Comscore Tracker

5 Masakan Thailand dari Bumbu Bawang dan Lada, Sedap dan Harum! 

Bumbunya dijamin buat ketagihan

Tahukah kamu bahwa Thailand juga memiliki beragam makanan lezat? Salah satu bumbu yang sering mereka gunakan dalam mengolah bahan pasak adalah bumbu garlic pepper atau perpaduan dari bawang putih dan lada.

Bumbu ini akan membuat bahan yang digunakan memiliki harum aromatik ditambah dengan sengatan pedasnya lada. Berikut beberapa masakan Thailand menggunakan bumbu bawang putih dan lada yang bisa kamu coba untuk menu masak hari ini!

1. Kepiting cangkang lunak bumbu bawang dan lada 

5 Masakan Thailand dari Bumbu Bawang dan Lada, Sedap dan Harum! ilustrasi kepiting cangkang lunak (youtube.com/Thai Sabai)

Hidangan ini sebenarnya merupakan hidangan klasik yang biasa Thailand buat saat mengkreasikan kepiting. Tentu saja, hal ini dikarenakan bumbu bawang putih dan lada sangat cocok dipadukan dengan daging kepiting dengan tempurungnya yang lunak dan renyah.

Kamu bisa menggunakan jenis kepiting yang kulitnya bisa dilunakkan. Untuk membuatnya penuh dengan aroma dan rasa bawang putih, mereka menggunakan minyak bawang putih, bawang putih cincang dan bawang putih renyah sekaligus.

2. Ayam bawang dan lada 

5 Masakan Thailand dari Bumbu Bawang dan Lada, Sedap dan Harum! ilustrasi ayam bumbu bawang lada ala Thailand (youtube.com/Marion's Kitchen)

Daging ayam juga tak kalah nikmat jika dipadukan dengan bumbu bawang putih dan lada. Orang Thailand terkadang menyajikan hidangan ini dengan tusuk sate agar lebih nikmat untuk disantap.

Kamu bisa membakar hidangan ini di wajan besar anti lengket yang permukaannya cukup luas. Sama halnya dengan acar di Indonesia, mereka juga menyajikan salad pedas sebagai pendamping saat menyantap hidangan ini.

Baca Juga: 5 Kreasi Kopi Khas Thailand, Hempaskan Kantuk secara Maksimal

3. Perut babi bumbu bawang dan lada 

5 Masakan Thailand dari Bumbu Bawang dan Lada, Sedap dan Harum! ilustrasi babi bumbu bawang lada (youtube.com/Spoon Fork Heart)

Selain kepiting dan ayam, daging babi juga sama lezatnya jika dimasak dengan bumbu ini. Apalagi, bagian yang digunakan adalah perut babi. Sebelum dimarinasi, pastikan perut babi sudah dihilangkan kulitnya terlebih dahulu.

Marinasi perut babi dengan bawang putih, merica, batang ketumbar, garam, kecap asin, kecap ikan, maizena, air, dan lada putih. Setelah digoreng hingga matang, sajikan dengan saus celup dari kecap ikan, air jeruk nipis, cabai, nasi panggang tumbuk, dan daun ketumbar.

4. Daging sapi bumbu bawang lada 

5 Masakan Thailand dari Bumbu Bawang dan Lada, Sedap dan Harum! ilustrasi daging sapi bumbu bawang lada (youtube.com/RinS CookBook)

Untuk membuat masakan ini, lebih nikmat lagi jika menggunakan daging cincang agar lebih mudah disantap seperti pad krapao. Di setiap gigitan, kamu akan mendapati daging sapi empuk dengan aroma bawang dan lada yang lezat.

Hidangan ini membumbui daging sapi dengan bahan seperti bawang putih cincang, saus tiram, kecap asin, kecap hitam, lada, dan gula. Bawang putih goreng dan dan ketumbar juga ditambahkan untuk mempercantik hidangan di akhir.

5. Steak lada dan bawang ala Thailand 

5 Masakan Thailand dari Bumbu Bawang dan Lada, Sedap dan Harum! ilustrasi steak bumbu bawang lada (youtube.com/Marion's Kitchen)

Hidangan steak juga pastinya sangat cocok dengan bumbu lada dan bawang putih. Kamu bisa menggunakan daging filet apa saja, baik disajikan dengan balutan tepung atau tidak. Thailand biasanya menyuguhkan steak dengan kentang dan paprika sebagai pendampingnya.

Di Thailand, ada banyak bumbu instan untuk memarinasi steak dengan rasa bawang dan lada. Tentunya hal ini akan memudahkan proses memasak dan tidak membutuhkan bahan yang terlalu banyak.

Dari semua hidangan di atas, mana yang bahan-bahannya tersedia di kulkasmu? Uraian di atas bisa disimpulkan bahwa bumbu bawang dan lada ala Thailand sangat cocok dengan bahan apa pun. Tidak hanya itu, kecap asin juga tidak pernah absen di bumbu Thailand mana pun.

Baca Juga: 5 Macam Menu Thailand dengan Bumbu Ketumbar, Sedap Banget!

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya