Daun pandan bisa menurunkan demam.

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!sofeminine.co.uk

Pandan bisa menurunkan suhu tubuh, oleh sebab itu kamu bisa menjadikannya andalan ketika sedang terserang demam. Kamu bisa menyeduh daun pandan dengan air panas kemudian meminumnya. Bisa dipastikan, suhu tubuhmu bakal berangsur menurun dan kembali normal seperti sedia kala.

7. Daun pandan bisa untuk mengobati luka bakar.

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!id.pinterest.com

Di dalam daun pandan kamu bisa menemukan kandungan zat tanin. Zat baik satu ini bisa menyembuhkan luka bakar pada kulit. Cara kerja zat ini adalah dengan mengendapkan protein, jadi kulit akan mengalami regenerasi. Hasilnya, kulit akan kembali sembuh, sehat, dan mulus

8. Ternyata, daun pandan juga bisa mencegah kanker.

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!Sumber Gambar: mencegahpenyakit.com

Flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas bisa kamu dapatkan dari daun pandan. Zat baik ini bisa berfungsi sebagai perisai tubuh dan mencegah kanker. Seduh teh dengan daun pandan wangi dan konsumsi secara rutin. Zat karsinogen yang merupakan penyebab utama kanker bisa terhambat berkat teh pandan wangi.

9. Banyak yang gak tahu, daun pandan bisa jadi obat penenang.

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!majalah.ottencoffee.co.id

Alkaloid adalah senyawa yang bisa didapat dari daun pandan. Senyawa ini akan memberikan efek tenang bagi orang yang mengonsumsinya. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan rasa tenang kamu bisa menyeduh teh yang juga diberi daun pandan. Selamat mencoba!

10. Kesehatan rambut juga bisa dipengaruhi oleh daun pandan.

10 Alasan Orang Bakal Berburu Daun Pandan Mulai Sekarang!quotecatalog.com

Zat saponin yang terkandung di dalam pandan bisa untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe. Bahkan, daun pandan juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut. Asal kamu tahu bahwa kebanyakan shampo dibuat dengan ekstrak daun pandan.

Sudah tahu segudang manfaat daun pandan kan sekarang?

Baca juga : 10 Khasiat Rahasia Buah Jamblang/Duwet yang Sering Diabaikan Orang

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya