Comscore Tracker

5 Kreasi Ikan Tuna ala Thailand, Dijamin Bikin Ketagihan! 

Mana yang paling kamu sukai? 

Ciri khas ikan tuna adalah dagingnya yang berwarna merah. Kandungan nutrisinya tersebut diklaim sangat baik untuk kesehatan jantung, mencegah anemia, hingga mengatasi stres.

Bagi kamu yang sedang mencari inspirasi untuk mengolah tuna, kamu bisa banget membuat masakan Thailand berikut ini. Rasanya tidak kalah lezat dengan masakan lokal. Yuk, simak di bawah ini!

1. Salad tuna goreng 

5 Kreasi Ikan Tuna ala Thailand, Dijamin Bikin Ketagihan! ilustrasi yam tuna fu (youtube.com/FoodTravelTVEnglish)

Hidangan Thailand yang satu ini sangat mudah dibuat. Mereka biasanya menggunakan daging ikan lele untuk membuat resep ini. Namun, tentu saja kamu bisa menggunakan daging ikan tuna sebagai gantinya.

Untuk membuatnya, pisahkan daging ikan yang sudah digoreng, lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan tepung roti dan minyak sayur, tumbuk semuanya hingga halus dan menyatu. Goreng dalam minyak panas hingga kering. Sajikan dengan kacang goreng dan sayuran di atasnya.

2. Tuna larb 

5 Kreasi Ikan Tuna ala Thailand, Dijamin Bikin Ketagihan! ilustrasi tuna larb (youtube.com/Four Seasons Resort Thailand)

Tuna larb merupakan hidangan dari timur laut Thailand. Hidangan ini menggunakan bahan-bahan seperti daun bawang, bawang merah, rempah-rempah Thailand, daun jeruk, tuna, dan beras sangrai giling.

Hidangan ini disantap secara mentah seperti sashimi. Bahan-bahan tersebut hanya dibumbui dengan cabai bubuk, gula, kecap ikan, dan perasan air jeruk yang dicampur hingga membaluti daging ikan tuna.

Baca Juga: 10 Kuliner Indonesia dari Ikan Tuna, Rasa Gurihnya Khas!

3. Tuna kemangi 

5 Kreasi Ikan Tuna ala Thailand, Dijamin Bikin Ketagihan! ilustrasi tuna kemangi (youtube.com/Shebbeare's Home)

Hidangan ini merupakan pad krapao ala Thailand yang menggunakan daging tuna sebagai bahan utamanya. Tuna kemangi khas Thailand ini menyajikan tuna goreng yang disuir atau ditumbuk dan dimasak dengan bumbu basil atau kemangi.

Selain ikan tuna, protein lain seperti tempe juga sering ditambahkan sebagai perpaduan spesialnya. Rasanya sangat lezat, apalagi ketika disantap dengan nasi putih hangat.

4. Salad tuna Thailand 

5 Kreasi Ikan Tuna ala Thailand, Dijamin Bikin Ketagihan! ilustrasi salad tuna Thailand (youtube.com/Pailin's Kitchen)

Hidangan ini tentu sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang menjalani program diet. Meski begitu, hidangan ini juga masih sangat cocok disantap dengan taco atau nasi. Hidangan ini dinamakan yum pla tuna.

Tum pla tuna menyajikan salad dengan saus dressing yang terbuat dari pasta cabai, kecap ikan, air jeruk nipis, dan gula. Untuk bahan salad biasanya menggunakan daun bawang, tomat, seledri, daun ketumbar, bawang merah, serai, dan tuna.

5. Tumis tuna bumbu kari merah 

5 Kreasi Ikan Tuna ala Thailand, Dijamin Bikin Ketagihan! ilustrasi tuna tumis bumbu kari merah (youtube.com/Pailin's Kitchen)

Tumis tuna bumbu kari merah merupakan hidangan rumahan yang sederhana namun sangat lezat. Untuk cara membuatnya, biasanya lada biji ditumbuk terlebih dahulu, lalu diikuti dengan kunyit, terasi, dan pasta kari instan sebagai bumbu halusnya.

Kemudian, bumbu halus tersebut ditumis dengan api sedang dan ditambah dengan gula palem untuk menyeimbangkan rasa. Setelah itu, tuna dimasukkan dan goreng hingga kering, lalu tambahkan juga irisan serai dan irisan daun jeruk hingga semuanya matang merata.

Itulah lima kreasi masakan Thailand berbahan utama tuna yang bisa kamu coba untuk inspirasi menu hari ini. Dari lima hidangan tuna di atas, mana yang ingin kamu coba terlebih dahulu? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Serba-serbi Ikan ala Thailand, Dijamin Tidak Mudah Bosan 

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya